Gejala Kanker Otak Pada Anak Yang Wajib Diwaspadai

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya ketika terdapat tumor ganas yang menyerang otak dan menyebar begitu cepat ke organ-organ lain. untuk faktor penyebabnya belum diketahui, namun dapat juga berkaitan dengan gaya hidup, kecelakaan, radiasi, bahan kimia, dan lain-lain. Tak hanya menyerang orang dewasa saja, penyakit ini juga dapat menyerang semua kalangan umur, termasuk anak-anak. Untuk itu, sangat penting bagi orang tua untuk selalu waspada terhadap gejala kanker otak pada anak. Simak penjelasan berikut.

Sakit Kepala

Gejala kanker otak pada anak yang sering muncul adalah sakit kepala yang dirasakan oleh anak. Namun, sakit kepala yang dirasakan oleh anak penderita kanker otak beda dengan sakit kepala pada umumnya. anak akan terasa sangat pusing di pagi hari dengan diiringi rasa mual dan muntah. Akan tetapi sakit kepala tersebut akan perlahan membaik di siang hari. Frekuensi sakit kepala juga sering serta diikuti dengan rasa sakit yang semakin parah. Jadi jika anak Anda merasa sering mengalami sakit kepala, segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Gangguan Penglihatan

Salah satu gejala kanker otak pada anak adalah ditandai dengan gangguan pada penglihatan. Penglihatan menjadi kabur, anak Anda hanya mampu melihat benda yang berada pada posisi lurus di depannya, melihat lampu seolah berkedip-kedip, serta gerakan mata yang abnormal yang berbeda dari biasanya. Bahkan, apabila sudah parah kanker otak ini juga dapat menyebabkan kebutaan. Untuk itu, selalu waspadalah kanker otak yang menyerang pada anak, apabila muncul gejala-gejalanya harap secepatnya memeriksakan ke dokter.

Kehilangan Keterampilan Motorik

Kanker otak tentunya menyerang saraf motorik anak sehingga anak yang menderita kanker otak akan kehilangan keseimbangan, serta menjadi kesulitan untuk mengatur koordinasi gerak tubuh. Pada umumnya anak yang mengidap kanker otak, akan mudah terjatuh dan tersandung. Sehingga membutuhkan bantuan untuk menopang tubuhnya agar tetap seimbang. Apabila semakin parah, anak juga berpotensi mengalami kelumpuhan pada otot wajah apabila tumor tersebut menyerang saraf kranial.

Mual Dan Muntah

Apabila anak Anda sering mengalami mual dan muntah jangan menyepelekannya karena bisa jadi ini merupakan gejala kanker otak pada anak. Mual dan muntah pada anak yang mengidap kanker otak biasanya menyerang secara tiba-tiba, terutama di pagi hari. Selain itu, apabila Anda cermati muntahan si anak akan cenderung berwarna hijau. Dan diikuti dengan sakit kepala yang teramat sakit. Apabila kondisi seperti ini disepelekan dan tidak dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan anak, maka dampaknya akan semakin parah dan fatal. Karena bisa saja kanker akan menyebar ke organ-organ lain. maka selalu pastikan keluarga Anda mendapat penanganan yang tepat apabila kesehatannya sedang terganggu.

Kejang-Kejang

Gejala yang muncul apabila anak terserang kanker otak adalah kejang-kejang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh aktivitas motorik otak yang tidak terkontrol dan terganggu karena tumbuhnya tumor didalamnya. Biasanya, penderita akan mengalami kejang-kejang secara tiba-tiba dan membuat anak akan kehilangan kesadaran serta kendali fungsi tubuhnya. Untuk durasinya cukup pendek, yaitu hanya sekitar 2 hingga 3 menit. Jika anak Anda tidak memiliki riwayat kejang-kejang, segeralah Anda lakukan pemeriksaan ke dokter. Agar penyebabnya diketahui secara pasti dan ditangani secara cepat dan tepat.

Itulah beberapa gejala kanker otak pada anak yang wajib Anda waspadai sebagai orang tua. Pastikan anak menerima penanganan yang tepat apabila kondisinya sedang tidak baik. Dan tentunya selalu berikan asupan-asupan yang bergizi untuk ana

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …