Cara Menjaga Kesehatan Tulang Yang Mudah Agar Tidak Keropos

Tulang merupakan penopang tubuh manusia. Tanpa tulang tubuh manusia tidak bisa tegak berdiri. Seiring bertambahnya usia faktanya tulang akan mengalami kerapuhan. Itu sebabnya penting sekali untuk mengetahui cara menjaga kesehatan tulang. Ada dua faktor utama untuk membentuk tulang kuat, yaitu pola makan, dan aktivitas. Makin penasaran kan? Untuk lebih jelasnya simak beberapa ulasan mengenai cara menjaga kesehatan tulang berikut ini.

1. Makan Banyak Buah Dan Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin. Pasalnya. sayuran yang berdaun hijau gelap seperti bayam dan kale mengandung banyak kalsium, magnesium, dan vitamin K. Pada penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research Service menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran baik untuk tulang.

Antioksidan dalam buah dan sayuran seperti karotenoid, dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, nutrisi pada tumbuhan dapat mencegah penghancuran tulang dan penyerapan kalsium oleh darah.

2. Latihan Kekuatan Dan Beban

Seiring bertambahnya usia, tulang manusia akan lebih rapuh dan rentan cedera. Salah satu cara menjaga kesehatan tulang tetap kuat adalah dengan latihan kekuatan dan beban. Menurut penelitian oleh tim ahli dari University of Missouri, latihan beban ternyata salah satu jenis olahraga terbaik untuk merawat tulang dan otot.

Pasalnya latihan beban mampu meningkatkan produksi hormon khusus yang berperan penting dalam pembentukan tulang baru dan mencegah pengeroposan tulang.

3. Penuhi Kebutuhan Protein

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan asupan protein dapat mengalami osteoporosis. Rendahnya asupan protein dapat mengurangi penyerapan kalsium pada tulang. Pasalnya sekitar 50 persen tulang terbuat dari protein. Namun mengkonsumsi protein secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Konsumsilah protein dengan kadar rendah seperti ayam kalkun, ikan, makanan laut, dan putih telur.

4. Makan Makanan Tinggi Kalsium

Mengkonsumsi kalsium merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tulang yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya kalsium dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Asupan makanan yang tinggi kalsium dapat ditemukan melalui yogurt rendah lemak, susu rendah lemak, keju, kacang-kacangan, dan sayuran. Berdasarkan angka kecukupan gizi oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kalsium yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 1.000 sampai 1.100 miligram per hari.

5. Penuhi Asupan Vitamin D Dan Vitamin K

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K berperan dalam pembentukan osteocalcin, yakni jenis protein yang hanya ditemukan pada tulang. Untuk memenuhi asupan vitamin K dapat mengkonsumsi segala jenis sayuran hijau seperti kale, brokoli, dan bayam.

Uniknya, tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D sendiri dengan bantuan sinar matahari. Namun, ada banyak juga makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin D dan K seperti ikan salmon, susu, yogurt, kuning telur.

6. Jaga Berat Badan

Berat badan memiliki pengaruh terhadap densitas massa tulang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The American Society for Bone and Mineral Researches, berat badan dan sel adiposa tubuh mempengaruhi massa tulang dengan tiga cara.

Jika densitas kepadatan tulang terganggu maka akan mengakibatkan terjadinya osteopenia dan osteoporosis. Untuk itu sebaiknya selalu pertahankan berat badan ideal. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh, kurangi stres, olahraga teratur, dan perbanyak minum air putih.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang wajib dilakukan. Cobalah untuk menerapkan semuanya. Agar terhindar dari segala masalah gangguan tulang. Sebelum terlambat, yuk terapkan cara di atas agar tulang kita tetap sehat dan jangan lupa untuk dibagikan kepada orang-orang yang kita sayangi.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …