Macam-Macam Buah Yang Mengenyangkan Untuk Diet

Perlu diketahui bahwa ternyata buah kaya akan sumber vitamin dan mineral. Supaya tubuh tetap sehat dan segar, alangkah baiknya untuk mengonsumsi buah setiap hari.  Untuk seseorang yang sedang menjalani program diet, sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi buah-buahan. Akan tetapi kebanyakan orang masih belum tahu buah apa saja yang cocok dikonsumsi saat menjalani program diet. Buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi saat diet adalah buah yang dapat memberikan rasa kenyang. Berikut adalah beberapa buah yang mengenyangkan untuk diet :

1. Alpukat

Nutrition Journal telah melakukan sebuah penelitian tentang buah alpukat. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa memakan setengah buah alpukat di siang hari dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang sampai sore hari. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa 22% wanita merasa lebih puas setelah memakan alpukat di siang hari secara rutin.

Perlu diketahui bahwa 1 buah alpukat mengandung cukup banyak serat yakni 13,5%. Selain itu alpukat juga mengandung lemat tak jenuh tunggal, dimana lemak ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Makanan dengan tinggi serat dan kaya lemak, membutuhkan waktu yang lama dalam proses pencernaan. Jadi dengan memakan alpukat maka rasa kenyang akan lebih lama.

2. Apel

Buah apel adalah buah yang tinggi serat dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Saat seseorang mengonsumsi 1 buah apel ukuran sedang berarti seseorang tersebut telah mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram. Serat dan air yang terkandung dalam buah apel akan membuat seseorang merasa kenyang.

Saat mengonsumsi buah apel alangkah baiknya dikonsumsi bersama kulitnya. Karena kulit apel tinggi akan serat dan mengandung fitokimia yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk seseorang yang sedang berdiet dengan bantuan buah apel, lebih baik mengonsumsi buah apel setengah jam sebelum makan.

3. Pir

Untuk mengonsumsi buah pir lebih baik dikonsumsi bersama kulitnya. Saat mengonsumsi buah pir bersama kulitnya berarti seseorang telah mengonsumsi serat sebanyak 5,5 gram. Jika saat menjalani program diet bosan untuk mengonsumsi buah apel, buah pir dapat dijadikan sebagai pengganti buah apel.

4. Raspberi

Salah satu buah yang mengenyangkan untuk diet adalah raspberi. Buah raspberi adalah buah yang juga mengandung banyak serat. Perlu diketahui bahwa satu gelas raspberi mengandung serat sebanyak 8 gram. Berarti dengan mengonsumsi segelas raspberi dapat memberikan 1/3 kebutuhan serat per hari.

Selain mengandung banyak serat, buah raspberi juga kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Agar kebutuhan serat dalam tubuh tercukupi, alangkah baiknya untuk mengonsumsi segelas buah raspberi dan buah lain yang mengandung banyak serat.

5. Pisang

Buah yang satu ini sangat mudah di dapatkan di sekitar tempat tinggal. Selain itu harga dari buah pisang juga tidak terlalu mahal. Biasanya di Negara Indonesia, buah pisang selalu dikonsumsi setelah makan. Buah pisang mengandung banyak gizi, sehingga buah tersebut selalu digunakan sebagai pencuci mulut yang sehat.

Perlu diketahui bahwa satu buah pisang ukuran sedang mengandung serat sekitar 3,1 gram. Karena mengandung banyak serat, pisang juga termasuk kedalam golongan buah yang mengenyangkan untuk diet. Seseorang yang sedang mengikuti program diet, alangkah baiknya untuk selalu mengonsumsi buah pisang setiap harinya setelah makan.

Penjelasan diatas merupakan penjelasan tentang macam-macam buah yang mengenyangkan untuk diet. Kebanyakan kaum wanita maupun pria yang mengikuti program diet seringkali bingung untuk mencari buah yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Setelah membaca penjelasan diatas, pastinya para kaum wanita maupun pria yang mengikuti program diet sudah tidak bingung lagi dalam mengonsumsi buah.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …