Ketahuilah 7 Cara Sales Meyakinkan Customer Ini Agar Produk Terjual

Beberapa usaha yang terhitung masih pemula kadang menggunakan sales untuk menawarkan produknya. Tugas utama dari sales tersebut adalah membuat customer yakin untuk membeli produk yang dijual. Berikut cara sales meyakinkan customer agar membeli produk yang ditawarkan:

1. Tidak Menggunakan Bahasa Yang Rumit

Saat presentasi guna menawarkan produk, sales sebaiknya tidak menggunakan bahasa yang terlalu rumit karena akan membuat konsumen bingung. Tidak semua konsumen memahami tentang sebuah produk berikut istilah asing yang terkadang tidak semua orang mengerti. Peran sales adalah agar calon konsumen tidak bingung dengan menyederhanakan penawaran tersebut supaya dapat dimengerti.

Misalnya sales smartphone saat menjelaskan fitur “Internal Memory” yang terdapat di dalamnya. Tidak semua orang paham dengan istilah ini. Maka sales sebaiknya menggunakan kata yang lebih sederhana seperti tempat menyimpan gambar atau foto. Dengan begini konsumen akan mudah memahami dan mungkin semakin yakin untuk membeli produk smartphone tersebut.

2. Menunjukkan Testimoni Customer Sebelumnya

Menunjukkan testimoni adalah cara sales meyakinkan customer baru agar setuju untuk membeli produknya. Testimoni adalah opini atau kesan dari pelanggan yang pernah menggunakan produk yang ditawarkan. Beberapa hasil riset membuktikan bahwa seseorang lebih percaya testimoni yang diberikan orang lain dibanding promosi perusahaan saat memutuskan membeli sebuah produk.

Sales dapat menunjukkan beberapa testimoni yang telah dikumpulkan sebelumnya pada beberapa media. Misalnya dicetak dalam sebuah brosur, catalog atau memasukkan dalam website serta media sosial.

3. Memberikan Sample Produk Jika Memungkinkan

Sales sebaiknya memberikan sample produk pada calon konsumen untuk meyakinkan mereka. Beberapa orang cenderung lebih menyukai tester yang dapat dirasakan langsung. Tester ini dapat menghilangkan rasa ragu yang kadang membuat calon konsumen belum mau memutuskan untuk membeli produk.

Sample produk selain dari tester produk asli juga bisa ditunjukkan dari katalog atau dummy produk. Calon customer setelah melihat dan merasakan produk secara langsung serta merasa produk tersebut cocok maka akan semakin yakin untuk mencoba membeli.

4. Membangun Kualitas Produk Dan Layanan Yang Terbaik

Cara sales meyakinkan customer yang terpenting adalah memberikan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik. Kualitas produk yang terbaik sudah pasti akan membuat customer semakin yakin membeli produk tersebut. Misalnya kemasan yang menarik, isi produk yang pas, dan lainnya. Selain itu pelayanan yang ramah juga sangat dibutuhkan sales untuk meyakinkan konsumen.

5. Pendapat Para ahli

Saat sales berusaha meyakinkan produk pada calon konsumen bisa juga menyisipkan pendapat ahli untuk memperkuat argument. Seperti misalnya ketika menawarkan produk kesehatan, maka siapkan materi untuk menjelaskan pendapat para ahli bidang kesehatan atau kedokteran yang bisa mendukung produk tersebut. Hal ini akan membuat orang semakin tertarik mencoba membeli produk tersebut.

6. Mendengarkan Pendapat Konsumen

Ketika presentasi produk, tidak jarang calon konsumen aktif mengutarakan pendapat atau menyampaikan kritikan terhadap produk tersebut. Dalam hal ini wajib bagi sales untuk mendengarkan dan memahami dengan baik. Misalnya memberikan penjelasan solusi yang tepat jika nanti seandainya terdapat kerusakan produk.

Yang harus diingat hindari memaksa konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Apalagi menghalangi mereka untuk membeli produk serupa di tempat lain.

7. Menjelaskan Proses Pembelian Produk

Banyak orang dalam hal ini calon customer kurang menyukai sales yang berbicara panjang lebar tentang harga, diskon, dan lainnya. Padahal daripada menjelaskan hal ini ada yang lebih ingin diketahui oleh calon customer. Hal tersebut adalah proses pembelian produk.

Sales bisa menjelaskan semua komponen pembelian dan bagaimana cara membayarnya. Bisa diangsur, menggunakan kartu kredit dan sebagainya. Tentu menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti customer.

Check Also

Kenali Apa Itu Bisnis Bitcoin Dan Keuntungan Yang Bisa Kita Dapatkan

Perkembangan teknologi semakin canggih dan meningkat dengan cepat. Kini semua orang kapanpun dan dimanapun memiliki …