10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Ampuh

Memasuki musim penghujan, pilek dan flu mulai dialami oleh semua orang baik anak kecil maupun orang dewasa. Terkadang ketika mengalami pilek dan flu, tak jarang hidung pun ikut tersumbat. Jika kamu mengalami hal tersebut, tentunya sangat mengganggu sekali bukan. Hidung tersumbat sudah tentu akan mengganggu sekali pernapasan kita. Bernapas jadi susah serta tidak tenang. Apalagi jika mengalami hidung tersumbat ketika hendak beristirahat atau tidur. Namun kamu jangan khawatir karena banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat ampuh untuk kamu coba. Di bawah ini beberapa cara-caranya :

1. Banyak Minum Minuman Air Hangat

Meminum minuman air hangat akan membuat lendir yang mengendap didalam hidung menjadi lebih encer sehingga cairan mudah untuk keluar. Tidak hanya meminum air mineral hangat saja, kamu bisa memvariasikan air hangat tersebut dengan yang lainnya. Misalnya dengan teh, jahe, lemon tea, mint tea, atau yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

2. Menghirup Uap Air Hangat

Jika kamu sedang mengalami hidung tersumbat, kamu bisa memanfaatkan uap air untuk meredakannya. Karena menghirup uap air sendiri selain dapat melegakan hidung juga dapat mencairkan lendir yang ada didalam hidung. Caranya pun sangat gampang sekali yakni kamu hanya perlu memasak air sampai mendidih lalu hiruplah uapnya. Selain itu agar lebih efektif kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dalam memasak air tersebut.

3. Membuang Cairan Hidung

Bagi kamu yang mengalami hidung tersumbat kamu bisa mengeluarkan cairan hidungmu yang mengganggu jalannya pernapasan. Kamu bisa mengeluarkan lendir tersebut secara langsung atau dengan menggunakan alat aspirator yakni alat untuk penghisap cairan hidung yang bisa dibeli di apotek terdekat.

4. Menghangatkan Badan

Cara mudah yang lainnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan cara menghangatkan badan. Kamu bisa mematikan AC atau kipas angin lalu selimutilah badanmu. Atau kamu bisa juga dengan mandi menggunakan air hangat.

5. Mengkonsumsi Bawang Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat secara oral namun tidak harus meminum obat adalah dengan cara memakan atau mengunyah bawang putih. Bawang putih ini berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur yang berguna untuk memberangus bakteri yang menyebabkan hidung tersumbat. Dengan melakukan cara yang satu ini, maka hidung tersumbat pun akan hilang seketika.

6. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah dan menyenangkan adalah dengan cara mengkonsumsi makanan pedas. Dengan memakan makanan ini, maka dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar ketika kamu sudah merasa kepedasan.

7. Tidur Dengan Bantal Tambahan

Tidur menggunakan bantal tambahan atau 2 bantal di kepala akan membantu meringankan hidung tersumbat. Karena dengan tambahan 2 bantal akan menjaga kepalamu tetap dengan keadaan miring. Sehingga akan membantu jalannya pernapasan ketika hendak tidur.

8. Memijat Hidung Dengan Ringan

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk ternyata sangat efektif sekali untuk membantu hidung yang tersumbat. Kamu cukup memijat ringan atas hidung dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.

9. Semprotan Saline

Larutan saline merupakan salah satu semprotan yang dapat menghilangkan hidung tersumbat. Larutan tersebut disemprotkan pada hidung dan akan segera membantu mengencerkan lendir serta meredakan hidung yang tersumbat. Semprotan ini bisa kamu peroleh di apotek terdekat.

10. Mengompres Hidung Dengan Air Hangat

Dan cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan cara mengompres hidung dengan air hangat. Hal ini terbukti sangat efektif sekali untuk meredakan penyakit tersebut. Caranya pun sangat gampang sekali yakni kamu hanya mencelupkan handuk atau sapu tangan kedalam air hangat lalu tempelkan handuk tersebut diatas hidungmu. Dengan menggunakan cara ini dengan rutin maka hidung tersumbat pun akan segera teratasi.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu lakukan tanpa pergi ke dokter dan mengkonsumsi obat. Dengan hal sederhana tersebut pun terbukti dapat menyembuhkan hidung tersumbat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …