7 Gejala Virus Difteri Pada Orang Dewasa Yang Wajib Diketahui

Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menyerang sistem tenggorokan. Bakteri ini menular melalui dahak, lendir, bersin serta ingus dari seseorang yang menderita penyakit difteri. Virus ini lebih sering menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan dewasa juga terkena. Sehingga progresifitas jauh lebih buruk. Berikut ini gejala virus difteri pada orang dewasa yang wajib anda ketahui :

1. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan pada orang dewasa yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada area selaput lendir di area sekitar tenggorokan serta rongga mulut. Hal ini adalah gejala virus difteri pada orang dewasa yang paling umum.  Pada awalnya terlihat sangat sulit untuk membedakan antara sakit tenggorokan serta penyakit difteri karena pada dasarnya sakit tenggorokan adalah gejala umum yang juga dimiliki penyakit lain. Namun, tunggu hingga beberapa hari, difteri akan menunjukkan ciri khas berupa kemerahan yang terjadi pada langit-langit mulut hingga ke menuju ke tenggorokan dan akan terlihat seperti luka.

2. Muncul Pseudomembran

Gejala virus difteri pada orang dewasa yang selanjutnya adalah munculnya Pseudomembran. Keadaan ini berupa selaput yang berwarna putih dan abu-abu yang muncul pada daerah tenggorokan. Selaput ini dibentuk dari tumpukan sel-sel mati dan juga rusak akibat reaksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Efek yang di berikan bakteri ini adalah pengeluaran darah yang akibat mengelupasnya selaput lengket yang terletak di jaringan tenggorokan.

3. Demam Ringan

Ketika terdapat infeksi yang masuk kedalam tubuh, respon yang selalu terjadi adalah peningkatan suhu tubuh. Pasien dewasa yang terserang difteri juga akan mengalami demam ringan yang tidak terlalu tinggi. Dalam beberapa keadaan beberapa orang mengalami demam yang sangat tinggi melebihi nilai normal.

4. Leher Bengkak

Difteri adalah penyakit yang menyerang saluran bagian leher. Gejala yang nampak kasat mata pada pasien dengan gejala difteri adalah pembengkakan yang terjadi pada daerah kelenjar limfa. Hal ini dapat diketahui dari pembengkakan pada area leher yang disebut dengan istilah bull neck disebabkan pada area leher termasuk area yang memiliki ukuran yang cukup besar.

5. Otot Terasa Nyeri & Tubuh Lemas

Gejala virus difteri pada orang dewasa yang juga terjadi adalah terasa nyeri pada area otot-otot. Kondisi tersebut dikarenakan tubuh yang terserang infeksi akan terasa lemas pada jaringan otot. Sehingga, penderita seringkali mengeluh rasa nyeri yang pada beberapa area tubuh.

6. Sesak Napas

Gejala selanjutnya adalah berupa kesulitan bernapas yang terjadi pada orang dewasa. Hal tersebut terjadi akibat Corynebacterium diphtheriae  yang menjadi penyebab Difteri telah menghasilkan eksotoksin. Sebuah racun yang merusak sel-sel bagian tubuh yang sehat. Pada mulanya racun difteri ini merusak jaringan sistem pernapasan bagian atas. Kemudian melumpuhkan otot diafragma dan yang terakhir terjadinya proses kehilangan dalam menarik serta mengeluarkan napas. Jika hal tersebut terus dibiarkan terus-menerus akan berujung pada kematian penderita difteri.

7. Jantung Berdebar

Selain kesulitan untuk bernapas, penyakit difteri juga dapat menyebabkan penderita mengalami proses ketidakstabilan jantung berupa debaran jantung secara tiba-tiba. Eksotoksin yang dihasilkan bakteri juga akan terbawa oleh darah dan menyerang organ-organ penting lainnya di dalam tubuh, salah satunya  jantung. Sehingga penderita akan mengalami gejala jantung yang berdebar-debar dengan detak jantung tidak beraturan. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan terjadinya kerusakan otot jantung serta dalam kondisi terburuk juga akan terjadi gagal jantung.

Maka dari itu, pentingnya untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat jika mengalami dua atau lebih dari gejala difteri di atas. Pemeriksaan lebih dini akan mengurangi dampak keburukan dari suatu penyakit.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …