Cara Mempromosikan Produk Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Bagi para pebisnis yang memiliki usaha, tentunya masih banyak yang bingung bagaimana cara mempromosikan produk.  Berhasil dalam memulai bisnis, membuat toko online dan punya produk yang bagus hanyalah permulaan dalam dinamika bisnis online. Sangat disayangkan, banyak sekali bisnis yang harus tutup di awal karena penjualannya stagnan padahal produk yang dijualnya bagus.

Sebagian besar hal yang mempengaruhinya adalah karena metode pemasaran yang tidak efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Nah berikut ini adalah bagaimana cara mempromosikan produk yang efektif untuk meningkatkan penjualan diantaranya :

1. Promosi Memanfaatkan Media Sosial

Cara promosi produk yang paling mudah dan murah yang bisa dilakukan oleh para pebisnis adalah dengan memasarkannya melalui media sosial. Selain dapat digunakan untuk berinteraksi secara online, media sosial sering juga digunakan untuk promosi.

Media sosial yang paling efektif digunakan untuk promosi saat ini adalah Facebook dan Instagram. Promosi barang dengan menggunakan media sosial bisa dilakukan dengan cara gratis maupun dengan cara berbayar. Yang pasti, para pebisnis harus punya tim yang secara khusus menangani kegiatan promosi di media sosial ini.

2. Diskon Atau Potongan Harga

Cara mempromosikan produk yang selanjutnya adalah dengan cara memberikan diskon atau potongan harga. Jenis promosi ini merupakan cara paling efektif untuk mendatangkan konsumen yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis.

Misalnya, harga satuan kemeja + topi + celana + sepatu mencapai Rp 1 juta, berikan diskon menjadi Rp 700ribu. Diskon akan diberikan bagi pelanggan yang membeli satu set product bundling tersebut. Pelanggan pun bisa lebih hemat, produk yang dijual pun bisa semakin laris.

3. Adakan Gift Away

Cara ini merupakan cara yang sudah cukup umum dan cukup efektif di kalangan pebisnis online. Agar produk yang dijual semakin dikenal, biarkan orang-orang di luar sana mencobanya sendiri dan minta tanggapan mereka.

Selain itu, wajibkan para pelanggan untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk yang dijual pebisnis di masing-masing akun media sosialnya. Semakin banyak orang yang ikut program Give Away, semakin banyak orang yang akan mengenal produk yang dijual oleh pebisnis.

4. Mengadakan Kontes

Dengan mengadakan kontes, para pebisnis tidak hanya menarik perhatian target audiens, tetapi juga menarik manfaat lainnya. Mengadakan kontes merupakan teknik lama tapi masih sangat efektif, karena pebisnis bisa mendapatkan banyak partisipan dalam membantu produk yang dijual.

Beberapa kontes yang bisa dicoba oleh para pebisnis adalah lomba blog atau pun lomba foto di media sosial. Dengan cara menawarkan hadiah yang menarik bagi pemenang agar semua berlomba-lomba mendapatkan hadiah tersebut.

5. Memberikan Uji Coba/Free Trial

Jenis promosi ini merupakan salah satu cara promosi produk yang cukup banyak dilakukan oleh para pebisnis sekarang ini. Biaya untuk promosi bisa dialokasikan dengan cara memberikan contoh produk kepada target market yang kemungkinan tertarik dengan produk yang dijual. Misalnya cemilan, minuman ringan, jasa les, atau produk digital.

6. Memanfaatkan Jasa Endorse

Cara mempromosikan produk berikutnya yang terbukti dapat meningkatkan angka penjualan adalah dengan memanfaatkan jasa endorse dari para artis atau selebgram. Banyak bisnis yang menggunakan metode ini, dan memberikan dampak yang signifikan dalam penjualan dan juga peningkatan audiens di media sosial.

Bagi sang artis atau selebgram, tentu saja ini merupakan salah satu penghasilan tambahan. Dengan memanfaatkan banyaknya followers, para artis atau selebgram akan mendapatkan uang dengan mempromosikan sebuah produk melalui Instagram mereka.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang cara mempromosikan produk yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Apabila diterapkan dengan baik oleh para pebisnis akan membuat produk yang dijual sold out dengan cepat.

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …