Waspadai Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Terus Menerus

Tanpa disadari bahaya mie instan bagi kesehatan memiliki jumlah yang sangat banyak. Berbagai penyakit yang ada sebagian besar dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi mie instan. Kandungan zat didalamnya secara perlahan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Berikut ini bahaya mie instan bagi kesehatan diantaranya :

1. Beresiko Kanker

Mie instan yang dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan terjadinya kanker. Sudah diketahui jenis penyakit mematikan ini dapat menyerang siapapun tanpa melihat usia. Mie instan mengandung TBHQ dan BHA yang membuat tahan lama untuk digunakan dan disimpan. Kedua zat inilah yang sebenarnya mengandung sifat karsinogenik yang memiliki potensi menyebabkan kanker. Zat tersebut membuat mie bertahan hingga berbulan-bulan disimpan pada rak. Oleh sebab itu mie instan dapat beresiko kanker pada organ-organ tertentu pada tubuh.

2. Kerusakan Jaringan Otak

Bahaya mie instan bagi kesehatan salah satunya dapat merusak jaringan otak. Manusia berfikir dan menangkap rangsangan melalui otak, maka dari itu otak sangat penting bagi manusia. di dalam mie instan terkandung berbagai zat kimia yang dapat perlahan merusak sel-sel jaringan otak. Tidak hanya itu mengkonsumsi mie instan dengan waktu yang berkelanjutan mampu menurunkan transmisi sinyal pada otak. Jaringan otak yang rusak juga dapat berakibat penyakit stroke bahkan sampai kelumpuhan.

3. Obesitas

Mengkonsumsi mie instan terus menerus juga dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan. Kandungan lemak yang terdapat didalamnya memiliki jumlah yang cukup tinggi. Sehingga akan menyebabkan obesitas dalam waktu yang cepat. penyakit obesitas juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya yang dapat menyerang jantung.

4. Beresiko Keguguran

Bagi ibu hamil tidak dibolehkan mengkonsumsi mie instan dengan jumlah banyak dan dilakukan secara terus menerus. Kandungan zat kimia yang ada di dalamnya dapat merusak kesehatan kehamilan dan sang bayi. Di dalam mie instan terdapat bumbu dan bahan pengawet, zat ini lah yang dapat mengganggu kesehatan janin dan dapat berakibat keguguran.

5. Gangguan Metabolisme

Mie instan juga dapat mengganggu metabolisme pada tubuh, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini terjadi akibat kandungan zat pewarna yang beracun di dalam mie instan. Selain itu juga terdapat zat aditif yang dapat mengganggu sistem metabolisme pada tubuh. Untuk itu hindari mengkonsumsi mie instan terlalu sering, agar sistem metabolisme tubuh tetap terjaga.

6. Mengakibatkan Hipertensi

Mie instan mengandung zat natrium yang dapat mengakibatkan penyakit hipertensi. Zat natrium ini terletak pada bumbu mie dimana juga terdapat zat berbahaya lain didalamnya. Tubuh yang mendapatkan asupan zat natrium yang tinggi juga bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal. Oleh Karena itu jangan mengkonsumsi mie secara berlebihan, agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

7. Kerusakan Organ

Kerusakan pada organ juga dapat diakibatkan dari konsumsi mie instan secara terus menerus. Mie instan mengandung propylene glycol yang membuat mie tahan dari pengeringan sehingga dapat menjaga kelembaban. Bila makanan dengan zat ini dikonsumsi secara terus menerus dan terserap didalam tubuh dan akan terakumulasi oleh jantung, ginjal dan hati. Dimana zat ini juga memicu merusak ketiga organ tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan. Mie instan juga dapat menyebabkan kelainan organ, melemahkan fungsi organ dan juga mengganggu kekebalan tubuh.

8. Keracunan Pada Tubuh

Di dalam mie instan terkandung MSG yang cukup tinggi dan beresiko bagi kesehatan tubuh. Tidak semua tubuh manusia mampu menampung zat MSG dengan jumlah yang banyak. Sebagian manusia memiliki tubuh yang rawan dengan kandungan MSG. dari sinilah akan mengakibatkan keracunan pada tubuh dan berdampak buruk bagi kesehatan,

Meskipun mie instan sangat praktis dan menjadi alternatif makanan yang mudah untuk ditemukan, jenis makanan ini harus dikurangi tingkat konsumsinya. Kandungan yang ada didalamnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …