7 Akibat Mata Silinder Tidak Memakai Kacamata

Mata silinder adalah kondisi dimana mata mengalami gangguan pada bagian kornea. Bentuk kornea mata silinder ini melengkung tidak normal. Hal ini tentu saja berpengaruh pada kualitas penglihatan penderita. Namun walaupun demikian, banyak para penderita mata silinder yang enggan menggunakan kacamata. Padahal ada banyak akibat yang ditimbulkan jika tidak menggunakan kacamata. Berikut ini 7 akibat mata silinder tidak memakai kacamata:

1. Pandangan Mata Akan Kabur Melihat Benda Yang Jauh

Kacamata pada penderita mata silinder berfungsi untuk memperjelas penglihatan terhadap benda-benda yang jauh. Hal ini dikarenakan mata silinder pada umumnya akan mengalami kesulitan melihat benda-benda yang jauh. Jika tidak menggunakan kacamata, maka secara otomatis pandangan mata akan kabur saat melihat benda yang jauh. Kondisi ini tentu cukup berbahaya bagi penderita.

2. Melihat Benda Yang Bulat Menjadi Lonjong

Mata silinder juga mengalami kegagalan dalam menangkap bayangan benda dengan jelas. Oleh karena itu, akibat mata silinder tidak memakai kacamata adalah bentuk benda yang dilihat bisa berubah dari bentuk aslinya. Contohnya saja jika melihat benda yang bulat, maka benda bulat tersebut bisa terlihat tidak bulat melainkan lonjong. Pandangan mata silinder bisa mengecoh penderita. Kondisi ini dapat semakin parah jika tidak menggunakan kacamata.

3. Membuat Kepala Menjadi Sakit

Sadar atau tidak, kondisi mata silinder bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala ini dipicu karena objek yang dilihat oleh mata bisa berubah-ubah bentuknya. Perubahan bentuk bayangan benda yang ditangkap oleh mata ini harus diperbaiki dengan kacamata. Jika tidak menggunakan kacamata, biasanya penderita mata silinder akan mengalami sakit kepala dalam intensitas yang sering.

4. Mata Akan Menjadi Cepat Lelah

Dibutuhkan fokus yang terlalu tinggi untuk bisa melihat benda-benda jauh pada kondisi mata silinder. Hal ini jelas akan memicu mata menjadi cepat lelah. Mata yang cepat lelah akan menguras energi tubuh. Selain itu, mata yang terus-terusan lelah akan menyebabkan banyak permasalahan lainnya. Permasalahan yang akan ditimbulkan jika tidak menggunakan kacamata justru akan lebih kompleks.

5. Kondisi Mata Menjadi Tegang

Bukan hanya merasa lelah, mata silinder yang tidak dibantu kacamata juga akan menjadi tegang. Kondisi mata yang tegang ini jelas akan membuat mata menjadi menderita. Malah tidak jarang mata akan terasa sangat sakit. Mata yang tegang terlalu sering juga sangat berbahaya. Kondisi ini jika tidak segera diatasi akan menyebabkan kerusakan pada otot mata. Mata bisa mengalami kelainan yang lebih parah.

6. Penglihatan Menjadi Ganda

Penglihatan juga bisa menjadi ganda karena kondisi mata yang silinder. Hal ini menyebabkan penderita mata silinder akan melihat objek seperti membayang atau terlihat ganda. Tentu saja kondisi ini akan sangat mengganggu. Bagi orang-orang yang bekerja dengan mengandalkan pandangan mata hal ini bisa menjadi petaka. Solusi terbaik agar pandangan mata tidak ganda tentu saja dengan menggunakan kacamata.

7. Bisa Memicu Stres

Jika pandangan mata tidak jelas, mata cepat lelah dan otot mata tegang maka secara otomatis penderita mata silinder akan menjadi stres. Kondisi stres ini akan semakin parah jika kondisi mata tidak segera diperbaiki. Banyak akhirnya penderia mata silinder yang tidak tahan dengan kondisi ini dan memutuskan untuk menggunakan kacamata khusus untuk mata silinder.

Itulah 7 akibat mata silinder tidak memakai kacamata. Kacamata adalah kebutuhan penting bagi penderita mata silinder. Kacamata adalah solusi terbaik daripada harus menggunakan kontak lens. Dengan menggunakan kacamata, penderita mata silinder akan lebih mampu melihat benda dengan lebih jelas.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …