Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Yang Ampuh

Gejala insomnia atau susah tidur merupakan salah satu yang sering diderita oleh ibu hamil. Baik oleh ibu hamil muda ataupun tua. Sebenarnya kondisi tersebut cukup normal dialami oleh ibu hamil. Karena adanya perubahan psikologis serta peningkatan kadar hormon dalam tubuh merupakan faktor utama yang memicu ibu hamil susah tidur. Walaupun hal ini tidak membahayakan janin, namun jika ibu hamil mengalami kesulitan tidur berhari-hari maka bisa membuat stamina tubuh menjadi menurun. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan cara mengatasi susah tidur saat hamil sebagai berikut.

1. Segera Tidur Saat Mengantuk

Salah satu cara yang sangat jitu untuk mengatasi insomnia di malam hari terutama bagi ibu hamil adalah dengan cara segera tidur saat mata mulai mengantuk. Jika matamu sudah sepat dan mengantuk maka segeralah bergegas untuk merebahkan badan diatas kasur. Karena hal ini bisa membuatmu tidur lebih nyenyak. Namun sebaliknya jika kamu menahan rasa ngantuk tersebut maka perlahan rasa kantukmu pun akan menghilang, sehingga kamu pun menjadi sulit untuk tidur.

2. Posisi Tidur Harus Nyaman

Seiring bertambahnya usia kehamilan, pada umumnya ibu hamil akan semakin sulit untuk mencari posisi yang nyaman untuk tidur. Sehingga akibatnya sebagian ibu hamil menderita insomnia. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba beberapa posisi tidur yang tepat bagi ibu hamil. Menurut pakar medis, ibu hamil tua disarankan tidur dengan posisi miring ke kiri serta meletakkan sebuah bantal dibagian punggung. Hal tersebut akan membuat lebih nyaman saat kamu tertidur. Hindarilah tidur terlentang saat hamil muda karena hal tersebut dapat mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Mengikuti Kelas Yoga

Cara mengatasi ibu hamil susah tidur yang selanjutnya adalah dengan olahraga yoga. Olahraga ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan saja. Tapi juga dapat membantu syaraf otak berileksasi. Tubuh pun menjadi lebih tenang serta dapat mengurangi gejala insomnia. Namun demikian, tidak semua gerakan yoga dapat membantu kamu tidur dengan nyenyak. Kamu bisa mengikuti kelas yoga yang khusus ibu hamil untuk memperoleh latihan yang tepat untuk mengatasi masalah tidur.

4. Jadwalkan Waktu Tidur Siang

Apabila kamu merasa kurang tidur di malam hari, maka kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan tidur pada siang hari. Aktivitas tidur siang ini dapat membantumu memulihkan stamina serta membuat mata lebih segar. Namun kamu perlu mengingat juga sebaiknya tidur siang jangan terlalu lama. Karena bisa membuatmu mengalami insomnia di malam harinya. Kamu cukup meluangkan waktu tidur siangmu selama 1 sampai 2 jam saja

5. Lakukan Aktivitas Ringan

Saat hamil memanglah sangat dianjurkan untuk tidak kelelahan. Namun aktivitas bermalas-malasan seperti berbaring terlalu lama justru dapat meningkatkan peluang insomnia. Maka dari itu sebaiknya lakukanlah gerakan-gerakan ringan untuk memicu rasa lelahmu. Apabila tubuh mengalami kelelahan maka otomatis mata pun akan mengantuk. Sehingga tidur pun akan menjadi lebih nyenyak. Beberapa aktivitas ringan yang bisa kamu coba saat sedang hamil adalah dengan berjalan-jalan sekitar komplek rumah, menyapu, memasak, atau mengikuti kelas senam ibu hamil.

6. Konsumsi Susu Di Malam Hari

Dan cara mengatasi susah tidur saat hamil yang selanjutnya terakhir adalah mengkonsumsi susu di malam hari. Bagi ibu hamil sangat penting sekali untuk mengkonsumsi susu guna membantu perkembangan janin yang ada didalam rahim. Selain itu susu juga mempunyai manfaat yang lainnya yakni untuk mengatasi insomia. Apabila kamu mengalami masalah susah tidur, maka cobalah mengkonsumsi susu hangat di malam hari secara rutin. Maka masalah insomniamu pun akan segera teratasi.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur saat hamil yang bisa kamu coba. sekarang susah tidur bukanlah suatu hal yang menakutkan lagi bukan. Dengan beberapa cara tersebut maka kamu pun akan tidur dengan nyenyak.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …