Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli Bagi Toko Online Maupun Offline

Toko online maupun offline semakin banyak jumlahnya. Mencari customer atau pembeli adalah wajib hukumnya agar bisnis terus berjalan. Ada beberapa cara jitu meyakinkan calon pembeli agar menggunakan produk kita berulangkali. Cara dibawah ini dapat digunakan agar keuntungan penjual semakin bertambah.

1. Memiliki Nama Toko

Bagi sebagian penjual online, untuk jangka panjang nama toko ini berarti penting sebab nantinya akan menjadi brand yang akan selalu diingat oleh pembeli. Bagi penjual offline, nama toko sebaiknya didesain menggunakan model tulisan yang menarik. Sebab, desain yang menarik dapat meyakinkan calon pembeli.

Memiliki nama toko sendiri merupakan salah satu cara jitu meyakinkan calon pembeli. Hal ini sudah terbukti pada banyak bisnis yang berkembang saat ini. Contohnya, saat kita berfikir mengenai minimarket pasti yang pertama terpikirkan adalah nama yang sudah memiliki nama terkenal seperti Indomart, Alfamart, Super indo, dsb.

2. Membuat Website

Era digital merupakan era dimana semua hal dapat dilakukan dengan berbasis online. Termasuk dalam transaksi jual beli. Berbagai macam buku yang membahas cara jitu meyakinkan calon pembeli di era digital, pasti menyarankan pembacanya untuk membuat website.

Transaksi menggunakan website lebih simpel dan tidak memakan banyak waktu. Dengan adanya website, kepercayaan calon pembeli akan cepat didapatkan. Pembuatan website juga disarankan bagi pemilik toko offline.

3. Mencantumkan Testimoni Pembeli

Baik toko online maupun offline, mencantumkan testimoni dari pembeli yang sudah merasakan pelayanan saat membeli barang di tempat kita adalah hal yang disarankan untuk dilakukan. Menampilkan testimoni dari pembeli sebelumnya merupakan sarana komunikasi kepada konsumen mengenai kualitas produk yang ditawarkan. Hal ini merupakan salah satu dari beberapa cara jitu meyakinkan calon pembeli.

Bagi toko offline, mencantumkan testimoni pembeli bisa melalui poster yang di pajang di depan toko atau dalam selebaran maupun brosur yang di sebar saat melakukan promosi. Desain penataan membuat gambar maupun tulisan testimoni pembeli juga berpengaruh terhadap minat calon pembeli baru. Disarankan sebaiknya menggunakan desain yang efektif melihat target pasar yang dituju saat promosi offline.

4. Memposting Melalui media sosial

Tidak hanya melalui website, menggunakan media sosial juga merupakan cara jitu meyakinkan calon pembeli apabila promosi dilakukan secara online. Menuliskan status saat ada pembeli, memposting produk baru, atau memberikan gambaran mengenai produk yang dijual serta manfaatnya melalui media sosial merupakan cara yang efektif.

Penggunaan media sosial saat ini tidak hanya digunakan pada toko online, pada toko offline juga menggunakan media sosial, bahkan beberapa keunggulan toko offline menyediakan fasilitas bebas ongkos kirim barang bagi pemesanan dengan jumlah tertentu atau pada area tertentu, misalnya bebas ongkos kirim untuk area dalam kota.

5. Menceritakan Proses Pembuatan Produk/Jasanya

Produk maupun jasa yang dipasarkan tentunya tidak lepas dari proses pembuatan. Ada baiknya jika turut serta menyampaikan proses tersebut kepada para pembeli secara online maupun secara offline. Dengan mengetahui prosesnya, para pembeli akan semakin yakin dengan kualitas produk yang dijual dan berpotensi untuk mendatangkan pembeli lain. Sehingga dapat dipastikan bahwa hal ini juga merupakan cara jitu meyakinkan calon pembeli yang efektif.

6. Menginfokan Total Pembeli

Cara jitu meyakinkan calon pembeli yang terakhir adalah dengan menginfokan jumlah pembeli yang telah menggunakan produk kita. Apabila sudah dipublikasikan, calon pembeli yang lain akan terpancing untuk ikut menggunakan produk yang dijual.

Menginfokan jumlah pembeli dapat dilakukan secara online atau offline. Apabila secara online, penjual dapat mencantumkan screenshot grafik penjualan melalui sosial media. Sedangkan secara offline, info jumlah pembeli dapat dipasang di depan toko atau brosur yang di sebar.

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai karakter yang berbeda saat mempromosikan produk bisnisnya. Cara jitu meyakinkan calon pembeli yang sudah dijelaskan diatas merupakan cara umum saat digunakan dan dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan karakter masing-masing penjual. Baik toko online maupun offline dapat menggunakan cara tersebut untuk meningkatkan omset penjualan.

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …