5 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Secara Alami

Panu (Tinea Versicolor) merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Tanda-tanda panu ini yaitu munculnya bercak-bercak bewarna putih, coklat, merah, hitam tergantung warna kulit penderita yang disertai dengan rasa gatal. adalah jamur penyebab panu.  Keberadaan panu tentu cukup mengganggu kenyamanan penderita karena rasa gatal yang terus-menerus. Terdapat beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat dengan bahan alami, berikut ini caranya :

1. Membuat Racikan Lengkuas

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga memiliki  kandungan yang cukup berguna bagi kesehatan. Kandungannya berupa sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, emodin, beta-sitosterol, flavonoid, fitonutrien, quercetin, galangin, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Hasil penelitian oleh ilmuwan Korea menjelaskan bahwa hampir semua senyawa dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida. Sehingga tak heran lengkuas dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu secara alami. Caranya membuat racikan lengkuas ini yaitu dengan mengambil lengkuas yang masih segar lalu potong menjadi lebih kecil. Usapkan pada bagian kulit yang tedapat panu selama kurang lebih 5 menit. Lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari. Kandungan senyawa flavonoid, amilum, dan kuersetin dalam lengkuas akan membasmi jamur penyebab panu.

2. Membuat Tumbukan Bumbu Kunyit

Kunyit juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu dengan cepat. Kandungan minyak volatile dalam kunyit yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Selain itu kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang sebagai anti-oksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas. Kombinasi curcumin dan minyak volatile ini cukup berguna untuk membasmi jamur penyebab panu.

Cara membuat racikan kunyit cukup mudah. Tumbuk halus 2 ruas jari kunyit kemudian tempelkan atau dapat juga oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Menggosok Dengan Bawang putih

Bawang putih ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan dapur saja. Bumbu dapur dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Pada bawang putih terdapat kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif sebagai zat anti bakteri.

Bawang putih juga memiliki banyak kandungan antioksidan. Kandungan pada bawang putih membuatnya cukup terkenal untuk digunakan sebagai anti virus, anti bakteri serta sebagai anti jamur. Ambil 1 siung bawang putih, lalu potong menjadi dua bagian agar terlihat isinya. Kemudian gosokkan bawang putih pada area kulit yang muncul panu selama 5 menit. Lakukan kegitan ini setiap hari selam 2 kali.

4. Menggoleskan Perasan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan senyawa Flavonoid  sebagai antioksidan yang kuat. Anti-oksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, kandungan asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang cukup handal. Vitamin C juga menjadi senyawa lain yang cukup ampuh untuk membasmi panu.

Cara menghilangkan panu dengan cepat menggunakan jeruk nipis cukup mudah. Campurkan jeruk nipis dengan belerang yang mengandung senyawa untuk dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, serta penyebab panu lainnya. Campurkan 1 sdm perasan air jeruk nipis dengan 1 sdm belerang. Tumbuk halus keduanya hingga tercampur menjadi krim. Kemudian oleskan pada panu. Lalu diamkan sampai mengering, terakhir bersihkan dengan air hangat

5. Menggunakan Belimbing wuluh

Cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki kandungan glukosid, peroksida, kalsium oksalat, tanin, asam format, sulfur, saponin, dan kalium sitrat.

Belimbing wuluh juga mempunyai sifat anti jamur yang dapat menghilangkan panu. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 1 buah belimbing wulu, lalu potong menjadi 4 bagian. Usapkan belimbing wuluh di bagian kulit yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Biarkan hingga mengering.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …