Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Terhindar Dari Kerusakan

Rambut lurus dan lembut merupakan idaman banyak orang, khususnya kaum wanita. Maka tak heran banyak wanita yang rela melakukan berbagai perawatan rambut, seperti smoothing. Namun rambut yang telah dismoothing harus dirawat dengan baik dan benar agar terhindar dari kerusakan. Kalau tidak, maka rambut Anda akan mudah rontok dan menjadi kaku. Dalam merawat rambut smoothing ada juga cara alami yang terbukti ampuh menjaga keindahan rambut. Simak informasi cara merawat rambut smoothing berikut.

Hindari Mencuci Rambut Langsung

Apabila rambut Anda selesai dismoothing, usahakan jangan mencuci rambut atau sekedar membilasnya dengan air. Rambut Anda tidak boleh terkena air setidaknya minimal selama tiga hari. Karena pada dasarnya, smoothing rambut merupakan keadaan dimana rambut Anda akan diberi obat pelurus rambut agar lebih lurus dan lembut sesuai dengan keinginan Anda. Nah, selama kurun waktu tiga hari tersebut biarkan obat tersebut meresap dan bereaksi di rambut Anda. Oleh karena itu Anda dilarang keras untuk mencuci rambut langsung setelah smoothing.

Menggunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut smoothing selanjutnya adalah dengan memakai masker rambut. Setelah tiga hari, Anda diperbolehkan untuk mencuci rambut Anda. Anda juga dapat memakai masker rambut yang berfungsi sebagai nutrisi rambut Anda. dengan begitu rambut Anda akan tampak lurus,indah, dan lebih lembut tentunya. Dengan memakai masker rambut secara rutin, Anda akan lebih mudah merawat rambut smoothing Anda.

Hindari Pemakaian Hair Dryer

Kebanyakan orang setelah keramas akan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambutnya. Namun khusus untuk rambut yang telah dismoothing, hindari pemakaian hair dryer tersebut. Karena cara merawat rambut smoothing yang tepat adalah mengeringkan rambut dengan handuk dan menepuk secara lembut rambut Anda hingga air dapat meresap. Hal itu dikarenakan uap panas yang keluar dari hair dryer akan menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, dan bahkan mudah patah. Sehingga lama kelamaan smoothing Anda akan rusak apabila terus menerus memakai hair dryer.

Memotong Rambut Yang Rusak

Apabila dalam kurun waktu sebulan terdapat rambut Anda yang rusak sebagian kecil, tak ada salahnya Anda memotong rambut yang rusak tersebut. Kerusakan pada rambut biasanya ditandai dengan munculnya rambut yang kering, rontok, dan juga bercabang. Anda dapat memotong rambut pada bagian yang rusak tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Untuk melakukan pemotongan ini, sesuaikan dengan selera Anda agar rambut Anda tampak indah dan menawan. Untuk mengurangi kerusakan tersebut, Anda juga bisa melakukan creambath atau spa secara teratur. Dengan melakukan perawatan rambut tersebut maka rambut Anda akan semakin tampak sehat.

Hindari Pemakaian Sisir Bergerigi Rapat

Salah satu cara merawat rambut smoothing yang tepat adalah dengan tidak menggunakan sisir yang bergerigi rapat dan sebaiknya memakai sisir yang bergerigi jarang. Sisr terbuat dari material plastik yang tentunya apabila bergesekan dengan rambut Anda akan menimbulkan listrik statis. Dan lama kelamaan akan membuat efek panas pada rambut. Sehingga rambut yang telah dismoothing akan mudah rusak, kering, dan mudah patah. Maka dari itu sisir yang bergerigi renggang sangat dianjurkan bagi rambut smoothing Anda. apabila menyisir rambut, sebaiknya lakukan dengan pelan-pelan dan dengan penuh hati-hati agar terhindar dari kerontokan.

Itulah beberapa cara merawat rambut smoothing yang tepat. Ada pepatah yang mengatakan bahwa rambut merupakan mahkota wanita, maka sudah sepatutnya rambut dirawat dengan baik dan benar. Apalagi rambut yang telah dismoothing sangat rentan akan kerusakan. Cara-cara diatas dapat Anda jadikan referensi untuk menjaga agar rambut senantiasa tetap indah.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …