Inilah 7 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

Trimester pertama kehamilan merupakan fase yang sangat penting bagi ibu hamil. Bagi kamu ibu hamil, dalam fase ini kamu harus berhati-hati tentang kebutuhan gizi makanan selama kehamilan. Makanan yang sangat baik untuk trimester pertama kehamilan adalah makanan yang banyak mengandung protein. Karena pada fase ini bayi tumbuh pesat. Selain itu pada fase ini pun makanan yang mengandung kalsium sangat diperlukan. Nah adapun makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut:

1. Bayam

Nutrisi pada ibu hamil sangatlah harus dijaga. Bahkan sebelum pada masa kehamilan berlangsung. Sejak kamu dinyatakan hamil, kamu perlu asam folat yang sangat penting untuk pembentukan tabung saraf bayi pada trimester pertama.

Asam yang terdapat pada bayam inilah yang dapat membantu mengurangi resiko bayi cacat lahir. Selain itu kesehatan ibu hamil pun harus didukung oleh zat besi untuk mencegah anemia pada kamu. Selain sebagai sayur, kamu dapat mengkonsumsi bayam sebagai tambahan pada menu makananmu. Salah satunya yakni telur orak-arik atau bahan campuran salad.

2. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin D. Kandungan dalam asparagus ini sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat yang terkandung dalam sayuran ini sangat penting untuk kesehatan jantung. Pada masa kehamilan ini sistem pencernaanmu dapat kamu jaga dengan mengkonsumsi asparagus. Sama dengan sayuran yang lain, asparagus dapat dikonsumsi sebagai campuran pada menu makananmu seperti telur dadar, dimakan sebagai bahan salad, atau dibuat dengan sup.

3. Brokoli

Sayuran yang kaya akan zat besi sangat penting bagi asupan nutrisi ibu hamil salah satu sayuran tersebut terdapat dalam brokoli. Zat besi yang terkandung dalam sayuran ini berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Hal tersebut bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan darah. Jika ini terjadi pada kamu, kamu akan merasakan letih, lemah, dan bahkan mudah marah. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengkonsumsi brokoli yang dicampur dengan masakan yang lainnya.

4. Jeruk

Salah satu buah-buahan yang sangat bagus untuk fase trimester pertama pada kehamilan adalah jeruk. Jeruk sendiri merupakan buah-buahan yang sangat cocok sekali untuk ibu hamil guna memenuhi asupan sehari-hari. Karena dalam jeruk sendiri mengandung vitamin C dan asam folat yang banyak sekali. kamu bisa mengkonsumsi jeruk ini dengan secara langsung maupun dijadikan jus yang dicampur dengan minyak zaitun sebagai saus untuk salad.

5. Telur

Selain mengandung protein telur sendiri merupakan sumber vitamin D bagi ibu hamil. Yakni sama seperti manfaat susu pada ibu hamil. Bersamaan dengan kalsium, vitamin D ini pun bisa membentuk tulang bagi bayi serta mempertahankan kepadatan tulang ibu hamil. Kamu bisa mengkonsumsi telur ini sebagai lauk atau dibuat omelet dengan tambahan sayur untuk menambah menu sehatmu.

6. Ikan Salmon

Wanita yang sedang hamil dilarang memakan makanan laut seperti udang, kepiting, karena ditakutkan akan mengalami alergi. Namun yang istimewanya ikan salmon merupakan makanan laut yang bisa dimakan olehmu. Karena kandungan kalsium, asam lemak omega-3, serta vitamin D yang sangat tinggi merupakan makanan yang aman untuk kamu yang hamil di trimester pertama. Ikan salmon menjadi salah satu makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang kaya gizi baik untuk kesehatan bayi dan ibu.

7. Kacang Almond

Kacang-kacangan yang bagus untuk kamu ibu hamil terutama di trimester pertama adalah kacang almond. Kacang almond merupakan kacang-kacangan yang sangat baik. Karena kacang almond sendiri kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, serta protein yang tinggi. Hal tersebut dengan mudah dapat membantu wanita hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama fase trimester pertama berlangsung.

Itulah beberapa makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang bisa kamu coba serta sangat baik sekali dalam masa pertumbuhan janinmu. Bagi seorang calon ibu penting sekali memahami akan hal ini terutama bagi kamu yang baru menikah. Pelajari tentang makanan sehat agar bayi dan ibu sehat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …