Panduan Cara Push Up Yang Benar Untuk Pemula

Push up merupakan kegiatan olah tubuh yang sering diabaikan oleh sebagian orang. Akibatnya banyak orang tidak mengetahui cara push up yang benar. Ketidaktahuan ini mengakibatkan banyak orang melakukan kegiatan push up tidak sesuai dengan tata cara push up yang benar. Sehingga mengakibatkan rasa keram berhari-hari pada otot lengan setelah melakukan kegiatan push up. Lalu bagaimanakah cara melakukan push up yang benar?

1. Melakukan Pemanasan

Tahap pertama yang bisa dilakukan untuk memulai cara push up yang benar adalah dengan melakukan pemanasan. Dalam pemanasan cukup melakukan beberapa peregangan dan gerakan lengan sederhana. Pemanasan dilakukan untuk mengurangi cidera yang mungkin bisa terjadi saat anda melakukan kegiatan push up.

2. Tengkurap Dengan Posisi Kaki Rapat

Setelah melakukan pemanasan ,untuk tahap selanjutnya silahkan berbaring di lantai dengan posisi tengkurap. Jaga posisi kaki  agar tetap berdekatan. Namun pilihlah permukaan lantai yang halus dan bersih. Agar merasa nyaman saat melakukan olahraga ini.

3. Taruh Telapak Tangan Di Samping Badan Sedikit Lebih Lebar Dari Bahu

Letakkan telapak tangan  di permukaan lantai dengan posisi di sebelah bahu. Pastikan siku menghadap jari jari kaki. Jika ingin mencoba meningkatkan tantangan dalam push up, boleh memilih permukaan lantai yang lembut. Namun silahkan kepal telapak tangan, dan mulai menopang tubuh dengan kekuatan buku-buku jari tangan.

Setelah  memperhatikan posisi tangan, mulailah atur posisi kaki. Silahkan tekuk jari jari kaki dan pastikan posisi jari kaki  mengarah ke kepala. Dan pastikan pangkal jari kaki menyentuh lantai. Jangan abaikan posisi kaki agar cara push up yang benar dapat dilakukan.

4. Mulai Gerakan Naik Turun

Silahkan memulai push up dengan gerakan mengangkat berat badan dengan mendorong permukaan lantai dengan kedua telapak  tangan.  Lalu turunkan badan dengan posisi dada hampir mengenai permukaan lantai. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang.

5. Upayakan Terbentuk Garis Lurus Dari Kepala Sampai Ujung Kaki

Pastikan dari ujung  kepala sampai ujung kaki membentuk satu garis lurus. Agar tubuh mendapatkan manfaat yang baik dari push up tersebut. Hal ini merupakan salah satu ciri cara push up yang benar yang wajib diperhatikan.

6. Atur Pernapasan 

Atur pernapasan dengan benar. Agar bisa melakukan push up dengan napas yang teratur, pastikan membuang napas saat berada di atas dan menghirup udara saat badan di posisi bawah. Langkah ini merupakan langkah yang penting agar tidak terjadi cidera dada saat bernapas. Saat melakukan cara push up yang benar jangan sesekali tertawa karena akan mengurangi kekuatan otot dada.

7. Lakukan Gerakan Naik Turun Dalam 3 x 12 Repetisi

Untuk melakukan cara push up yang benar dianjurkan untuk melakukan gerakan naik turun sebanyak 3 x 12 repetisi. Akan tetapi biasanya bagi pemula melakukan push up 3 x 12 repitisi ini akan terasa sulit. Namun cobalah terus menerus agar bisa mencapai yang diinginkan. Tapi  Jangan terlalu memaksakan diri saat melakukan push up karena akan memberikan efek cidera.

8. Pendinginan

Tahap terakhir dalam melakukan cara push up yang benar adalah dengan melakukan pendinginan. Lakukan  beberapa kegiatan peregangan otot dengan  gerakan lengan sederhana.

Bagi pemula, cara push up yang benar dan normal cukup sulit dilakukan dengan bentuk dan kontrol yang benar. Jika tubuh merasa ada sedikit gemetar saat melakukan push up dengan lambat dan benar , berarti tubuh melakukan gerakan push up yang terlalu sulit. Cobalah memulai dari gerakan yang paling sederhana, contohnya melakukan push up dengan bantuan lutut.  Dan perhatikan juga gerakan pemanasan yang dilakukan, terkadang tubuh gemetar terjadi karena kurangnya gerakan pemanasan.

Nah, keterangan cara push up yang benar di atas dapat diikuti untuk melakukan kegiatan olah tubuh sederhana sendiri di rumah. Mulailah hidup sehat, dengan memberi waktu untuk berolahraga.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …