5 Cara Mengatasi Bayi Susah Makan Karena Tumbuh Gigi

Para orang tua tentu sangat bahagia jika bayinya sehat, tumbuh, dan berkembang dengan baik. Namun terkadang bayi mengalami susah makan. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bayi mengalami susah makan. Diantaranya badan yang kurang sehat, pilek, sariawan, dan mulai tumbuh gigi. Susah makan akibat mulai tumbuh gigi akan terjadi secara terus menerus setiap ada gigi yang tumbuh. Berikut 5 cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi.

1. Memberikan Bubur Bayi

Bayi akan mengalami tumbuh gigi antara usia 4 bulan sampai 6 bulan namun ada yang kurang dari usia 4 bulan. Jadi banyak dari orang tua kesulitan untuk memprediksi kapan gigi akan tumbuh. Oleh karena itu cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi  adalah dengan memberikan bubur.

Ibu dapat membuatkan bubur yang sesuai dengan selera si kecil agar si kecil mempunyai selera makan. Dengan makanan berupa bubur membuat si kecil tidak lagi mengunyah sehingga giginya tidak lagi terasa sakit. Dapat diberikan sampai gigi si kecil tumbuh secara sempurna.

2. Memberikan Mainan Gigit-Gigitan

Anak  yang mengalami tumbuh gigi pasti akan menggigit apapun yang ada di dekatnya. Ini biasanya disebabkan rasa gatal yang sangat pada bagian gusi. Ibu dapat membelikan  mainan gigit-gigitan yang bahannya aman jika digigit.

Selain itu ibu juga dapat dengan mudah dalam membersihkan mainan tersebut dengan direndam dalam air hangat. Dengan mainan ini diharapkan gigi akan cepat terangsang sehingga lebih cepat tumbuh dan kembali makan dengan lahap.

3. Memberikan Susu

Cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi yaitu dengan memberi susu tambahan. Karena kandungan nutrisi susu yang lengkap sehingga saat bayi mengalami susah makan maka bayi tidak akan merasa kelaparan.

Dengan begitu si kecil tidak akan terganggu perkembangannya. Namun ibu juga harus memberikan susu yang terbaik karena tumbuh gigi membutuhkan waktu agak lama hingga menjadi sempurna.

4. Memberikan Biskuit

Ada dua jenis makanan yang membuat gigi terasa perih saat sedang tumbuh yaitu makanan yang mengandung air dan makanan yang keras. Salah satu cara mengatasi bayi yang susah makan karena tumbuh gigi dengan memberikan biskuit.

Biskuit memiliki tekstur yang kering namun tidak terlalu keras. Selain si kecil kenyang juga akan mengurangi rasa sakit. Selain itu juga dapat mempercepat pertumbuhan gigi. Ini dikarenakan tekstur yang sedikit kasar akan mempermudah gusi terbuka.

5. Membuat Cemilan Dari Sayuran Dan Buah

Dengan memberikan cemilan berupa sayuran akan menstimulus pertumbuhan gigi. Si kecil tetap akan sehat meskipun sedang susah makan. Pada buah Pisang yang matang memiliki sensasi dingin yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi.

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi yang sangat baik bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Alpukat memiliki kandungan vitamin A dan kalsium yang dapat meringankan rasa sakit pada gusi. Buah mentimun juga merupakan buah yang baik jika diberikan saat si kecil tumbuh gigi. Iris menjadi potongan kecil kecil dan berikan sebagai teether alami namun tetap dengan pengawasan. Jangan sampai potongan yang besar tertelan. Wortel merupakan sayuran yang keras sehingga dapat menstimulus pada pertumbuhan gigi agar cepat tumbuh.

Itulah 5 cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi. Perkembangan si kecil akan optimal jika kesehatan si kecil terjaga. Untuk itu masalah susah makan pada anak harus cepat teratasi. Pilihlah makanan alternatif yang selain menyehatkan juga mengurangi rasa sakit pada gusi si kecil.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …