Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Bayi Secara Cepat Dan Tepat

Hampir semua orang pasti pernah merasakan hidung mampet, bahkan bayi sekalipun. Pada saat terserang flu, biasanya bayi akan mudah batuk, pilek, dan hidung mampet. Hidung yang mampet inilah yang membuat bayi sangat rewel dan terus-menerus menangis. Sehingga orang tua bayi akan kewalahan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Bagi Anda yang memiliki bayi yang sedang flu, penting untuk mengetahui cara mengatasi hidung mampet pada bayi. Untuk itu, simak informasi berikut:

Menggunakan Obat Saline Pada Hidung Bayi

Cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang pertama yaitu dengan menggunakan obat saline. Mungkin obat ini masih asing di telinga kita. Ya, Saline merupakan obat semprot untuk hidung yang aman digunakan pada bayi, balita, maupun anak-anak. Saline ini bekerja dengan mengurangi produksi lendir yang akan menyumbat hidung pada saat terserang flu. Untuk penggunaannya cukup mudah, yaitu baringkan bayi Anda di tempat tidur. Kemudian, dongakkan kepalanya dan semprotkan pada hidung bayi dengan saline sebanyak 2-3 kali. Tak hanya tersedia dalam bentuk obat semprot saja, saline juga tersedia dalam bentuk obat tetes dengan manfaat yang sama.

Menyedot Ingus Dengan Bulb Syringe

Apabila ingus bayi yang menyebabkan hidung mampet sukar untuk keluar, salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan bulb syringe. Cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang cepat dan tepat adalah dengan menggunakan bulb syringe ini. Bulb syringe ini cocok untuk digunakan pada bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan. Caranya cukup mudah namun harus dilakukan dengan hati-hati agar bayi tidak menangis. Yakni, pencetlah bagian yang menggembung pada bulb, lalu masukkan pipet pada hidung bayi. Kemudian lepaskan bagian yang menggembung tadi. Dan ingus bayi pun dapat tersedot.

Bersihkan Ingus Dan Lendir Bayi

Ketika terserang flu, bayi akan memproduksi banyak ingus pada hidungnya, dan keluar dalam bentuk lendir. Jika tidak segera dibersihkan, lendir tersebut akan mengeras dalam hidung yang sangat berpotensi untuk membuat hidung mampet pada bayi. Cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang paling efektif adalah dengan membersihkan ingus dan lendir pada bayi Anda dengan menggunakan tisu atau kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Dengan begitu, lendir yang menempel pada hidung akan mudah dibersihkan.

Menyalakan Pelembab Udara

Cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang cepat adalah dengan menyalakan alat pelembab udara atau humidifier. Anda dapat meletakkan alat ini pada kamar bayi Anda. alat ini akan membuat udara lebih hangat dan lembab sehingga lendir tidak mengeras dan menempel di dalam hidung bayi Anda. apabila cara ini kurang mempan, Anda dapat menggunakan nebulizer yang mampu mengatasi lendir yang menggumpal.

Menepuk Punggung Bayi

Pada saat flu menyerang, bayi akan menjadi sangat rewel karena hidungnya yang mampet. Anda dapat mencoba menepuk pelan-pelan punggung bayi Anda untuk memberi kesan yang nyaman pada bayi. Caranya, letakkan bayi Anda di tempat tidur pada posisi tengkurap. Kemudian tepuk pelan punggungnya. Cara ini juga efektif untuk mengeluarkan lendir yang menempel pada hidung.

Itulah beberapa referensi untuk mengatasi bayi Anda yang rewel yang disebabkan oleh hidung mampet karena tersumbat oleh lendir dan ingus. Pemaparan diatas merupakan cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang telah terbukti cepat dan tepat untuk menangani bayi Anda yang terserang virus influenza. Selalu pastikan bayi Anda memperoleh penanganan yang baik dan tepat agar bayi merasa nyaman.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …