7 Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan

Bagi yang sedang menjalani diet, pasti membutuhkan makanan yang memiliki kalori rendah. Tetapi kalori memiliki peran penting dalam tubuh sebagai energi untuk beraktivitas. Setiap manusia memiliki tingkat kebutuhan jumlah kalori yang berbeda. Jika ingin melakukan diet, sebaiknya konsumsi makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Makanan apa saja yang cocok bagi yang sedang diet? Berikut akan diulas makanan rendah kalori yang mengenyangkan cocok untuk diet.

1. Apel

Ternyata apel memiliki kadar kandungan pektin yang sedikit.  Zat pektin dapat membuat seseorang lebih cepat kenyang dan dapat memperlambat proses pencernaan. Apel juga memiliki zat antioksidan yang kaya dalam buahnya. Sehingga radikal bebas di dalam tubuh dapat diatasi dengan memakan apel tiap harinya.

Untuk mengonsumsi buah apel, dapat disiasati dengan membuat saus apel ataupun apel jus. Dengan mengonsumsi apel, orang yang sedang diet tidak perlu khawatir jika akan merasa lapar kemudian.

2. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan rendah kalori yang mengenyangkan dan cocok untuk orang yang sedang diet. Bahan makanan ini dapat menjadi pengganti nasi sebagai bahan makanan sehari-hari. Jumlah kalori yang ada pada kentang ternyata lebih sedikit dibandingkan nasi. Sehingga dengan mengonsumsi kentang, orang tidak perlu takut jika bertambah berat badan secara berlebih.

Kentang dapat mampu menahan rasa lapar karena kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, asam folat. Agar tidak bosan mengonsumsi kentang, buatlah variasi jenis masakan olahan kentang. Misalnya kentang panggang dan perkedel kentang.

3. Gandum

Gandum utuh mampu mengenyangkan rasa lapar tetapi kalori yang terkandung tidak berpotensi menaikkan berat badan. Kandungan yang ada pada gandum, kaya akan vitamin Ε, vitamin B1, vitamin B3 dan zat besi juga kandungan lainnya.

Dengan mengonsumsi gandum, akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga dapat menahan rada lapar. Beberapa jenis makanan yang mengandung gandum antara lain roti dan sereal.

4. Sup

Ternyata dengan mengonsumsi sup dapat membuat orang lebih cepat merasa kenyang. Sup juga dapat membantu tubuh untuk memenuhi kadar mineral yang dibutuhkan. Dengan bantuan sup, gizi serta serat yang diperlukan dapat dipenuhi karena kayanya vitamin dan mineral yang terkandung.

Tetapi sup tersebut harus berisi beberapa jenis sayuran sehingga kandungan vitamin dan mineral yang ada pada sup dapat seimbang. Cukup dengan semangkuk sup, orang dapat merasa kenyang tanpa perlu memikirkan banyak kalori yang terkandung.

5. Salad

Salad juga tak kalah kaya dan kelebihan akan serat. Makanan rendah kalori yang mengenyangkan ini dapat membuat orang kenyang lebih lama. Salad terdiri dari beberapa jenis buah dan sayuran tanpa perlu dimasak. Hal ini akan membuat kandungan yang kaya akan vitamin pada sayur dan buah dapat terjaga.

Untuk penyajiannya perlu diperhatikan agar terhindar dari bakteri dan kuman yang ada pada sayur dan buah. Gunakan sayur dan buah yang masih segar agar kadar vitamin yang diperoleh pun dapat maksimal. Jangan lupa untuk mencuci bersih sehingga kuman yang menempel dapat terbuang.

6. Smoothies

Smoothies juga dapat menjadi andalan pengganti makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Berbeda dengan jenis minuman yang lain karena dapat membuat orang menangkal rasa kenyang. Dengan segelas smoothies, orang tak perlu khawatir karena sudah dapat mengurangi porsi makan yang berlebih.

Cukup dengan menggunakan buah-buahan yang segar agar kandungan smoothies dapat maksimal. Jika bisa, jangan tambahkan bahan dengan kandungan gula yang tinggi agar smoothies tidak mengurangi manfaat dan kandungan di dalamnya.

7. Oatmeal

Oatmeal juga sering menjadi pengganti makanan berat untuk mendapatkan kalori yang rendah. Kandungan yang dimiliki oatmeal mampu menurunkan kolesterol menjaga kadar gula, dan kesehatan jantung tetap terjaga. Banyak yang berpendapat bahwa dengan mengonsumsi oatmeal lebih baik dari pada mengonsumsi gandum.

Kandungan serat dan protein yang berlebih mampu mengatur jumlah karbohidrat dan aliran darah pada tubuh. Selain itu oatmeal dapat menyerap lemak yang berlebih. Tak perlu khawatir karena dengan semangkuk oatmeal setara dengan mengonsumsi seporsi nasi.

Sudah dapat perkiraan makanan rendah kalori yang mengenyangkan untuk menu hari ini? Buatlah variasi jenis makanan sehingga tidak bosan dengan menu yang tersaji. Jangan lupa memastikan bahan makanan yang dipilih dapat tetap terjaga.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …