5 Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Diketahui

Fase kehamilan adalah fase penentu untuk mendapatkan  generasi penerus yang sehat dan cerdas. Untuk itu sebagai calon orang tua hendaknya memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil. Ada beberapa makanan pantangan untuk ibu hamil yang wajib di ketahui agar janin yang dikandungnya bisa berkembang dengan baik.

Transportasi Nutrisi Janin Lewat Plasenta Dan Tali Pusar

Seluruh mahluk hidup pasti membutuhkan nutrisi untuk sumber tenaga dan perkembangan tubuhnya. Begitu pula dengan janin. Meskipun janin belum bisa mengelola makanannya secara langsung, namun dia bisa mendapatkan sumber nutrisi dari ibu melalui plasenta dan tali pusar.

Jika plasenta mengalami gangguan maka transportasi nutrisi dari ibu ke janin juga akan terhambat. Itu akan mengakibatkan perkembangan janin di dalam rahim ibu menjadi tidak maksimal. Hendaknya ibu dan lingkungannya ikut berperan aktif untuk menjaga kehamilan dan memperhatikan makanan pantangan ibu hamil.

5 Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil

Mungkin, lingkungan sekitar memiliki berbagai kebudayaan tentang makanan pantangan untuk ibu hamil. Ada baiknya harus menelaah terlebih dahulu apakah itu sesuai dengan standart kesehatan yang telah diterapkan oleh badan kesehatan yang berwenang.

Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat yang bertolak belakang dengan standart kesehatan yang telah ditetapkan. Padahal ikan laut dan telur termasuk lauk-pauk dengan kandungan yang sangat baik untuk janin. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan penjelasan berikut ini tentang makanan pantangan untuk ibu hamil:

1. Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Alkohol

Sarah Krieger ahli nutrisi dari akademi nutrisi dan diabetes asal Florida mengatakan mengkonsumsi banyak alkohol pada saat hamil bisa mengakibatkan gangguan perkembangan fisik pada janin dan lambannya menerima pelajaran pada saat janin itu lahir nanti.

2. Ikan Laut Yang Memiliki Kadar Merkuri Tinggi

Indonesia merupakan negara maritim, hal itulah yang membuat kita dengan mudah mendapatkan produk ikan laut dan harganya relatif terjangkau. Yang harus digaris bawahi adalah laut di Indonesia tidak selama pada zaman sebelum revolusi industri karena laut sekarang ini memiliki kadar merkuri yang tinggi. Merkuri sendiri dapat mengganggu sistem syaraf janin. Untuk itu hindarilah ikan yang hidupnya di permukaan laut. Contohnya adalah ikan hiu, makarel, ikan todak, ikan kakap merah,  dan sebagainya.

3. Makanan Dan Minuman Yang Tidak Diolah

Pada setiap benda yang ada di muka ini mengandung bakteri, parasit, dan bahkan mungkin virus. Seperti yang di ketahui bakteri, parasit dan virus bisa menjadi penyakit jika berada di dalam tubuh terlalu banyak. Tidak disarankan untuk ibu hamil memakan makanan yang tidak diolah terlebih dahulu karena terlalu berisiko membawa bakteri, virus dan parasit ke janin.

4. Makanan Yang Memicu Alergi

Untuk ibu hamil yang memiliki alergi terhadap sesuatu produk makanan tertentu lebih baik di hindari. Selain alergi ini bisa juga diturunkan ke janin, hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan ibu sendiri. Pada saat menyusui pun baiknya hindari produk makanan yang mengandung alergi tersebut.

5. Kafein Yang Berlebih

Bagi ibu hamil pecinta kopi ataupun sering mengkonsumsi suplemen penambah tenaga baiknya kebiasaan itu dihentikan saat sedang hamil. Kafein yang berlebih bisa membuat kelahiran prematur, berat badan janin rendah ataupun dalam kasus yang sangat berat bisa mengakibatkan kematian bayi saat lahir.

Dari penjelasan di atas hendaknya bisa memilah-milah berbagai produk makanan yang bisa membahayakan untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Untuk menciptakan generasi bangsa yang sehat dan cerdas bisa di mulai dari perbaikan gizi yang dikonsumsi sejak fase kehamilan.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …