8 Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Secara Alami

Cacingan merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya cacing parasit yang berkembang biak dalam sistem pencernaan manusia. Pada umumnya, penyebab dari cacingan ini adalah cacing kremi, cacing pita dan cacing tambang. Cacingan dapat terjadi pada anak-anak, remaja dan dewasa. Namun kasus terbanyak adalah terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, di sini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi cacingan pada anak.

Cacingan ditandai dengan keluhan anus gatal dan susah tidur di malam hari. Jika anak Anda mengalami hal tersebut, segeralah lakukan tindakan. Berikut ini beberapa cara mengatasi cacingan pada anak dengan bahan alami.

Memanfaatkan Bawang Putih

Cara mengatasi cacingan pada anak adalah dengan menggunakan bawang putih. Terdapat dua cara yang bisa digunakan. Pertama Anda bisa menempelkan parutan bawang putih pada bagian anus sehingga cacing kremi dapat teratasi. Cara kedua yaitu dengan mengkonsumsi 3 bawang putih yang sebelumnya sudah direbus dengan temu hitam terlebih dahulu hingga mendidih. Sebagai pemanis, Anda dapat menambahkan madu.

Menggunakan Biji Lamtoro

Biji lamtoro atau petai cina sangat ampuh untuk mengatasi cacingan pada anak. Cara pertama dapat dengan mengkonsumsi petai cina secara langsung. Cara kedua yaitu dengan menyangrai petai cina sampai hitam kemudian seduh menggunakan air panas.

Minum Jus Wortel

Wortel memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi minuman wortel secara rutin. Caranya adalah Anda harus mengambil air perasan wortel tersebut. Kemudian tambahkan santan yang diberi garam.

Minum Ramuan Minyak Jarak

Minyak jarak dapat memberikan efek membersihkan saluran pencernaan dengan baik. Maka dari itu, minyak jarak biasa dijadikan obat dalam mengatasi cacingan. Anda bisa mencampurkan satu sendok minyak kelapa dalam segelas air hangat. Ramuan ini dapat diminum pada pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak yang memiliki banyak sekali kandungan. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa di bagian anus. Atau Anda juga dapat mencampurkan dengan beberapa tetes minyak kelapa pada minuman maupun makanan yang akan dikonsumsi oleh anak.

Mengkonsumsi Ekstrak Kunyit

Kunyit memiliki manfaat untuk membunuh cacing serta membersihkan usus dari telur cacing. Selain itu kunyit juga dapat membersihkan bakteri dan virus yang tinggal di saluran pencernaan. Caranya sangat mudah. Anda cukup mencampurkan ekstrak kunyit ke dalam susu atau air hangat. Anak Anda dianjurkan minum ekstrak ini malam hari menjelang tidur. Sehingga cacing dan telur cacing akan keluar di pagi hari.

Mengkonsumsi Daging Pepaya Muda

Daging pepaya muda mengandung enzim papain yang dapat membantu mengobati cacingan. Anda dapat mencampurkan daging buah pepaya muda pada makanan maupun minuman anak Anda.

Minum Jus Lidah Buaya

Salah satu jenis obat tradisional dari Amerika Tengah adalah teh epazote. Teh ini digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, cacingan dan segala jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan usus. Anda dapat menyeduh daun lidah buaya kering dengan air panas. Ramuan ini dapat diminum ketika masih dalam keadaan hangat.

Itulah beberapa cara mengatasi cacingan pada anak yang bisa dilakukan secara alami dan aman. Selain itu, sebelum anak Anda mengalami cacingan pastikan Anda juga melakukan pencegahan sejak dini. Yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan dan anak-anak serta pastikan Anda memasak sayuran yang bersih dan segar. Jangan lupa Anda juga harus rutin memeriksakan kesehatan anak ke dokter minimal dua kali setahun.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …