Ketahui Langsung Ciri-Ciri Mata Silinder

Berbagai jenis kelainan penglihatan dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Kebanyakan orang sering menerka apakah kondisi mata mereka minus, plus, atau silinder? Silinder (astigmatisma) merupakan kelainan mata dikarenakan bentuk kornea mata tidak melengkung sempurna. Setiap mata silinder biasanya memiliki tingkatan yang berbeda. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri mata silinder? Untuk mengetahui bagaimanakah kondisi mata yang silinder, akan diulas terperinci di bawah ini.

1. Mata Lelah

Mata lelah bisa menjadi salah satu ciri-ciri mata silinder. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika mata lelah menunjukan kondisi kelainan mata yang lain. Penyebab dari mata lelah adalah karena mata telah bekerja dengan ekstra keras. Kemudian mengalami kerusakan dan akhirnya mata mudah lelah saat melihat.

Hal ini terjadi dikarenakan mata harus fokus dalam waktu yang lama pada objek tertentu dan melakukan pekerjaan yang memerlukan ketelitian. Misalnya saat menatap layar komputer, melihat jarak jauh dan membaca buku. Untuk menghindari mata lelah, lakukanlah senam mata agar mata rileks sejenak.

2. Penglihatan Kabur Atau Buram

Penglihatan yang kabur ataupun buram juga merupakan ciri-ciri mata silinder yang umumnya menandakan jika terjadi kerusakan mata. Sebenarnya lensa pada bola mata berbentuk bulat sempurna sehingga penyebaran cahaya yang datang ke mata dapat merata. Objek penglihatan pun dapat dilihat dengan jelas.

Tetapi, pada kondisi mata silinder, lengkungan yang ada pada lensa mata tidak melengkung secara sempurna. Sehingga cahaya yang datang ke mata menjadi membias ke arah yang lain. Kemudian objek cahaya tidak mampu sampai jatuh ke retina mata. Tetapi bisa terjadi karena faktor dari lahir ataupun karena penyakit dan operasi. Hal inilah yang menyebabkan penglihatan tidak jelas.

3.  Sering Menyipitkan Mata

Pernahkah menyipitkan mata saat melihat objek jarak dekat ataupun jarak jauh? Kesulitan inilah yang membuat orang menyipitkan mata sampai objek terlihat jelas. Mengapa hal ini terjadi?

Saat mata menangkap objek cahaya yang melebihi kemampuannya, mata akan langsung merespon dengan membuat mata ingin tertutup. Hal ini terjadi karena mata yang tak mampu menampung tangkapan objek yang datang. Tetapi kemudian, mata akan menyesuaikan dengan objek cahaya yang datang.

Selain itu, adanya cahaya yang berlebihan sangat tidak baik untuk mata. Karena dapat mengakibatkan radiasi dan memperburuk kesehatan mata.

4. Kesulitan Membaca Tulisan Kecil

Kesulitan membaca tulisan kecil juga dapat menjadi gejala mata silinder. Selain itu, ketika melihat tulisan dari jarak jauh, tulisan yang menjadi objek penglihatan akan terlihat buram, kabur dan berbayang. Sehingga orang yang sedang menderita mata silinder cenderung membaca dan melihat tulisan dengan jarak yang dekat.

5. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat terjadi dan salah satunya akibat tingkat silinder yang dimiliki mata sangatlah parah. Hal ini juga dapat terjadi akibat kondisi mata yang lelah akibat bekerja ekstra berlebihan. Lalu, di saat kondisi tersebut mata tetap dipaksakan untuk melihat objek dengan jelas.

Namun, rasa sakit kepala yang menyerang penderita mata silinder hanya di bagian tertentu saja. Rasa sakit kepala akan menyerang khusus di bagian depan atau yang dikenal dengan frontal. Kemudian akibat dari sakit kepala yang menyerang, penderita akan sulit fokus untuk melihat objek penglihatan secara jelas. Selain itu akibat yang ditimbulkan dari rasa sakit kepala akan membuat ketegangan pada mata.

Bagaimana kondisi matamu? Jika mengalami kondisi seperti yang telah diulas di atas, segeralah periksakan mata ke dokter. Karena dengan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …