Manfaat Game Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui

Bermain game tidak selamanya memberikan dampak negatif. Disisi lain bermain game juga dapat bermanfaat game bagi kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa permainan yang tidak memerlukan banyak gerakan fisik dapat memiliki efek buruk bagi anak-anak ketika mereka tumbuh dewasa. Namun pada kenyataannya bermain game juga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Dan hal tersebut jarang sekali diketahui oleh orang-orang. Adapun manfaat game bagi kesehatan itu sendiri antara lain sebagai berikut:

1. Terapi Penyakit Kronis Untuk Anak-Anak

Berdasarkan penelitian The University of Utah telah meneliti efek dari bermain game terhadap anak-anak yang didiagnosa menderita penyakit kronis seperti autisme, depresi, serta penyakit parkinson sangat bagus sekali. Anak-anak penderita penyakit tersebut yang memainkan game tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan dalam ketahanan dan daya juang dalam menghadapi penyakit mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak bermain game sama sekali.

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Prasekolah (3 Sampai 5 Tahun)

Penelitian dari Deakin University, Melbourne, Australia, menyatakan tidak apa-apa membiarkan anak-anak usia empat tahun bermain video game didepan televisi. Dari 53 anak-anak balita yang diamati perkembangannya telah ditemukan bahwa mereka yang memainkan game interaktif dapat memiliki keterampilan motorik terhadap objek yang lebih baik daripada mereka yang sama kali tidak bermain game.

3. Mengurangi Stress Dan Depresi

2009’s Annual Review Of Cybertherapy and Telemedicine telah menemukan bahwa gamers yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan sering bermain video game. Studi tersebut memberikan hipotesis bahwa permainan tertentu akan memungkinkan mereka menghindari tingkat stress tertentu juga pada diri seseorang. Sehingga membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

4. Memberikan Efek Penghilang Rasa Sakit

Bermain game tidak hanya dapat mengurangi rasa sakit emosional saja. Namun mereka yang menderita sakit secara fisik pun dapat dikurangi rasa sakitnya dengan bermain game. Salah seorang psikologi University of Washington mengembangkan sebuah permainan yang dapat membantu pasien rumah sakit yang menderita sakit pada fisik mengurangi rasa sakitnya itu dengan cara bermain game.

5. Meningkatkan Penglihatan

Kamu sering mendengar bahwa duduk terlalu lama didepan TV tidak baik untuk mata. Tapi menurut Psikolog perkembangan Visual Development Lab Of Ontario’s Mc Master University dr. Dephen Maurer dari menemukan hasil yang berbeda.

Ia mengungkapkan orang-orang yang menderita katarak dapat meningkatkan penglihatan mereka dengan bermain game tembak-tembakan seperti medal of honor dan call of duty. Permainan tersebut membutuhkan jumlah perhatian, pelatihan, serta adrenalin yang sangat tinggi.

6. Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan

Bermain game juga perlu membutuhkan reaksi cepat dalam sepersekian detik untuk mengambil sebuah keputusan yang menyangkut hidup dan mati dalam tokoh virtualnya. Maka dari itu, para ahli saraf kognitif dari University Of Rochester di New York menemukan sebuah fakta bahwa bermain game dapat memberikan banyak permainan kedalam otak untuk menyimpulkan sebuah informasi.

7. Memberikan Kebahagiaan Di Usia Tua

Dan manfaat game bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat memberikan kebahagiaan di usia tua. Menurut para peneliti dari Nort Carolina State University telah meneliti hubungan antara bermain game dengan kesejahteraan mental. Maka mereka menyatakan bahwa orang-orang yang senang bermain game memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Sedangkan bagi orang-orang yang tidak bermain game justru terdapat emosi negatif seperti depresi.

Itulah manfaat game bagi kesehatan yang jarang orang ketahui. Bermain game tidak harus disebut kegiatan yang tidak mempunyai manfaat bukan. Dari beberapa uraian diatas ternyata bermain game mempunyai banyak sekali manfaatnya khususnya pada kesehatan.

Check Also

Game Anak Paud

5 Game Anak Paud Yang Sangat Recomended

Game sendiri dibuat bukan hanya bertujuan untuk menghilangkan penat atau pun menghibur para pemainnya saja. …