Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari kedua ginjal kurang lebih 200 gram lebih dengan panjang masing-masing sekitar 10 senti meter. Fungsi dari ginjal sendiri adalah untuk sistem ekskresi. Untuk itu penting mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal agar terus sehat.

Kemungkinan Penyakit Yang Mengganggu Ginjal Dan Gejala Yang Menyertainya

Sama seperti organ vital yang dimiliki manusia lainnya, ginjal juga memiliki kelemahan jika tidak di jaga baik-baik. Penyakit yang sering menyerang manusia pada ginjal adalah gagal ginjal, infeksi ginjal dan batu ginjal. Gejala-gejala penyakit ini biasanya disepelekan oleh penderita, namun jika terus dibiarkan akan membuat penyakit lebih parah atau menimbulkan komplikasi.

Adapun gejala-gejala yang umum dirasakan oleh manusia ketika ginjalnya mulai terganggu adalah rasa nyeri saat kencing, pendarahan, sakit pada punggung bagian bawah, dan lain sebagainya. Jika mengalami gejala tersebut segera mendatangi petugas kesehatan terdekat dan memeriksakannya. Semakin cepat gejala ditangani, maka resiko penyakit bisa diperkecil.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Dari uraian sebelumnya menerangkan jika ginjal adalah salah satu organ vital yang wajib dijaga kesehatannya. Selain sebagai sistem ekskresi, ginjal memiliki banyak peran penting.  Seperti mengatur keseimbangan asam basa, membantu mempertahankan sistem ekskresi dan merangsang tulang panjang untuk memproduksi sel darah merah. Berikut cara menjaga kesehatan ginjal.

1. Meminum Air Putih Yang Cukup

Air putih adalah alat untuk menetralkan tubuh dari racun pada tubuh manusia. Air putih juga mengurangi beban kinerja ginjal dalam membantu metabolisme tubuh. Minumlah air mineral saat mengkonsumsi karena kandungan kapurnya tidak ada. Jika air yang diminum mengandung kapur bisa mengakibatkan batu ginjal atau infeksi pada ginjal.

2. Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan Keras

Saat manusia mengkonsumsi obat, ginjal akan bekerja untuk menetralisir obat tersebut dari tubuh dan dikeluarkan kembali. Jika, kandungan obat itu tidak ikut dikeluarkan maka kandungan obat tersebut akan mengendap ke ginjal.

Untuk itu, ada baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan warung atau keras lainnya. Jika ada gejala yang bisa ditangani oleh pengobatan tradisional, maka lebih baik gunakan pengobatan tradisional untuk meminimalisir resiko.

3. Hindari Merokok Dan Minum Alkohol

Kandungan yang ada pada rokok dan minuman keras tidak ada satupun yang berfaedah bagi metabolisme tubuh. Semua yang terkandung pada rokok hanya racun yang berbahaya untuk seluruh organ vital manusia. Nikotin, tar dan lainnya bisa mengendap ke ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal bahkan kanker.

Begitu pula dengan minuman keras. Kandungan yang ada pada minuman keras membuat ginjal harus bekerja lebih keras saat melakukan metabolisme. Sehingga menyebabkan ginjal menjadi bengkak dan otomatis mengurangi fungsi dari kinerja ginjal.

4. Makan-Makanan Yang Bisa Menyehatkan Ginjal

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Contoh buah yang bisa menyehatkan ginjal adalah buah bery-beryan, apel, dan lain sebagainya. Cara menyehatkan ginjal lainnya adalah memakan sayur kol, bawang putih, bawang bombay, salmon, dan minyak zaitun. Semua makanan tersebut jika dikonsumsi secara teratur akan membuat ginjal berfungsi sebagaimana mestinya dan terjaga.

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga bisa melatih ginjal untuk memiliki ritme kerja secara teratur. Sehingga, ketika manusia melakukan olah raga secara rutin, ginjal bisa lebih siap saat harus bekerja keras saat melakukan metabolisme tubuh. Olahraga adalah salah satu cara menyehatkan ginjal yang efektif untuk dilakukan selain menjaga pola makan.

Selain mengikuti cara menjaga kesehatan ginjal diatas, hendaknya setiap orang bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengetahui ambang batas kinerja tubuhnya. Jangan terlalu memaksakan kehendak jika tubuh sudah mulai lelah. Beristirahat sejenak juga bisa merelaksasikan ginjal.

Check Also

Cara Membersihkan Muka Yang Benar

Cara Membersihkan Muka Yang Benar Agar Tetap Segar

Membersihkan muka merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh berbagai kalangan muda, baik perempuan …