7 Cara Menjadi Youtuber Pemula Yang Mudah Dilakukan

Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan seantero jagat raya ini. Youtube memiliki peraturan untuk membebaskan imajinasi dalam berkreasi. Maka dari itu kita akan menemukan banyak variasi hiburan pada youtube.  Banyak orang berbondong-bondong berlomba menjadi konten kreator dari youtube atau disebut sebagai, youtuber. Namun banyak diantaranya juga bingung dari mana mereka mengawali. Berikut  cara menjadi youtuber pemula:

1. Tetapkan Konten

Cara menjadi youtuber pemula yang pertama adalah memiliki konten yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Pastikan channel youtube memilih satu konten tetap, untuk membuat channel kita lebih konsisten dalam berkarya.

Semisal memiliki bakat dan minat pada travelling, maka bisa memilih daily video log, atau vlog sebagai konten pada channel youtube. Hindari menciptakan konten yang beisi menyebar kebencian atau berita hoax. Selain berita hoax youtube juga akan menindak keras para pengupload ulang yang mengambil konten dari sebuah channel dan mengunggah kembali dengan atas nama pribadi.

2. Mendalami Teknik Pengambilan Gambar

Kualitas video dan gambar menjadi penilaian utama pada konten youtube. Video akan ditonton oleh banyak orang jika memiliki kualitas yang cukup. Maka dari itu kita juga harus mendalami teknik pengambilan gambar.

Bukan berarti sebagai youtuber pemula kita mengabaikan kualitas video kita. Justru dengan kita pemula kita harus memperhatikan kualitas konten yang kita buat.

3. Editing Video

Editing video bisa dikatakan inti dari sebuah konten. Ketika mungkin kualitas gambar dan suara kurang baik. Video tetap bisa menjadi video kualitas dengan editing yang kreatif. Namun untuk mengedit video tidaklah mudah. Dibutuhkan kreativitas dan pengetahuan tentang editing video.

Namun tidak perlu bingung, karena di youtube sendiri sudah banyak tutorial tentang mengedit video. Mulai untuk pemula hingga editor untuk production house dari sebuah film.

4. Promosi

Seperti halnya memulai sebuah bisnis baru, ketika kita sudah membuat sebuah konten dengan kualitas yang bagus, tetapi apakah orang lain akan mengetahui jika kita telah membuat sebuah konten yang bagus? Maka dari itu dibutuhkan promosi pada channel youtube kalian agar penonton pada channel youtube kalian bisa bertambah.

Gunakan bagian pada video yang menarik untuk menjadi bahan promosi. Lalu promosikan ke media sosial lain seperti, facebook, instagram atau twitter.

5. Konsisten Mengunggah

Tetapkan jadwal untuk mengunggah video dengan teratur. Agar Pelanggan channel tidak kebingungan saat menanti video baru yang akan di unggah pada  channel youtube. Dua hingga tiga kali seminggu sudah cukup untuk youtuber pemula.

6. Konten Positif

Pilihlah konten yang mendidik, hindari konten yang berisi tentang melakukan tindakan kriminal atau hal yang kurang mendidik. Dikarenakan youtube digunakan oleh semua kalangan usia maka dari itu kita diwajibkan untuk memilah konten dan kata-kata yang kita ucapkan pada video kita.

Youtube akan menindak tegas channel yang melanggar peraturan youtube tentang isi konten yang kita buat. Mulai dari di-nonaktifkan dari youtube sementara. Hingga di-nonaktifkan dari youtube untuk waktu yang tidak ditentukan.

7. Jangan Cepat Puas

Jangan cepat puas atas prestasi yang telah di capai. Tetap pelajari tentang seluk beluk youtube atau update info seputar youtube yang terbaru. Dunia digital menuntut para konten kreator untuk lebih up to date. Maka dari itu pastikan selalu up to date dengan berita atau info terbaru.

Itulah beberapa cara menjadi youtuber pemula. Semoga beberapa cara tersebut bisa membantu untuk meniti karir di dunia youtube. Tetap tekun, kreatif dan terus berkarya. Selamat mencoba!

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …