Cara Mengobati Mencret Yang Sangat Recommended

Mencret atau diare merupakan kondisi ketika seseorang buang air besar berulang kali dan mengeluarkan feses yang encer dan tidak normal seperti biasanya. Pada umumnya, mencret disebabkan oleh beberapa faktor seperti virus, infeksi bakteri, bahkan keracunan makanan. Mencret ini akan mengakibatkan Anda sangat kewalahan dan tidak dapat melakukan berbagai aktivitas sebagaimana mestinya. Penting bagi Anda mengetahui penanganan yang tepat untuk mengatasi mencret. Untuk itu, berikut beberapa cara mengobati mencret yang sangat recommended.

Minum Air Putih Sebanyak-Banyaknya

Saat Anda terserang mencret, lama kelamaan Anda akan kekurangan cairan tubuh dan mengakibatkan badan menjadi lemas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus meminum air putih sebanyak-banyaknya agar keseimbangan tubuh tetap terjaga. Selain itu, meminum air putih juga akan menetralisir racun yang ada dalam tubuh yang mengakibatkan anda mencret. Anda dapat meminum setidaknya 1 L air per jam selama 1-2 jam. Cara mengobati mencret dengan meminum air ini dinilai sangat efektif untuk meredakan mencret.

Hindari Makanan Tertentu

Pada saat mencret, saluran pencernaan Anda sedang bermasalah dan mungkin tidak dapat mengolah makanan dengan baik seperti biasanya. Untuk sementara waktu, hindari makanan seperti produk olahan susu, makanan berlemak, makanan yang mengandung serat, atau makanan yang pedas. Selain itu, cara mengobati mencret yang satu ini mengharuskan Anda menghindari makanan yang kasar seperti kacang-kacangan ataupun kubis. Setelah pencernaan Anda mulai membaik dan mencret sudah teratasi, Anda tidak boleh memakan yang berat-berat dulu. Anda diharuskan selektif terhadap pemilihan makanan hingga pencernaan Anda kembali normal.

Minum Oralit

Mungkin sebagian besar sudah mengenal akan manfaat oralit. Ya, obat ini memang terkenal mempunyai khasiat untuk meredakan mencret. Cara membuat obat ini juga sangat mudah dan dapat Anda racik sendiri dirumah. Yaitu satu sendok teh garam dicampur dengan delapan sendok teh gula yang dilarutkan ke dalam 1 L air. Minumkan cairan tersebut secara teratur, yakni tiga hingga empat kali dalam sehari. Oralit ini jenis obat diare yang sering dijadikan alternatif untuk menyembuhkan mencret.

Kompres Dengan Air Hangat

Salah satu cara untuk mengobati mencret adalah dengan mengompres perut dengan air hangat. Ketika mencret, perut akan terasa sangat sakit dan membuat penderitanya semakin gelisah. Alternatif yang dapat meredakan sakit perut karena mencret ini Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengompres. Air hangat akan memberikan sensasi rileks dan lega pada perut. Sehingga lambat laun sakit pada perut akan berkurang dan akhirnya mencret pun dapat mereda.

Minum Rebusan Daun Jambu Biji Dan Teh Tanpa Gula

Cara mengobati mencret yang sangat efektif yaitu dengan minum rebusan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung flavonoid yang mempunyai khasiat untuk mengurangi cairan yang ada dalam feses. Sehingga sedikit demi sedikit mencret akan teratasi. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu ambil 15 lembar daun jambu biji. Kemudian rebus dengan setengah liter air dan tambahkan dengan garam. Tunggu hingga air tersisa setengah bagian. Minum rutin tiga kali sehari. selanjutnya cara untuk mengatasi mencret yang sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah dengan meminum teh tanpa diberi gula atau dapat disebut sebagai teh pahit. Teh mengandung banyak flavonoid yang mampu mengatasi masalah pencernaan, khususnya mencret. Dengan meminum teh pahit, mencret yang menyerang akan mudah teratasi.

Cara mengobati mencret di atas dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Dan tentunya  cara tersebut paling ampuh sehingga mencret akan cepat mereda.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …