Manfaat Buah Tin Dan Daunnya Yang Sangat Berkhasiat

Mungkin banyak yang masih belum mengenal Buah Tin. Buah yang juga disebut di dalam Alquran ini ternyata banyak sekali mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Buah yang banyak tumbuh di Asia Barat ini, awalnya hanya tumbuh di daerah tertentu saja, seperti Pantai Balkan hingga Afganistan. Namun saat ini, telah banyak negara yang membudidayakan mengingat banyak sekali khasiat yang terkandung dalam Buah Tin, bahkan daunnya sekalipun. Berikut merupakan sebagian manfaat Buah Tin dan daunnya yang tidak banyak diketahui:

1. Mengurangi Kolesterol Darah

Kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk apabila seseorang tidak menjaga pola makannya dapat memicu penyumbatan sirkulasi darah di dalam jantung. Sehingga apabila tidak ditangani dengan tepat, maka resiko terkena jantung koroner akan meningkat.

Salah satu obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengkonsumsi Buah Tin dan daunnya. Karena salah satu manfaat Buah Tin dan daunnya adalah memiliki kandungan serat pektin yang berkhasiat untuk membersihkan tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Melancarkan Program Diet

Bagi Anda yang sedang menjalankan program untuk mengurangi berat badan, Buah Tin dan daunnya ini dapat Anda jadikan solusi yang tepat. Anda dapat merasakan manfaat buah tin dan daunnya untuk program diet Anda dengan mengkonsumsi buahnya langsung ataupun meminum teh daun tin secara rutin.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh pakar gizi, daun dan buah tin ini juga dapat menyembuhkan sakit maag yang diderita seseorang. Jadi apabila Anda mengalami masalah dengan pencernaan Anda, mengkonsumsi buah tin dan daunnya secara rutin adalah salah satu solusi untuk melancarkan fungsi pencernaan Anda.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah dan daunnya yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Tentunya kulit yang sehat merupakan dambaan setiap orang, terutama kaum wanita. Tak heran banyak wanita yang rela untuk membeli sejumlah produk kecantikan agar kulitnya sehat seperti yang diinginkan.

Namun tahukah Anda ternyata dengan buah tin dan daunnya anda dapat memperoleh kulit sehat sesuai dengan impian Anda? Di dalam buah tin terdapat kandungan Coumarins yang berfungsi untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan kulit. Selain itu, buah tin dan daunnya juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Anda bisa mengkonsumsi buah tin secara langsung atau dengan menumbuk daunnya menjadi masker wajah.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan suatu kondisi ketika kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Hal itu dikarenakan penderita diabetes kekurangan hormon insulin. Mungkin kebanyakan orang yang kekurangan hormon ini akan melakukan suntik insulin untuk mengatasi masalah kadar gulanya yang tinggi.

Namun terdapat cara alami yang mampu mengatasi diabetes, yaitu dengan mengkonsumsi daun dah buah tin. Manfaat buah tin dan daunnya ini sangat berguna bagi penderita diabetes. Karena daun dan buahnya ini apabila dikonsumsi mampu membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

5. Mencegah kanker Usus Besar Dan Payudara

Buah tin dan daunnya ini terkenal karena mengandung polifenol yang tinggi. Polifenol tersebut merupakan suatu senyawa antioksidan yang dapat mencegah sekaligus menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh, seperti kanker. Selain itu, buah tin juga mengandung serat yang mampu mengikat karsinogen yang merupakan pendorong laju pertumbuhan sel kanker pada saluran pencernaan manusia, tepatnya di usus besar.

Sangat berguna bagi tubuh bukan manfaat buah tin dan daunnya? Tentunya penjelasan di atas hanya sebagian saja dari banyaknya manfaat buah tin dan daunnya ini. Jadi dengan mengkonsumsi buah tin beserta daunnya, secara tidak langsung Anda akan tercegah dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …