Mencengangkan, Ini Dia 5 Efek Film Terbaik Sepanjang Masa

Saat kita menonton film, salah satu yang kita sukai adalah efeknya. Tanpa efek, film yang kita tonton menjadi terkesan kurang realistis. Apalagi jika adegan film tersebut melibatkan hal-hal khusus seperti ledakan, monster, atau dunia fantasi. Semakin realistis efek suatu film, penggemarnya biasanya akan semakin banyak di samping faktor lain seperti jalan cerita. Berikut ini kami merangkum 5 efek film terbaik sepanjang masa yang pernah mencengangkan dunia:

1. Motion Control Photography Di Star Wars IV (1977)

Anda mungkin tak mengira efek film tahun 1970an bisa masuk daftar efek film terbaik sepanjang masa. Ya, pada tahun 1977 Star Wars IV: A New Hope berhasil menjadi film luar angkasa pertama yang memiliki efek sangat realistis.

Pada saat Star Wars IV diproduksi, teknologi CGI belum berkembang seperti saat ini. Tapi sutradara George Lucas mampu mengatasi keterbatasan teknologi visual di zaman itu. Star Wars IV diproduksi menggunakan Motion Control Photography. Pergerakan para pemeran dan properti diatur teknologi yang membuat mereka tampak benar-benar melayang di angkasa. Totalitas “di luar nalar” ini membuat Star Wars IV melejit dan menjadi film legend hingga saat ini.

2. Morphing Effect Terminator II: Judgement Day (1991)

Anda masih ingat dengan T-1000, tokoh musuh dalam film Terminator II yang dapat berubah wujud menjadi logam cair? Efek visual yang dikenakan pada karakter T-1000 layak disebut sebagai efek film terbaik sepanjang masa. Terutama pada adegan saat T-1000 ditembak kepalanya.

Di adegan itu, Robert Patrick pemeran T-1000 harus menggunakan topeng buatan yang dilapisi besi untuk memaksimalkan aksinya. Selain itu, adegan-adegan T-1000 yang lain seperti adegan tertusuk, terbelah, terbakar, digarap dengan serius menggunakan Morphing Effect.

3. Replika Kapal Terbesar Dalam Titanic (1997)

Titanic pantas masuk deretan film dengan efek film terbaik sepanjang masa. Tidak menggunakan teknologi macam-macam, Titanic membuat efek film dengan properti yang benar-benar nyata. Salah satu properti paling menakjubkan film ini adalah replika kapal legendaris Titanic, yang dibuat benar-benar menyerupai aslinya. Selain replika kapal raksasa, para kru Titanic tak luput membuat replika samudera Atlantik.

Dengan semua properti canggih yang dipakainya, Titanic menghabiskan biaya produksi sebesar 100 juta dolar. Tapi keuntungan yang diperolehnya berkali-lipat dari angka itu. Selama 12 tahun, tidak ada film yang dapat mematahkan rekor keuntungan Titanic.

4. Make-Up CGI Goblin di The Lord of The Ring (2001)

The Lord of The Ring adalah film fantasi yang diangkat dari trilogi novel berjudul sama. Peter Jackson sang sutradara berhasil menciptakan dunia fantasi yang menakjubkan melalui efek film yang dipilihnya. Saking canggihnya efek yang digunakan, beberapa karakter LotR memiliki bentuk 100% berbeda dengan pemerannya.

Misalnya untuk pemeran goblin, Peter Jackson tidak menggunakan manusia bertubuh pendek, melainkan manusia berukuran normal. Selain itu, efek riasnya bukan terbuat dari make-up atau kulit buatan, melainkan sudah menggunakan CGI.

Di tahun pembuatan LotR, penggunaan CGI untuk film masih sangat jarang. Bisa dibilang, LotR-lah yang mempelopori penggunaan CGI untuk film fantasi.

5. CGI 3D Avatar (2009)

Sutradara James Cameron tidak pernah main-main dalam membuat film. Setelah sukses dengan Titanic, Cameron kembali memproduksi film dengan biaya fantastis dan memiliki efek film terbai sepanjang masa, Avatar.

Avatar merupakan film pertama yang berani menggunakan efek CGI 3D di 95% adegan filmnya. Jika film-film lain hanya menggunakan CGI untuk karakter-karakter tertentu, lain hal dengan Avatar. Efek CGI 3D digunakan untuk seluruh bagian film, mulai dari desain karakter, pergerakannya, hingga setting tempat.

Secara keseluruhan, biaya produksi Avatar sebesar 310 juta dollar. Tapi keuntungan yang diraup Avatar mencapai 2,6 milyar dollar. Keuntungan tersebut sekaligus mematahkan rekor film terlaris sepanjang sejarah, Titanic yang hanya mencapai keuntungan 1,8 milyar dollar.

Check Also

Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton

Begitu banyak film dengan genre yang berbeda-beda yang terus hadir setiap tahunnya. Tidak terkecuali film …