Gejala Umum Kanker Otak Yang Harus Diwaspadai

Kanker otak merupakan golongan tumor ganas yang menyerang bagian terpenting dalam tubuh, yaitu otak. Ketika otak mengalami gangguan maka fungsi otak tidak berjalan dengan lancar dan normal. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini juga tergantung dari letak tumor ganas itu berada. Oleh sebab itu, kenalilah gejala umum kanker otak berikut ini agar Anda dapat segera mengantisipasi penyakit tersebut.

Sakit Kepala

Jika Anda sering merasakan sakit kepala, jangan dibiarkan begitu saja. Bisa jadi kondisi tersebut adalah gejala awal kanker otak. Sakit kepala ini merupakan gejala umum kanker otak yang dirasakan oleh penderita. Bahkan 76% penderita kanker otak mengalami gejala ini.

Sakit kepala yang dirasakan oleh penderita kanker otak juga berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Karena gejala ini akan muncul secara tiba-tiba dengan durasi yang sangat sering. Dan biasanya muncul bersama dengan gejala lain seperti pusing, mual, muntah hingga kejang-kejang.

Muntah-Muntah

Gejala umum kanker otak berikutnya adalah penderita akan mengalami muntah-muntah yang muncul tanpa rasa mual. Muntah yang disebabkan oleh kanker otak dibarengi dengan rasa sakit kepala. Gejala ini terjadi secara tiba-tiba tanpa ada rasa sakit sebelumnya. Cairan yang dikeluarkan pun tidak normal, yaitu berwarna kehijau-hijauan.

Perubahan Mental

Tidak hanya mengalami sakit kepala dan muntah saja, 70% penderita kanker otak juga mengalami perubahan mental secara drastis. Hal ini dapat terjadi karena fungsi otak tidak berjalan dengan normal akibat sel-sel otak sudah digerogoti oleh kanker. Yang kemudian membuat penderita kehilangan memori dan sulit berkonsentrasi hingga terjadi perubahan pada kepribadian dan perilaku.

Gangguan Penglihatan

Sekitar 46% penderita kanker otak akan mengalami gangguan terhadap penglihatan mereka. Gangguan penglihatan pada penderita kanker otak juga memiliki beberapa ciri. Sehingga Anda tidak harus langsung memvonis diri mengalami kanker otak ketika mengalami gangguan penglihatan.

Ciri-ciri dari gejala umum kanker otak ini antara lain adalah penglihatan akan mulai kabur dan hanya dapat melihat lurus ke depan saja. Kemudian ketika melihat lampu seperti berkedip-kedip padahal tidak berkedip sedangkan ketika membaca sangat sulit melihat teks. Selain itu penderita juga akan mengalami gangguan mata lain yang berbeda dengan pada umumnya.

Sulit Bergerak

Hampir 42% penderita kanker otak akan mengalami kesulitan dalam bergerak. Sehingga penderita akan sangat terbatas untuk beraktivitas. Gejala ini dapat terjadi karena rusaknya saraf-saraf otak akibat adanya kanker. Mengingat otak merupakan motor penggerak tubuh, jika terjadi gangguan maka seluruh tubuh tidak dapat bergerak dengan normal.

Kejang-Kejang

Penderita kanker otak akan mengalami kejang-kejang karena aktivitas motorik pada otak terganggu. Kejang-kejang tersebut akan muncul secara mendadak disertai dengan hilangnya kesadaran pada tubuh dan kontraksi otot. Selain itu penderita juga akan kehilangan kontrol fungsi tubuh. Kemudian penderita akan menggigit lidah dan tidak dapat bernafas dalam jangka pendek sekitar 30 detik. Namun, kemudian penderita akan sadar dengan sendirinya

Gangguan Kesadaran

Ketika kanker otak sudah memasuki stadium lanjut, makan penderita akan mengalami gangguan kesadaran. Dimana penderita akan sering terkejut, bengong dan mudah lupa dengan apa yang dilakukan. Gejala umum kanker otak ini terjadi pada 14% dari penderita kanker otak.

Penurunan Berat Badan

Penderita kanker otak akan mengalami penurunan berat badan. Belum diketahui pasti mengapa gejala ini dapat muncul. Pasalnya kemampuan kognitif dan aktivitas yang tidak normal akan mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan. Sehingga dapat berdampak pada penurunan berat badan penderita kanker otak.

Itulah beberapa gejala umum kanker otak yang harus diwaspadai. Sehingga ketika Anda atau sekitar Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan ke dokter. Sehingga permasalahan akan teratasi dengan cepat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …