Informasi Tentang Darah Tinggi Dan Pengobatannya

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah. Kekuatan aliran darah ini sendiri bisa berubah dari waktu kewaktunya tergantung dari aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh jantung itu sendiri. Bagi kamu yang mempunyai penyakit darah tinggi itu sendiri tidak perlu khawatir karena berikut ini akan dibahas seputar darah tinggi dan pengobatannya.

Hipertensi atau yang lebih sering dikenal dengan penyakit darah tinggi. Darah tinggi sendiri merupakan tekanan darah yang lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Adapun untuk mengobati darah tinggi itu sendiri bisa melakukannya dengan cara tradisional yakni antara lain:

1. Minum Suplemen Asam Lemak Omega 3 (Minyak Ikan)

Kamu bisa menyembuhkan darah tinggi yakni dengan banyak minum suplemen asam lemak omega 3 atau minyak ikan. Lemak sehat ini bisa kamu temukan pada ikan, kacang, sayuran, serta suplemen. Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa asam lemak ini baik manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Selain itu asam lemak omega 3 ini juga bermanfaat untuk menurunkan trigliserida, memperlambat penumpukan didalam arteri, menurunkan resiko detak antung abnormal, serta dapat menurunkan tekanan darah.

2. Bawang Putih

Bawang putih sendiri umumnya digunakan sebagai salah satu rempah-rempah yang wajib ada disetiap masakan. Namun tidak banyak yang tahu bawang putih ini sendiri bisa menjadi obat alami yang mempunyai tekanan darah tinggi. Karena didalam bawang putih ini sendiri terdapat senyawa sulfur yang memiliki efek positif pada tingkat kolesterol dan dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Akan tetapi bawang putih ini sendiri bisa berinteraksi dengan obat-obatan kimia dari dokter. Karena itu konsultasikanlah dulu dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat alami penurun tekanan darahmu.

3. Cokelat

Produk bahan yang berbahan dasar dari kakao dan cokelat hitam ini kaya akan zat antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Menurut penelitian mengemukakan bahwa orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi cokelat sebanyak 2 kali sehari selama 2 minggu maka dapat meningkatkan kemampuan pada dinding arteri untuk mengendur.

Sayangnya, cokelat tidak dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Namun demikian setidaknya mengkonsumsi cokelat dengan rutin bisa menurunkan tekanan darahmu secara perlahan.

4. Kayu Manis

Sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak dari kayu manis bisa menjadi obat alami tekanan darah tinggi. Namun, ekstraknya hanya diberikan lewat pembuluh darah dengan cara menyuntikkannya. Sedangkan mengkonsumsi kayu manis secara langsung belum diketahui apakah manfaatnya sama dengan cara menyuntikkannya melalui pembuluh darah atau tidak. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencampurkan ekstrak kayu manis ini kedalam makananmu seperti kedalam sereal, oatmeal, atau kedalam kopi.

5. Jahe

Darah tinggi dan pengobatannya selalu menjadi pembahasan yang ramai sekali sehingga memunculkan penelitian untuk obat herbalnya. Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jahe bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

Uji coba yang dilakukan pada hewan tersebut membuktikan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot disekitar pembuluh darah. Hal tersebut sangat jelas baik untuk kondisi tekanan darah yang melebihi dari batas normal. Namun, dari hasil penelitian tersebut belum bisa diketahui akan efek sampingnya pada manusia.

Mengenai darah tinggi dan pengobatannya memang tidak akan habis untuk diperbincangkan. Penyakit yang bisa menyerang kepada siapa saja ini tentunya masih bisa dicegah sebelum semuanya terlambat. Yakni dengan cara pola makan serta pola hidup yang sehat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …