Cara Membersihkan Muka Yang Benar Agar Tetap Segar

Membersihkan muka merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan muda, baik perempuan maupun laki-laki. Dalam hal ini, untuk membersihkan wajah dari kotoran karena telah melakukan aktivitasnya. Namun sebagian besar orang masih bingung bagaimana cara mencuci muka dengan baik. Tenang saja, dalam artikel ini akan disinggung sedikit terkait cara membersihkan muka yang benar.

Membersihkan wajah memang hal biasa, namun tidak semuanya benar dan menyehatkan kulit wajah. Maka dari itu ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan untuk cuci muka dengan benar dan hasilnya pun dapat maksimal, yakni sebagai berikut :

1. Pastikan Tangan Dalam Keadaan Bersih

Sebelum mencuci muka dengan sabun muka yang anda miliki, sebaiknya pastikan tangan bersih dari kuman. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam cara membersihkan muka yang benar. Pastinya setelah melakukan kegiatan, tangan sangat rentan terhadap bakteri. Apabila anda langsung cuci muka, maka ini sama halnya anda memindahkan kotoran pada wajah anda. Alhasil, bukan malah semakin bersih namun malah bercampur menjadi satu dan hasilnya kurang baik untuk wajah.

2. Sebaiknya Gunakan Micellar Water Atau Cleansing Oil

Setelah anda melakukan aktivitas atau setelah pulang kerja, sebaiknya pastikan bahwa anda sudah membersihkan wajah dari segala kotoran atau sisa makeup dengan micellar water, cleansing oil, atau pembersih lainnya. Hal ini tidak lain untuk membuat sisa makeup sudah terangkat sempurna. Atau secara tidak langsung untuk menetralisir wajah anda. Cara ini tidak berlaku untuk pagi hari atau ketika bangun tidur.

3. Usap Wajah Dengan Air Hangat

Tidak ada salahnya sesekali memanjakan wajah dengan menggunakan air hangat. Walaupun anda sibuk dengan segala aktivitas, namun masalah wajah sangat penting untuk diperhatikan. Ini tidak lain untuk membuat penampilan anda semakin maksimal. Pasalnya dengan menggunakan air hangat akan membuat pori-pori terbuka sehingga membuat kotoran bisa terangkat secara sempurna. Karena penyebab jerawat dan wajah kusam tidak lain adalah karena pori-pori yang tertutup.

4. Gunakan Gerakan Memutar Pada Saat Cuci Muka

Ketika cuci muka, anda bisa menggunakan gerakan memutar. Sebaiknya anda lakukan pijatan secara perlahan pada bagian wajah mulai dari jidat, pipi, hidung, dan dagu. Lakukan secara perlahan dan hindari menekan terlalu keras karena akan berdampak kurang baik untuk wajah. Kemudian hindari terlalu lama membiarkan sabun ada pada wajah, segera lakukan bilasan dengan air hangat bila perlu untuk segera menutup pori-pori wajah.

5. Hindari Melakukan Eksofoliasi

Cara yang satu ini juga merupakan langkah penting yang perlu dilakukan dalam treatment mencuci wajah yang benar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa eksoliasi digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga dari sini wajah bisa terlihat lebih cerah dan dan terasa semakin halus. Sebaiknya anda bisa menyesuaikan ini dengan jenis kulit anda masing-masing.

6. Sebaiknya Segera Menggunakan Toner

Toner memiliki banyak manfaat untuk wajah diantaranya yakni dapat mengecilkan pori-pori, bisa membersihkan sisa sabun secara ekstra, bahkan mempersiapkan kulit supaya bisa menyerap skincare dengan baik dan maksimal. Oleh karena itu menggunakan toner juga merupakan salah satu cara membersihkan muka yang benar.

7. Gunakan Skincare Sebagai Tahapan Akhir

Penampilan secara maksimal bisa anda tunjang pada tahapan akhir ini dengan menggunakan skincare. Anda bisa menggunakan banyak produk skincare salah satunya yakni bisa berasal dari sunscreen, pelembap, serum, krim malam, dan lain sebagainya. Dalam hal ini anda perlu lakukan secara teratur dan sesuai kebutuhan pada kulit karena biasanya masing-masing kulit berbeda-beda. Ada yang sensitif dan ada pula yang cocok dengan berbagai produk apapun.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …