Cara Menghitung Berat Badan Ideal Serta Tinggi Badan Anak Dan Dewasa

Setiap orang selalu menginginkan berat badan yang ideal. Tidak terlalu kurus ataupun tidak terlalu gemuk. Sebenarnya untuk bentuk tubuh ideal adalah hal yang bersifat subjektif. Bentuk tubuh yang ideal tidaklah sama dengan berat badan ideal. Bentuk tubuh yang ideal dapat diperoleh dari  berat badan yang ideal dan tinggi badan yang ideal. Berikut ini beberapa cara menghitung berat badan ideal dan tinggi badan ideal yang perlu anda ketahui :

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Orang Dewasa

Untuk cara menghitung berat badan ideal orang dewasa ada beberapa rumus yang bisa dipakai. Apa saja rumus-rumus tersebut? Berikut ulasannya :

Rumus Broscca

Cara menghitung berat badan ideal dapat menggunakan rumus Brosca yang ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Rumus brosca dibagi dua yaitu perhitungan berat badan ideal untuk laki dan juga untuk perempuan yang dewasa.

Perhitungan berat badan ideal laki-laki dengan cara {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}. Perhitungan berat badan ideal perempuan dengan cara {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Sebagai contoh pada laki-laki dengan tinggi badan 180 maka berat badan yang ideal adalah (180-100) – {(180-100) x 10%} = 80 – 8.0 = 72 kg.

Rumus BMI

BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan kalkulasi sesuai tinggi dan berat badan kemudian dihitung dan diketahui apakah berat badan yang dimiliki sudah ideal atau masuk kategori kurus dan gemuk.

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus BMI dapat dimulai pada usia 20 tahun hingga lansia. Untuk usia dibawah 20 tahun menggunakan perhitungan yang berbeda. Untuk atlet maupun olahragawan perhitungan BMI sedikit merepotkan. Karena perhitungan BMI berasal dari hitungan massa otot, hasilnya dapat menunjukkan angka kegemukan namun sebenarnya tidak. Berikut ini rumus BMI :

Berat badan (kg) : (Tinggi badan)2 (m)

Hasil dari BMI masuk dalam kategori berat badan ideal jika menunjukkan hasil 18,5 hingga 24, 9. Dibawah angka tersebut anda dalam kategori kurus. Sedangkan jika memperoleh hasil 25 sampai 29 anda masuk dalam kategori gemuk. Hasil yang melebihi 29 hal tersebut mengarah pada obesitas.

Sebagai contoh :

Rina memiliki berat badan 60 kg dan tinggi badan160 cm. Maka, perhitungannya 60:(1,6×1,6)= 60:2,56= 23,4. Sehingga dari hasil tersebut, didapatkan bahwa rina masuk dalam kategori berat badan ideal.

Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Cara menghitung berat badan ideal anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Menurut dokter spesialis asal AS yaitu Robert M. Kliegman menyebutkan rata-rata berat badan normal bayi yang baru lahir 3 sampai 3,5 kg. Saat usia 5 bulan, berat badan ideal anak 2x berat badan bayi saat lahir. Kemudian saat usia 1 tahun, berat badan anak mencapai 3x berat badan saat lahir dan usia 2 tahun berat badannya 4x berat badan saat lahir. Hal tersebut tentu membingungkan. Berikut ini rumus untuk menghitung berat badan ideal anak :

  • Untuk anak umur 3 bulan sampai 12 bulan: Perhitungan berat badan ideal anak (dalam kg) = (Usia dalam bulan + 9) : 2
  • Anak umur 1 hingga 6 tahun: Perhitungan berat badan ideal anak (dalam kg) = (Usia dalam tahun x 2) + 8
  • Untuk anak umur 7 hingga 12 tahun: Perhitungan berat badan ideal anak (dalam kg) = (Usia dalam tahun) x 7 – 5) : 2

Cara Menghitung Tinggi Badan Ideal

Selain berat badan, anda juga perlu mengetahui tinggi badan ideal. Cara mengetahui tinggi badan ideal pada anak-anak umur 2 hingga 12 tahun dapat menggunakan rumus tinggi ideal = (Usia dalam tahun x 6) + 77.

Sedangkan untuk dewasa dan anak pada umur lebih dari 13 tahun  perhitungannya berbeda. Rumus mengetahui tinggi badan ideal orang dewasa adalah tinggi ideal=  3,5 x TB lahir (2 x tinggi badan saat usia 1 tahun).

Itulah beberapa cara menghitung berat badan ideal dan tinggi badan anak dan dewasa. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui apakah berat badan dan tinggi badan anda saat ini masuk kategori ideal atau belum.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …