9 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

Kolesterol adalah penyakit akibat kandungan lemak jahat dalam tubuh yang menumpuk. Penumpukan lemak akan menjadi pemicu timbulnya jenis penyakit lain yang  berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu anda perlu usaha untuk menurunkan kolesterol jahat. Berikut ini 9 cara menurunkan kolesterol jahat :

1. Minum Air Jeruk Nipis Pada Pagi Dan Malam Hari

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya flavonoid. Flavonoid berfungsi sebagai anti-oksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas seperti molekul tidak stabil yang merusak sel-sel tubuh sehat. Caranya muda, cukup dengan meminum perasan air jeruk nipis yang  telah dicampur dengan segelas air hangat saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Rutin kegiatan ini setiap hari sebagai cara menurunkan kolesterol jahat.

2. Mengonsumsi Biji-Bijian Utuh

Cara menurunkan kolesterol jahat yang kedua adalah dengan mengkonsumsi biji-bijian utuh. Nutrisi tinggi dalam biji-bijian utuh juga dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh untuk mencegah efek dari radikal bebas luar ataupun dalam tubuh. Biji-bijian utuh ini sangat penting untuk kesehatan karena menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, vitamin B, fosfor, seng, tembaga, mangan, fiber, zat besi, magnesium dan selenium.

3. Mengonsumsi Kulit Manggis

Seperti yang diketahui, bahwa kulit manggis memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kulit manggis mengandung xanthone sebagai bahan aktif menghambat zat anti-kanker dan anti-oksida. Selain itu kandungan vitamin dalam kulit manggis lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E.

4. Olahraga

Olahraga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, bersepeda, jogging, dan berenang. Jika hal tersebut dilakukan secara rutin, kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan turun bahkan mati.

5. Minum Jus Anggur

Anggur diyakini memiliki kandungan anti-oksidan seperti piceatannol dan resveratrol. Fitonutrien yang terdapat dalam anggur juga mampu dijadikan zat anti mikroba. Selain itu anggur juga memiliki flavonoid. Minum jus anggur setiap hari satu kali untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Minum Jus Jambu Merah

Jambu memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Kandungan tersebut adalah anti-oksidan, vitamin A, vitamin C, fitonutrein, vitamin B6, vitamin B3, kalium, dan lainnya.  Konsumsilah jus jambu secara rutin untuk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Mengkonsumsi Bekatul

Bekatul adalah sisa penggilingan padi. Saat padi digiling, padi terpisah dari kulitnya. Itulah yang dinamakan bekatul yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Bekatul mengandung tokotrienol  yang berfungsi menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang dapat memperlancar pencernaan. Serat pangan mampu mengikat asam empedu yang akan keluar bersama dengan tinja. Cara mengkonsumsi bekatul cukup mudah, anda perlu mengukus bekatul terlebih dalam 30 menit atau anda dapat mensangrainya dalam waktu 10 menit tanpa minyak. Setelah dingin bekatul dapat anda konsumsi.

8. Mengkonsumsi Brokoli

Brokoli mengandung tinggi serat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan membasmi beberapa penyakit dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi dalam sayuran yang dimasak tanpa minyak.

9. Menghindari Makanan Tinggi Lemak

Selain berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, cara menurunkan kolesterol jahat adalah dengan mengatur pola makan. Cara mengatur pola makan salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang tinggi lemak. Semua pengobatan dan usaha akan sia-sia jika pola makan anda masih mengandung tinggi lemak. Maka dari itu anda harus menghindari makanan tinggi lemak.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …