Sangat Ampuh! Cara Pendekatan Ke Customer Yang Wajib Dicoba

Tugas utama dari teknik marketing yang baik adalah menanamkan kepercayaan customer terhadap suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Sebagai seorang pengusaha, mendapatkan customer yang loyal dan setia adalah hal yang sangat diinginkan. Lalu bagaimanakah caranya customer tetap memakai produk dari anda? Untuk itu perlu dilakukan pendekatan. Berikut ini adalah cara pendekatan ke customer yang sangat ampuh.

1. Memberikan Pelayanan yang Baik

Tamu adalah raja, begitu pula yang terjadi dengan customer atau pelanggan. Dalam melakukan pendekatan kepada customer, perhatikanlah pelayanan yang diberikan. Apakah pelayanan terhadap customer sudah baik atau masih perlu diperbaiki? Anda perlu mengevaluasinya terlebih dahulu. Pelayanan yang baik bisa dilihat dari segi kualitas produk yang sudah terbukti.

Anda bisa memberikan jaminan pengembalian barang apabila produk yang telah baru dibeli mengalami kerusakan. Garansi yang diberikan harus memiliki jangka waktu tertentu. Selain pada itu, cobalah untuk memberikan respon yang cepat kepada customer yang melakukan komplain. Dengarkan langsung apa yang dibutuhkan customer, dengan ini perusahaan dapat mencocokkan produk dengan kebutuhan konsumen.

Mengabaikan komplain dari customer tentu saja akan mencoreng nama baik dari suatu brand. Kepercayaan customer terhadap produk yang dijual tidak akan sama lagi seperti dahulu kala. Pelayanan yang baik akan meningkatkan jumlah orang yang berlangganan kepada perusahaan.

2. Memberikan Hadiah

Semua orang menyukai kejutan termasuk juga customer atau pelanggan. Cara pendekatan ke customer yang patut ditiru adalah dengan memberi kado atau hadiah. Pelanggan yang telah loyal dan setia kepada brand anda patut untuk mendapatkan pemberian berupa hadiah kecil. Hal ini tentu saja akan membuat pelanggan merasa dihargai.

Hadiah yang diberi haruslah sesuai dengan budget perusahaan dan tidak bersifat berlebihan. Mengapa begitu? Melakukan pendekatan memang penting bagi pebisnis, namun mendapatkan kerugian yang besar juga sangat disayangkan. Berikanlah bingkisan dengan harga yang cukup ekonomis namun bermakna. Hal ini akan membuat customer selalu ingat kepada brand anda.

Lain daripada itu, memberikan discount atau potongan harga kepada pelanggan setia dapat dilakukan juga. Kembali lagi kepada kalimat sebelumnya, jangan sampai hal ini membuat perusahaan rugi. Aturlah potongan harga atau promo yang diberikan juga harus memberi keuntungan. Salah satu caranya adalah dengan memberi promo terhadap barang yang sangat jarang terjual. Hal ini tentu saja akan meningkatkan penjualan bukan?

3. Melontarkan Pujian

Berikan pujian kepada calon pembeli yang ingin memaki produk dari anda. Beri tau customer bahwa ia terlihat bagus atau menawan saat memakai barang dari brand anda. Metode ini dapat dicoba misalkan barang atau produk yang dijual berupa pakaian, tas, sepatu, dan produk kecantikan lainnya.

Pujian yang dilontarkan harus dibuat senatural mungkin jangan mengada-ada apalagi berlebihan. Misalnya seperti ini, apabila customer memiliki bentuk tubuh yang pendek jangan dipuji akan terlihat tinggi apabila memakai produk tersebut.

Memberikan pujian tentu saja akan membuat customer merasa yakin untuk membeli produk dari brand tersebut. Selain meningkatkan penjualan barang manfaat lain dari melontarkan pujian sangat banyak. Dengan memuji pelanggan maka dapat membangun relasi yang bagus, customer juga akan merasa cocok dengan produk tersebut

4. Bersikap Friendly

Cara pendekatan ke customer yang selanjutnya adalah dengan bersikap seperti teman atau yang biasa disebut friendly. Usahakan bahasa yang digunakan saat menyambut pembeli seperti sedang berkomunikasi dengan teman lama yang baru saja jumpa.

Bersikap hangat dan friendly kepada customer akan membuat pelanggan merasa nyaman dilayani oleh anda. Orang yang ramah pasti akan senang apabila dijumpai dalam keadaan apapun. Bersikap ramah sebenarnya tidak sulit, cobalah berbicara seolah-olah membuat customer nyaman.

Bersikap friendly berbeda dengan sok akrab. Bisa dibilang sok akrab bila seseorang sudah mencampuri kehidupan orang lain. Hal ini tidak masalah jika customer itu merupakan orang yang sudah seperti “keluarga” bagi anda. Menyapa hangat dan memberi senyuman adalah cara terbaik untuk bersikap friendly.

5. Membangun Chemistry

Membangun chemistry merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada customer atau pelanggan. Chemistry yang baik antara penjual dan pembeli akan membuat proses penawaran barang atau jasa berjalan lancar.

Lakukanlah kontak mata dengan pembeli, hal ini bertujuan untuk mentransfer keyakinan sehingga membuat customer percaya dengan brand tersebut. Selain daripada itu, kecocokan chemistry dapat ditumbuhkan dengan membangun hubungan yang bersifat individual atau personal

Caranya adalah dengan mengajak customer melakukan penawaran barang di suatu tempat seperti kafe atau restoran. Kenapa harus diluar? Hal ini bertujuan agar suasana saat melakukan transaksi menjadi lebih santai sehingga customer juga nyaman.

Nah, sekian dari cara pendekatan ke customer yang dapat dicoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan bagi pengusaha maupun orang yang baru saja membangun bisnis. Customer adalah orang yang menentukan keberhasilan dari bisnis. Untuk itu, tumbuhkan dan jagalah rasa kepercayaan dan kenyamanan customer kepada suatu brand atau perusahaan.

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …