Kenali 6 Penyebab Bayi Susah Tidur Yang Biasa Terjadi

Bagi wanita yang baru pertama kali mendapatkan momongan, pasti akan sangat kewalahan ketika melihat bayinya tidak bisa tidur. Apalagi jika sang bayi tidak bisa tidur di malam hari yang disertai dengan tangisan isak bayi. Biasanya bayi yang susah tidur akan sangat rewel. Untuk ibu sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab bayi susah tidur. Tentunya ada beberapa faktor yang dapat membuat bayi susah tidur. Untuk lebih jelasnya, yuk intip beberapa ulasan berikut ini:

1. Haus Dan Lapar

Pernahkah kalian tidak bisa tidur ketika merasa lapar? Sudah barang tentu hal ini juga akan terjadi pada bayi. Bagi para ibu, seharusnya sudah harus paham dengan hal yang satu ini. Rasa lapar dan haus yang dialami bayi seringkali membuat sang bayi sulit untuk memejamkan matanya. Pasalnya, bayi akan tidur nyenyak apabila perutnya sudah kenyang. Untuk itu para ibu sebaiknya dapat memberikan makan bayinya sebelum akan ditidurkan.

2. Memakai Popok Yang Basah

Penyebab bayi susah tidur yang satu ini seringkali tidak disadari oleh para ibu. Bayi manapun sudah barang tentu akan merasa terganggu ketika tidur dengan memakai popok yang basah. Rasa dingin yang dirasakan oleh bayi akan membuatnya sulit memejamkan mata. Para ibu sebaiknya memeriksa popok bayi sebelum sang bayi akan ditidurkan. Dengan memakai popok yang bersih dan hangat maka bayi akan mudah terlelap.

3. Terlalu Banyak Bermain

Umumnya ada beberapa bayi yang ketika sudah aktif akan senang bermain. Karena terlalu keasyikan bermain, membuat sang bayi lupa waktu untuk tidur. Akibatnya jam tidurnya pun terganggu. Ketika akan tidur di malam hari, biasanya bayi ini akan mengalami susah tidur dikarenakan kondisi badan yang sudah capek. Sebaiknya para ibu untuk sedikit membatasi waktu bermain anak. Agar sang bayi dapat memiliki waktu tidur yang banyak.

4. Tubuh Bayi Tidak Segar

Bayi yang sudah aktif bergerak, biasanya tubuhnya akan cepat terasa lengket. Sebaiknya ketika akan tidur siang, mandikan sang bayi terlebih dahulu. Agar bayi dapat dengan mudah tertidur lelap. Ketika akan tidur di malam hari, sebaiknya para ibu juga memperhatikan kebersihan tubuh bayi. Untuk membuat tubuh bayi terasa segar , para ibu dapat menggosokkan minyak telon di tubuh bayi. Sambil memberikan pijatan ringan guna melancarkan aliran darah bayi.

5. Pakaian Yang Dipakai Bayi Tidak Nyaman

Salah satu penyebab bayi susah tidur adalah karena memakai pakaian yang tidak nyaman. Pasalnya pakaian yang tidak menyerap keringat akan terasa panas saat dipakai. Sebaiknya pilihlah pakaian yang berbahan lembut dan dapat menyerap keringat. Sehingga bayi akan merasa nyaman saat memakainya dan dapat tertidur dengan lelap.

6. Ruam Pada Popok

Ruam pada popok ini seringkali disebabkan karena sang bayi terlalu lama memakai popok yang basah. Biasanya para ibu lalai untuk mengganti popok sang bayi yang sering buang air kecil. Sehingga membuat kulit bayi yang lembut mudah menjadi iritasi.

Akibat iritasi yang ditimbulkan yaitu bayi akan merasa perih ketika bagian tubuh yang teriritasi disentuh. Hal ini tentunya akan membuat sang bayi menjadi lebih rewel dan susah tidur. Agar terhindar dari ruam, sebaiknya gantilah popok bayi setiap beberapa jam.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab bayi susah tidur. Melalui artikel ini diharapkan para ibu sudah mengetahui  apa saja yang membuat bayi susah tidur. Jadi tidak perlu bingung lagi.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …