6 Cara Menjadi Reseller Online Shop

Ingin memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan? Ingin mencari pekerjaan yang mudah dan praktis? Anda bisa mencoba menjadi reseller online shop. Reseller adalah penjual yang membeli atau mendapatkan produk dari supplier dan menjualnya kembali kepada orang lain. Supplier merupakan “tangan pertama” yang memiliki suatu produk untuk kemudian dijual dengan harga lebih murah kepada resellernya. Ternyata cara menjadi reseller online shop itu sangat mudah. Berikut cara menjadi reseller online shop.

1. Miliki Modal Untuk Barang Ready Stock

Jika sudah memantapkan diri menjadi reseller online shop, cara pertama untuk memulainya adalah dengan memiliki modal. Fungsi modal disini untuk mendapatkan stock barang dari supplier. Karena anda adalah ‘tangan kedua’ dari supplier, anda wajib membeli produk yang dimiliki oleh supplier. Produk tersebut menjadi produk ready stock yang dimiliki di rumah, dan tentunya untuk dijual kembali. Cara menjualnya bisa secara langsung maupun melalui media sosial.

2. Tanpa Modal, Miliki Katalog

Menjadi reseller online shop tidak harus memiliki modal. Tanpa modal juga bisa, lho. Hanya perlu memiliki katalog berisi produk-produk lengkap dari supplier. Ke depannya, sistem pelayanan yang digunakan adalah Pre-Order. Jadi, harus rajin-rajin mengecek ketersediaan barang kepada supplier.

3. Miliki Supplier Yang Tepat

Untuk menjadi reseller online shop, perlu memilih supplier yang tepat. Tepat yang dimaksud disini adalah supplier yang menjual produk bagus dan pastinya terpercaya. Salah satu hal merugikan dalam bisnis online shop adalah semakin banyak online shop bermunculan, semakin tinggi peluang penipuan. Sebagai pemula, baiknya memiliki satu supplier saja. Saat bisnis mulai berkembang semakin pesat, bisa mencoba untuk memiliki lebih dari satu suppiler. Lebih satu supplier dengan produk lain yang kualitasnya sama bagus atau lebih bagus dari supplier sebelumnya.

4. Kenali Produk Dengan Baik

Cara menjadi reseller online shop selanjutnya adalah mengenali produk yang dijual. Produk yang mudah dipahami dapat membantu untuk mengembangkan bisnis tersebut. Pilihlah produk yang disukai dan dapat dipahami. Jadi anda bisa menjelaskan dengan baik produk yang dipasarkan. Sebagai contoh, anda merupakan reseller online shop baju, itu artinya harus memahami macam-macam kain yang digunakan dalam produk. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan customer. Dengan memahami produk yang dijual, akan lebih mudah menjelaskan kelebihan dan kekurangan produk.

5. Mengikuti Aturan Yang Berlaku

Setiap supplier pastilah memiliki aturan yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi resellernya, pastikan sudah memahami aturan yang diterapkan oleh supplier. Pertimbangkan apakah mampu mengikuti aturan yang ada atau tidak.

6. Tentukan Sistem Pemasaran

Sudah memiliki supplier, dapat memahami produk dengan baik, mampu mengikuti aturan yang berlaku untuk menjadi reseller. Maka cara menjadi reseller online shop selanjutnya adalah menentukan sistem pelayanan. Berhubung produk yang ada sudah di tangan, hanya tinggal memasarkan produk tersebut. Anda bisa memasarkan produk secara langsung misalkan membuka toko, atau menawarkan kepada tetangga-tetangga, teman-teman di lingkungan kerja, dan sebagainya.

Memasarkan secara langsung artinya menunjukkan langsung produk tersebut kepada calon customer. Sehingga calon customer dapat melihat secara live, memegang dan merasakan kualitas produk yang ditawarkan. Selain itu, juga dapat promosi melalui media sosial, membuka akun online shop milik anda sendiri. Anda dapat mengelola online shop mulai dari menerima pemesanan, menerima pembayaran, packing barang hingga mengirimkan barang kepada customer.

Cukup mudah, bukan 6 cara menjadi reseller online shop di atas? Keuntungan yang bisa diperoleh diantaranya tidak perlu memproduksi barang sendiri, bebas menentukan produk dan harga jual kembali, memasarkan secara langsung dan mengecek ketersediaan barang yang ada. Semoga cara-cara di atas dapat membantu anda menjadi reseller yang baik dan amanah, ya.

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …