6 Cara Menambah Nafsu Makan Yang Bisa Dilakukan

Kurangnya nafsu makan merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan bagi orang-orang yang mempunyai masalah dalam kekurangan berat badan, atau terus menerus kehilangan berat badan yang tidak diinginkan. Kamu sendiri juga sangat paham betapa pentingnya makan berbagai macam makanan untuk menjaga kesehatan. Namun Kamu tidak usah khawatir lagi, karena ada banyak cara agar nafsu makanmu bertambah. Adapun cara menambah nafsu makan yang bisa Kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1. Memakan Makanan Favorit

Setiap orang pasti mempunyai menu makanan favorit yang berbeda-beda. Bagi Kamu yang mempunyai kekurangan nafsu makan, Kamu bisa mengatasinya dengan cara memakan makanan favorit. Karena menu makanan favorit biasanya akan membuat nafsu makan bertambah kembali. Namun Kamu harus tetap ingat, makanlah makanan favoritmu yang sehat dan jangan makan berlebihan. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan memakan buah-buahan agar kondisimu tetap fit.

2. Konsumsi Multi Vitamin

Cara menambah nafsu makan yang selanjutnya adalah mengkonsumsi multi vitamin. Vitamin B , zinc, serta tembaga merupakan asupan utama dalam menambah nafsu makan. Akan tetapi sebelum mengkonsumsi multivitamin penambah nafsu makan, ada baiknya jika Kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gizi. Hal tersebut untuk mengetahui multivitamin merek apa yang sebaiknya Kamu konsumsi. Karena banyak sekali merek yang tersedia di pasaran serta kelengkapan vitamin di dalamnya pun sangat beragam sekali. pilihlah multi vitamin yang sudah terdaftar di BPOM. Supaya kualitas dan keamanan produk multivitaminnya sudah terjamin. Minumlah multivitamin tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

3. Makan Bersama Orang-Orang Terdekat

Sedikit berbincang dengan orang-orang terdekat akan membuatmu lebih bersemangat dalam menyantap makanan. Akan tetapi usahakan untuk tidak sambil bercanda. Makan bersama orang-orang terdekat tidak mesti di restoran  yang mewah. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan penataan meja makan yang rapih dan menarik pun bisa membuat acara makanmu lebih menyenangkan.

4. Makan Lebih Sering Dalam Porsi Kecil

Biasanya kebanyakan orang akan memakan nasi 3 kali dalam sehari. Diantara jam-jam tersebut biasanya akan diselingi dengan ngemil. Kegiatan ngemil inilah yang kurang baik jika dikonsumsi dengan cemilan yang lainnya yang kurang menyehatkan seperti cemilan yang mengandung gula, keripik, serta minuman bersoda. Untuk itu Kamu bisa mengganti 3 jam makan ini dengan 6 sampai 7 kali makan dalam sehari dengan porsi yang kecil. Pilihlah makanan yang mengandung kalori tinggi serta padat nutrisi. Seperti selai kacang, yoghurt, kacang-kacangan, smoothie buah, buah kering, alpukat, susu, ubi-ubian, dll. Makanan tersebut jika dikonsumsi secukupnya tidak akan menimbulkan rasa begah pada perut dan juga tidak akan membuat Kamu mengantuk setelah makan besar.

5. Berolahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki selama 30 menit atau latihan kardiovaskular setiap 2 kali dalam seminggu tentunya akan membangkitkan selera makanmu. Karena aktivitas tersebut dapat menimbulkan senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood mu dan merangsang nafsu makanmu bertambah. Bahkan keinginan makan akan lebih banyak dari biasanya. Kamu pun tidak usah khawatir untuk gemuk, dengan mengatur seberapa bayak porsi makanan yang Kamu konsumsi dalam sekali makan serta memilih jenis makanan, dan jumlah kalori pada makanan tersebut tidak akan membuatmu gemuk.

6. Menghirup Aroma Jahe Atau Kayu Manis

Saat Kamu kehilangan nafsu makan, cobalah untuk menghirup aroma jahe atau kayu manis. Karena jahe dan kayu manis itu sendiri dapat mencegah kondisi mual dan muntah yang diketahui merupakan salah satu penyebab kurangnya nafsu makan. Selain menghirup aroma jahe atau kayu manis, kedua bahan ini bisa Kamu campurkan kedalam minuman hangat seperti teh atau susu. Dengan kata lain minuman yang dicampur dengan jahe atau kayu manis merupakan minuman penambah nafsu makan yang alami.

Itulah beberapa cara menambah nafsu makan yang bisa Kamu lakukan. Dengan melakukan salah satu cara diatas akan membantu menangani nafsu makanmu yang berkurang.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …