Kandungan Dan Manfaat Wortel Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Wortel merupakan jenis sayuran akar yang termasuk ke dalam makanan sehat karena mengandung nutrisi yang tinggi. Sayuran berwarna orange ini lebih dikenal dengan makanan kelinci. Namun sayuran ini juga biasa dijadikan sebagai campuran masakan. Tidak sedikit orang juga mengkonsumsinya secara mentah karena kandungan dan manfaat wortel bagi kesehatan sangatlah luar biasa. Berikut adalah kandungan dan manfaat wortel yang luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan Gizi

Wortel mengandung antioksidan, senyawa, mineral, dan vitamin yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa senyawa yang baik bagi tubuh manusia yang dikandung oleh wortel. Senyawa-senyawa tersebut adalah Beta-Karoten, Likopen, Anthocyanin, Lutein, Dan Polyacetylene.

Wortel dalam setiap 100 gramnya memiliki energi sebesar 41 Kal, karbohidrat 9,6 g, air 88%, protein 0,9 g, gula 4,7 g, Ssrat  2,8 g , lemak 0,2 g dan vitamin A 835 µg. Juga mengandung vitamin C 5,9 mg, vitamin D 0 µg, dan vitamin K 13,2 µg. Ada juga vitamin B1 0,07 mg, vitamin E 0,66 mg, vitamin B2 0,06 mg, vitamin B3 0,98 mg, dan vitamin B5 0,27 mg.

Selain itu vitamin B6 0,14 mg, vitamin B9 19 µg, vitamin B12 0 µg, cholin 8,8 mg, kalsium 33 mg, zat besi 0,3 mg, magnesium 12 mg, dan fosfor 35 mg. Juga mengandung potassium 320  mg, Seng (Zink) 0,24 mg, tembaga (copper), manganese  0,14 mg , selenium 0,1 µg , dan sodium 69 mg.

Wortel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan sodiumnya yang tinggi. Mempunyai karakteristik dan warna orange terang berasal dari kandungan beta caroten dan akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh kita.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Secara luas wortel dikenal dengan sumber vitamin A yang tentunya mempunyai segudang manfaat. Namun tidak hanya itu, kandungan-kandungan nutrisi membuat wortel menjadi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat wortel.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Wortel mengandung serat larut yang mampu mengikat kolesterol, asam empedu, serta lemak sehingga tidak diserap saat berada di usus halus melainkan langsung dibuang melalui usus besar. Sebagai pengganti asam empedu hati akan menarik kolesterol, sehingga kolesterol dalam darah akan menjadi menurun.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat wortel yang baik bagi kesehatan adalah salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga wortel mempunyai sifat anti oksidan. Sifat anti oksidan tersebut yang berperan bagi peningkatan daya tahan tubuh. Selain itu wortel juga dapat menyembuhkan luka maupun peradangan yang diakibatkan oleh virus.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Wortel memiliki  kandungan zat hidrat arang, fosfor, beta karoten yang dipercaya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten dipercaya sangat ampuh mencegah tubuh dari serangan kanker. Penelitian menunjukkan mengkonsumsi wortel 2 kali dalam sehari dapat menurunkan resiko penyakit kanker payudara sebesar 17%. Wortel memiliki kandungan falcarianol yang merupakan zat anti kanker. Ini merupakan zat alami yang dihasilkan wortel dan merupakan satu satunya sayuran yang memiliki sumber zat ini.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Merupakan sumber vitamin A sehingga sangat direkomendasikan untuk dimakan secara rutin. Vitamin A merupakan vitamin yang penting dalam menjaga alat indera penglihatan. Selain itu wortel juga mengandung lutein dan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Pada sayuran wortel juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Memiliki kandungan vitamin A yang mampu menjaga kulit tetap cantik dan bersinar. Mengkonsumsi wortel secara rutin akan mampu mencegah berbagai serangan penyakit kulit. Seperti noda hitam, jerawat, kerutan dini dan masih banyak lagi.

Itulah kandungan dan manfaat wortel yang luar biasa bagi kesehatan. Jika dulu hanya mengenal manfaat sayur ini untuk kesehatan mata, dengan adanya ulasan kandungan dan manfaat wortel ini kita akan lebih tau macam-macam kandungan dan manfaat sayuran yang satu ini.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …