Sinopsis Film G30S PKI Dan Review

Gerakan 30 September PKI (G30S PKI) merupakan salah satu peristiwa sejarah terkelam yang pernah terjadi di Indonesia. Peristiwa ini berujung dengan terbunuhnya enam jenderal TNI AD, yang jasadnya ditemukan di daerah Lubang Buaya. Guna mengenang tragedi itu, tiap tahunnya diperingati hari G30S PKI. Selain dengan peringatan hari, pada tahun 1984 sineas Indonesia Arifin C. Noer dan G. Dwipayana juga membuat filmnya. Berikut sinopsis film G30S PKI dan reviewnya:

Sinopsis Film G30S PKI

Film G30S PKI ramai dibicarakan bahkan penontonya mencapai jutaaan. Film ini memang sangat mengandung sejarah yang cukup mendalam bagi bangsa Indonesia. Nah, sinopsis dari film G30S PKI adalah sebagai berikut:

1. Jatuh Sakitnya Presiden Soekarno

Sinopsis film G30S PKI dimulai dari jatuh sakitnya Presiden Soekarno. Sejak rumor sekaratnya beliau menyebar, petinggi komunis yang notabene dekat dengan Presiden berencana melakukan kudeta. Sebenarnya, percobaan kudeta PKI telah dilakukan pada 1948. Akan tetapi waktu itu, rencana tersebut berhasil dikalahkan rakyat berbasis Islam.

2. Siasat D.N Aidit Sang Pemimpin PKI

D.N. Aidit sang pemimpin PKI bermaksud membuat siasat kudeta dengan mengkambing-hitamkan Dewan Jenderal AD. PKI kemudian menyebarkan rumor bahwa Dewan Jenderal akan melakukan kudeta dengan memanfaatkan kondisi sakitnya Presiden. Rumor ini berhasil dihembuskan, mengingat banyaknya simpatisan komunis saat itu.

3. Penculikan Para Jenderal

Pada malam 30 September 1965, PKI mengutus perwira TNI yang memihak mereka untuk menculik para Jenderal. Gerakan yang dinamai G30S ini dipimpin oleh Letnan Kolonel Untung. Ada 7 Jenderal yang dibidik, yakni Ahmad Yani, Nasution, MT. Haryono, Sutoyo Siswomihardjo, Soeprapto, Siswondo Parman, dan Pandjaitan.

Yani ditembak di tempat karena menolak diculik. Nasution berhasil melarikan diri, saat seorang perwira TNI bernama Pierre Tendean mengaku dirinya Nasution. Dalam penyergapan ini, putri Nasution Ade Irma Suryani ikut tertembak. Pandjaitan tidak melakukan perlawanan seperti Yani. Tapi akhirnya terbunuh karena menunjukkan keengganan saat diculik. Para jenderal yang diculik dalam keadaan hidup kemudian dibawa ke Lubang Buaya.

4. Perebutan Kantor RRI

Letkol Untung kemudian merebut kantor RRI dan mengumumkan fitnah terhadap ketujuh Jenderal AD, yang mereka sebut Dewan Jenderal. Mendengar fitnah tersebut, Soeharto membantah tegas pernyataan PKI. Di tempat lain, PKI berusaha menculik Presiden Soekarno. Tapi Presiden telah meloloskan diri.

Mengetahui lenyapnya garis komando AD karena diculiknya ketujuh Jenderal, Soeharto mengambil alih kepemimpinan AD. Beliau kemudian memimpin penumpasan G30S PKI. Soeharto merebut RRI dari PKI, dan mengumumkan siaran yang telah disebarkan tentang kudeta Dewan Jenderal adalah fitnah. Diserbu oleh pasukan Soeharto, markas G30S PKI tumpas. Meskipun Aidit sang pemimpin pemberontakan berhasil lolos.

5. Di Temukannya Tempat Jasad Para Jenderal

Lima hari setelah tragedi G30S PKI, Soeharto beserta pasukan berhasil menemukan tempat PKI menyembunyikan jasad para Jenderal. Jasad tersebut ditemukan dalam keadaan bertumpuk-tumpuk di sebuah sumur kecil di daerah Lubang Buaya. Demikianlah sinopsis film G30S PKI secara singkat.

Review Film G30S PKI

Setelah membahas sinopsis film G30S PKI, kini tinggal review mengenai film tersebut. Film bergenre drama-tragedi-militer ini merupakan salah satu film action terbaik yang pernah diproduksi Indonesia. Dana yang dihabiskan tidak tanggung-tanggung, yakni berkisar 800 juta rupiah. Di masa kini, angka tersebut mungkin setara dengan 1-2 milyar rupiah. Berkat totalitasnya, film G30S PKI menerima berbagai penghargaan, termasuk Piala Citra.

Selain dari segi cerita, film G30S PKI juga unik dari segi lainnya. Misalnya dari pembiayaan, film ini barangkali satu-satunya film Indonesia yang pernah didanai pemerintah langsung. Dari segi pemeran, film ini memiliki jumlah pemeran terbanyak, yakni mencapai 100 ribu orang.

Meski pembuatan film G30S PKI termasuk spektakuler, film ini menuai banyak kontroversi. Bahkan hingga saat ini. Salah satu yang paling santer adalah “campurtangan” pemerintah Soeharto saat itu terhadap skenario cerita. Rumor ini kemudian mereda setelah beberapa pihak mengklarifikasi bahwa sumber cerita bukan hanya dari versi pemerintah. Melainkan juga berdasarkan wawancara saksi mata dan dokumen penyidikan lembaga internasional.

Di samping semua yang terjadi di balik layar film G30S PKI, film ini akan memanjakan para penikmat film. Totalitas tim film terlihat di keseluruhan adegan, mulai dari pemilihan aktor, penggunaan transportasi militer, hingga efek film yang realistis. Tanpa efek komputer apapun, Anda tetap dapat menikmati action dan adegan menegangkan di film ini.

Check Also

Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton

Begitu banyak film dengan genre yang berbeda-beda yang terus hadir setiap tahunnya. Tidak terkecuali film …