Ketahuilah Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi merupakan salah satu permasalahan yang kerap kali terdapat pada gigi setiap orang. Tidak semua orang memiliki karang gigi. Namun cukup banyak orang yang mengeluhkan hal ini. Untuk diketahui, karang gigi bisa timbul akibat gigi yang berlubang, ataupun akibat merokok, maupun radang gusi. Namun, sekarang sudah terdapat cara membersihkan karang gigi secara alami. Seperti apakah caranya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

1. Rajin Untuk Menggosok Gigi Anda

Menggosok gigi merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi anda dari sisa makanan serta membantu dalam mengurangi karang gigi. Tentunya, sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menggosok gigi 2 kali sehari.

Namun, untuk menghilangkan karang gigi, seperti menggosok dua kali sehari, masih kurang cukup. Dianjurkan supaya menggosok gigi 3 kali sehari.  Selain itu, jangan menggosok gigi terlalu cepat. Dianjurkan untuk menggosok gigi minimal selama 2 menit. Hal tersebut dikarenakan supaya gigi bisa tergosok lebih rata.

2.  Menggunakan Mouthwash

Untuk yang masih belum mengetahui, mouthwash merupakan sejenis cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan gigi. Cara penggunaannya tidaklah sulit, cukup masukkan secukupnya mouthwash ke dalam mulut dan kumur selama 1 menit setelah itu dikeluarkan kembali. Perlu untuk di ketahui, menggunakan mouthwash akan lebih efektif dilakukan setelah menggosok gigi.

Mouthwash atau yang diartikan ke dalam Indonesia sebagai pencuci mulut ini memiliki manfaat yang cukup besar. Selain dapat membunuh kuman, penggunaan mouthwash secara rutin juga merupakan salah satu cara membersihkan karang gigi secara alami dan perlahan.

3. Cobalah Untuk Menggunakan Flossing

Untuk yang masih belum mengetahui, flossing merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan gigi. Membersihkan gigi dengan flossing berarti membersihkan gigi dengan benang. Hal tersebut dikarenakan flossing merupakan sejenis benang yang dirancang khusus untuk membersihkan gigi. Keunggulan dalam menggunakan flossing ini adalah dalam hal jangkauan, flossing dapat mencapai bagian sela-sela gigi yang kecil.

4.  Tidak Makan Sembarangan

Ada baiknya bila mencoba untuk menjaga pola makan dengan baik. Memakan makanan secara sembarangan, selain berakibat buruk pada tubuh juga berakibat buruk pada gigi. Hal tersebut dikarenakan ada makanan tertentu seperti makanan yang manis dapat memberikan kesempatan kepada bakteri untuk berkembang biak di gigi kita.

Oleh karena itu, dianjurkan supaya menjaga pola makan dan tidak makan sembarangan supaya tidak memberikan kesempatan kepada bakteri untuk berkembang biak di gigi kita.

5. Gosok Gigi Dengan Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Flouride

Untuk menggosok gigi supaya lebih maksimal, gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Hal tersebut dikarenakan flouride dapat mencegah plak berkembang di gigi kita. Selain mencegah plak berkembang biak di gigi kita, flouride juga mencegah noda kekuningan di gigi berkembang di gigi kita. Oleh karena itu, dalam menghilangkan karang gigi, sangat dianjurkan untuk menggunakan flouride.

6. Kurangi Atau Jangan Sama Sekali Merokok

Seperti yang telah kita ketahui, merokok merupakan salah satu kebiasaan negatif yang sangat berdampak buruk. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh perokok tersebut ke depannya. Namun, selain berpengaruh pada tubuh seperti paru-paru, merokok juga berpengaruh pada kebersihan gigi.

Merokok dapat menimbulkan karang di gigi. Perlu untuk diketahui, karang gigi yang terbentuk karena merokok lebih sulit untuk dibersihkan ketimbang karang gigi karena sisa makanan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengurangi merokok atau kalau perlu sama sekali tidak perlu merokok.

Nah itulah, pembahasan mengenai cara membersihkan karang gigi secara alami. Apakah tertarik untuk mencobanya? Lakukan cara-cara di atas untuk memiliki gigi yang terbebas dari karang gigi.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …