Faktor Penyebab Dan Cara Mengatasi Orang Depresi

Depresi adalah gangguan yang dapat terjadi pada siapapun dengan beragam penyebab yang ada didalamnya. Depresi bisa menyerang siapa saja entah itu wanita atau pria. Gangguan pada kesehatan mental ini sering terjadi selama 2 minggu atau lebih. Depresi bisa mempengaruhi perasaan, kesehatan, pola pikir dan mood di kegiatan sehari-hari. Jika orang sudah depresi maka seseorang akan sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak memiliki motivasi. Maka sangat diperlukannya cara mengatasi orang depresi.

Faktor Penyebab Orang Depresi

Depresi yang dirasakan seseorang tentunya memiliki penyebab tersendiri. Umumnya orang terserang depresi karena 2 faktor, yaitu faktor biologis dan faktor psikososial. Berikut adalah penjelasan dari faktor penyebab depresi :

  • Faktor Biologis. Misalnya seseorang memiliki penyakit yang cukup parah dan sakit sudah lama dan orang itu beranggapan jika umurnya tidak lama lagi dan akhirnya memicu depresi. Selain itu, faktor biologis juga bisa dipengaruhi hormonal, berat badan yang turun drastis, pasca melahirkan dan lainnya.
  • Faktor Psikososial. Faktor psikososial biasanya paling banyak yang membuat orang depresi. Hal ini meliputi masalah individual, masalah pribadi atau masalah keluarganya.

Lalu bagaimana cara mengatasi orang depresi dengan benar? Tentunya gangguan depresi harus segera diatasi, jika tidak akan berlanjut ke tingkatan yang lebih tinggi. Maka dari itu berikut adalah cara mengatasai orang depresi yang benar.

Cara Mengatasi Orang Depresi

Depresi pada seseorang harus segera diatasi dan diobati, jika tidak sesorang akan berbuat yang akan membahayakan seperti bunuh diri karena depresi yang berkelanjutan. berikut adalah cara mengatasi orang depresi dengan mudah tanpa obat-obatan.

1. Menambah Asupan Vitamin B

Vit B dan Vit 12 sangat membantu dalam memproduksi senyawa kimia didalam otak yang bisa mempengaruhi suasana dalam hatinya. Contoh senyawa tersebut adalah epinephrine, serotononin, dan juga dopamine. Kebanyakan orang depresi adalah kekurangan Vitamin B dalam sehari-harinya. Maka cara mengatasi orang depresi yang paling mudah adalah dengan memberikan asupan vitamin B yang cukup.

2. Lakukan olahraga Ringan Dan Rutin

Sebenarnya olahraga juga menjadi salah satu cara mengatasi orang depresi. Dengan olahraga ringan akan membantu meringankan gejala-gejala depresi yang dirasakan. Dengan olahraga ringan akan memicu produksi hormon endhorphin yang mana akan membuat pikiran menjadi lebih positif. Cukup lakukan olahraga yang ringan saja seperti jalan pagi, jogging, aerobic simple dan lainnya. Tidak perlu olahraga yang berat-berat dulu.

3. Atur Asupan Makanan

Mengkonsumsi makanan juga bisa mengurangi tingkat depresi seseorang. Tentunya bukan hanya dengan makanan yang sembarang tetapi harus makanan yang mengandung selenium dan magnesium tinggi. Keduanya dipercaya memiliki efek yang berguna untuk mengurangi depresi. Jenis makanan yang mengandung zat selenium tadi antara lain kacang-kacangan, gandum, dan ikan tuna.

Sedangkan makanan yang mengandung magnesium adalah cokelat, biji bunga matahari, kerang dan juga biji labu. Maka rutinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua jenis zat tersebut agar tingkat depresi bisa menurun.

4. Dengan Berlibur

Memandang sesuatu yang berat dan rumit adalah masalah utama timbulnya depresi pada seseorang. Maka dari itu cara mengatasi orang depresi adalah lebih sering jalan-jalan atau berlibur. Karena dengan berlibur biasanya hati dan pikiran akan lebih tenang dan bahagia. Jadi untuk anda yang sibuk bekerja dan stress bekerja maka hendaknya sempatkanlah waktu untuk berlibur. Stress yang berlarut akan berubah menjadi depresi akut.

5. Perbanyak Konsumsi Minyak Ikan Dan Kunyit

Orang yang terserang depresi juga perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Sejumlah studi menunjukkan jika kekurangan asupan lemak ternyata dapat memicu munculnya depresi.  Daging ikan salmon, ikan albacore, ikan haring bisa memenuhi asam lemak omega-3 yang banyak.

Selanjutnya adalah perbanyak konsumsi kunyit. Ternyata salah satu bumbu masak ini memiliki manfaat yang tinggi untuk mengurangi depresi karena kunyit mampu meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Kemampuan kunyit mengatasi depresi hampir sama seperti obat-obatan, tetapi kunyit lebih unggul karena merupakan bahan alami.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …