Pengertian Dan Cara Menyembuhkan Mata Silinder

Mata merupakan salah satu panca indra yang paling sensitif. Semua orang akan berusaha agar mempunyai mata yang sehat dengan melakukan serangkaian usaha. Namun bagaimana dengan orang yang terlanjur terkena gangguan penglihatan seperti mata silinder? Berikut ulasan singkat mengenai pengertian beserta cara menyembuhkan mata silinder.

Apa itu Mata Silinder?

Mata silinder atau dalam istilah kedokteran sering disebut astigmatisma adalah masalah yang terjadi mata dimana bentuk kornea tidak memiliki kelengkungan yang sempurna. Pada mata silinder karena bentuk mata tidak bulat sempurna maka cahaya tidak tersebar merata ke seluruh bagian mata. Penglihatan akan terganggu seperti tidak fokus dan buram.

Cara Menyembuhkan Mata Silinder

Ada beberapa cara menyembuhkan mata silinder. Walaupun ada salah satu cara yang tidak dapat menyembuhkan secara permanen atau hanya untuk memperbaiki kualitas penglihatan saja. Ada juga teknik menggunakan sinar Laser maupun operasi bedah. Berikut ulasannya :

1. Memakai Kacamata Atau Lensa Kontak

Penggunaan kacamata maupun lensa kontak adalah salah satu cara menyembuhkan mata silinder.Walaupun begitu kedua alat ini tidak mampu menghilangkan silinder secara permanen melainkan hanya membantu kemampuan penglihatan saja. Pada kacamata untuk penderita mata silinder, lensa akan didesain melengkung. Hal ini bertujuan untuk menangkal penglihatan yang terlihat kabur.

Sementara untuk lensa kontak penderita silinder disebut lensa toric. Menggunakan lensa jenis ini cahaya dapat dibelokkan dengan benar kearah mata. Semakin parah ukuran silinder seseorang, maka lensa kontak yang dipakai akan makin kaku.

2. LASIK (Laser-Assited In Situ Keratomileusis)

Melalui prosedur Lasik,bentuk kornea akan diubah dengan laser. Yaitu untuk memperbaiki cara mata dalam memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata. Cara kerja prosedur ini awalnya dokter akan membuka lapisan (flap) permukaan kornea menggunakan alat khusus bernama keratom. Lalu dengan menggunkan laser excimer, jaringan kornea yang terdapat di bawah lapisan (flap) yang dibuka tadi diubah. Setelah selesai flap tersebut dikembalikan dengan ditutup kembali.

Dalam beberapa kasus tidak semua orang bisa menjalani prosedur ini. Sekitar 30 % pasien setelah melakukan observasi dengan dokter ternyata dilarang untuk melakukan operasi Lasik yang disebabkan oleh sejumlah kendala. Kendalanya seperti umur kurang dari 18 tahun,memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang hamil dan menyusui.

3. LASEK (Laser-Assited Subepithelial Keratomileusis)

Salah satu prosedur operasi lainnya untuk menyembuhkan mata silinder yaitu dengan Lasek. Prosedur LASEK hampir sama dengan Lasik, hanya saja flap yang akan dibuat lebih tipis hanya setebal lapisan epitel.

Lapisan flap dibuat lebih tipis bertujuan untuk membatasi cedera pada mata yang disebabkan aktivitas sehari –hari atau olah raga. LASEK sangat disarankan untuk pasien mata silinder yang memiliki jenis kornea yang lebih tipis atau mempunyai resiko tinggi terkena cedera mata.

4. PRK (Photorefractive Keratectomy)

Dengan prosedur PRK ini, lapisan epitel dihilangkan tanpa melalui pembuatan flap terlebih dahulu. Untuk membentuk kornea dokter menggunakan laser. Laser tersebut memberi pancaran sejuk dari sinar ultraviolet yang digunakan pada permukaan kornea bukan dibawah flap.

Selain itu dokter biasanya menggunakan pencitraan kornea melalui komputer. Namun prosedur ini sudah jarang digunakan sejak telah ditemukan teknik LASIK dan LASEK.

5. AK Atau LRI (Astigmatic Keratotomy)

Berbeda dengan Laser, Lasik, maupun PRK yang menggunakan sinar laser, AK atau LRI ini menggunakan teknik pembedahan. Pada kornea penderita silinder, biasanya berbentuk bola kaki. Melalui operasi ini , akan  dilakukan proses pembedahan untuk mengoreksi mata silinder dengan membuat satu atau dua sayatan di bagian kornea yang paling curam.

Dengan begitu, sayatan yang dibuat tadi akan membuat kornea menjadi lebih santai dan lebih bulat. Pada umumnya operasi ini dapat berdiri sendiri atau bisa digabung denganPRK, LASIK, dan LASEK.

Itulah 5 cara menyembuhkan mata silinder. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter cara maupun prosedur mana yang dapat dipilih.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …