Inilah 5 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat

Panu merupakan salah satu gangguan pada kulit yang sangat tidak membuat nyaman dan tidak enak untuk dipandang. Panu ini sendiri disebabkan oleh adanya infeksi jamur yang ada pada bagian kulit. Jamur sendiri biasanya akan tumbuh karena adanya kelembapan pada bagian kulit yang sangat tinggi. Hal tersebut menjadi sangat efektif bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur. Kelembapan kulit tersebut disebabkan oleh kebersihan yang kurang terjaga dengan baik dan bersih. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga diri dan menjaga lingkungan. Apabila kamu memiliki masalah kulit ini, maka kamu bisa menggunakan cara menghilangkan panu dengan cepat berikut ini :

1. Mengusapkan Tea Tree Oil

Pohon teh atau melaleuca merupakan jenis tanaman yang mengandung antiseptik sangat tinggi sehingga sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Dalam banyak penelitian telah terbukti bahwa tea tree oil dapat membunuh banyak jenis bakteri, virus, serta jamur. Untuk menggunakan tea tree oil ini kamu hanya perlu menyiapkan tea tree oil, minyak kelapa, dan minyak lavender yang dicampur menjadi satu. Setelah itu usapkan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa menambahkan minyak oregano. Gunakanlah secara rutin ramuan tersebut agar panumu cepat hilang.

2. Mengoleskan Minyak Kelapa

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap jamur, virus, serta bakteri. Kandungan asam lemak yang ada didalamnya dapat menghentikan pertumbuhan jamur penyebab penyakit panu. Kamu tinggal mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu lalu diamkan hingga mengering.

3. Oleskan Atau Minum Yoghurt

Yoghurt sendiri kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Di dalamnya terdapat protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, serta vitamin B12 yang bermanfaat sekali bagi kesehatan. Dengan mengoleskan yoghurt pada kulit maka kandungan probiotiknya akan mengontrol keberadaan jamur. Sehingga pertumbuhannyapun bisa terhambat. Kamu cukup mengoleskan dan diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Hal yang perlu diingat disini adalah kamu harus menggunakan yoghurt tawar. Selain dengan mengoleskannya ke bagian yang terdapat panu, kamu bisa meminum 2 gelas yoghurt tawar setiap harinya.

4. Usapkan Belimbing Wuluh

Dan cara menghilangkan panu dengan cepat selanjutnya adalah dengan cara menggunakan bahan alami yakni belimbing wuluh. Belimbing wuluh mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Didalam belimbing wuluh sendiri terdapat glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, serta kalium sitrat. Selain itu belimbing wuluh juga mempunyai sifat anti jamur yang tentu saja sangat cocok untuk menghilangkan panu. Kamu hanya memerlukan 1 buah belimbing wuluh yang dipotong menjadi 4 bagian. Usap-usapkanlah belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur kurang lebih selama 5 menit. Biarkan mengering lalu bersihkanlah dengan air bersih.

5. Mengoleskan Jeruk Nipis

Flavonoid merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Senyawa ini terdapat didalam jeruk nipis. Fungsi dari antioksidan ini sendiri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel yang sehat. Serta kandungan asam nitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti bakteri dan anti jamur yang sangat handal. Senyawa lainnya yang ampuh yang terdapat di dalam jeruk nipis adalah vitamin C. Dimana vitamin C ini sendiri sangat ampuh untuk menghilangkan panu. Dalam pengalikasiannya cukup mencampurkan jeruk nipis ini dengan belerang. Karena di dalam belerang ini sendiri mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat serta virus penyebab panu.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat yang bisa kamu lakukan. Dengan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan di sekitarmu pun kamu bisa menghilangkan panu dengan cepat tanpa berbekas.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …