5 Dampak Negatif Game Online Yang Harus Kamu Tahu

Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang mengasyikkan bagi anak-anak bahkan orang dewasa. Memainkan game tersebut di kala jenuh dan bosan tentu saja bukan suatu masalah. Karena game memang sengaja diciptakan untuk sarana penghibur dan pengisi kekosongan waktu yang kamu miliki. kerap kali game online sering dijadikan suatu sarana untuk mengasah otak dan strategi untukĀ  mengalahkan pihak lawan. Namun apa jadinya jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain game. Berikut ini merupakan dampak negatif game online yang harus kamu ketahui:

1. Mengalami Kecanduan

Tidak jauh berbeda dengan dampak negatif gadget, game online pun juga memiliki kecendrungan mempunyai dampak negatif bagi para penggunanya. Kecanduan sendiri merupakan dampak negatif nomor satu yang ditimbulkan oleh game online.

Kecanduan atau ketergantungan ini dapat terjadi jika seseorang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memainkan permainan online. Jika kamu merasa sehari-hari kurang bermakna tanpa bermain game online, maka bisa dipastikan kamu memiliki ketergantungan akan game online tersebut.

Kecanduan atau ketergantungan tersebut akan susah untuk dihilangkan. Karena hal tersebut sudah menjadi suatu kebiasaan. Untuk menghilangkannya biasanya kamu memerlukan terapi perilaku untuk menata ulang kembali kebiasaan normalmu sebelum mengalami kecanduan.

2. Kurang Bisa Mengontrol Waktu

Dampak negatif bermain online akan membuat kontrol terhadap waktumu semakin buruk. Pada awalnya kamu akan berencana menghabiskan waktu satu jam saja untuk bermain game. Namun karena terlalu asik kamu menjadi lupa waktu.

Hal tersebut akan berpengaruh pada tugas-tugas yang harus kamu selesaikan. Seperti pekerjaan, kebersihan rumah, maupun kegiatan yang lainnya yang harus kamu selesaikan. Terlalu asik memainkan game online bisa membuat kamu menjadi suka menunda-nunda pekerjaan, sehingga pekerjaan-pekerjaanmu pun menjadi terbengkalai.

Menentukan batasan waktu untuk memainkan game online dapat membantu kamu melatih kontrol terhadap waktu. Selain itu kamu harus menerapkan pola disiplin untuk menghindari ketergantungan terhadap game online itu sendiri.

3. Suka Melakukan Kebohongan

Terlalu sering menunda pekerjaan rumah karena akibat game online, maka akan membuat pekerjaan menumpuk dan terabaikan. Untuk menghindari teguran dari atasan atau guru, biasanya kamu pun akan berbohong dan berusaha menutupi tugasmu yang belum terselesaikan.

Kamu pun akan belajar cara berbohong yang baik dengan mengajukan alasan-alasan yang dapat diterima oleh mereka, akibatnya kamu pun akan pandai berbohong untuk menutupi kesalahanmu itu.

4. Mengabaikan Lingkungan Sekitar

Kebiasaan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain game online dapat mengubah sikapmu terhadap diri sendiri maupun pada lingkungan sekitar. Bermain game online sepanjang hari membuatmu lupa menjaga kebersihan, makan, bahkan bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disekitarmu.

Waktu yang seharusnya kamu habiskan dengan keluarga atau teman menjadi sangat berkurang drastis. Maka hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang ditimbulkan oleh game online dengan cara melakukan kontrol waktu, disiplin, serta budaya menghargai waktu.

5. Berperilaku Agresif Dan Premanisme

Dan dampak negatif game online yang terakhir adalah berperilaku agresif dan premnisme. Perilaku agresif sendiri merupakan salah satu perilaku yang cenderung selalu muncul pada diri orang-orang yang sering memainkan game online.

Permainan yang menggunakan prinsip online atau berkaitan dengan internet biasanya akan memicu para pemainnya untuk melakukan tindakan agresif ketika mengetahui koneksi internet menurun atau bahkan hilang. Perkataan yang keluar saat mengalami kekalahan pun sering diucapkan oleh para gamer.

Sedangkan permainan yang berbau perkelahian bisa memicu perlakuan kasar pada dunia nyata. Yang mana hal tersebut bisa meningkatkan tindakan premanisme di dunia nyata.

Itulah beberapa dampak negatif game online yang harus kamu tahu. Bermain game online bukanlah suatu hal yang dilarang. Namun kamu harus bisa mengatur waktu bermain game onlinemu agar tidak menimbulkan dampak negatif yang besar bagi kehidupanmu.

Check Also

Game Anak Paud

5 Game Anak Paud Yang Sangat Recomended

Game sendiri dibuat bukan hanya bertujuan untuk menghilangkan penat atau pun menghibur para pemainnya saja. …