Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Brokoli merupakan tanaman hijau yang dikenal sebagai sayuran hangat dan lezat yang kaya akan nutrisi. Sayuran hijau ini juga merupakan sayuran tanpa lemak yang rendah sodium dan kalori. Namun sayuran ini sangat tinggi akan serat, potasium, vitamin C, B6 dan vitamin A. Sehingga tidak dapat dipungkiri jika manfaat sayur brokoli bagi kesehatan sangatlah banyak. Apa saja manfaat sayur brokoli yang super sehat tersebut? Simak penjelasan berikut ini:

1. Untuk Pencegahan Kanker

Sayur brokoli terkenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu menyerang kanker. Sama halnya dengan sayuran cruciferous lainnya, brokoli sangat protektif terhadap kanker perut dan usus. Tidak hanya itu, sayur brokoli juga dapat membersihkan dan menghabiskan estrogen yaitu penyebab kanker dalam tubuh. Sehingga sayur ini dapat mencegah kanker payudara serta kanker rahim.

2. Dapat Mengurangi Kolesterol

Brokoli sangat tinggi akan serat, sehingga dapat membantu mengeluarkan kolesterol dengan cara mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Serat yang larut dalam brokoli tersebutlah yang kemudian mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah. Yang kemudian kolesterol dapat dengan mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh hingga 6 persen.

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat sayur brokoli yang dapat mengurangi kolesterol dapat meningkatkan kesehatan jantung serta membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Selain itu brokoli juga mengandung sulforaphane sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengembalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah.

4. Kesehatan Tulang

Brokoli tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak dan ibu menyusui. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung kadar kalsium, magnesium, seng, fosfor dan vitamin K yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Anti Inflamasi

Sayur brokoli dapat bermanfaat sebagai anti-inflamasi yaitu untuk memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Sehingga sangat baik bagi penderita radang sendi.

6. Kesehatan Mata

Manfaat sayur brokoli berikutnya adalah sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, seperti mata kabur hingga katarak. Karena di dalam brokoli mengandung lutein yang sangat tinggi. Bahkan kadarnya hampir sama dengan wortel. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin A, B komplek, C dan E yang dapat memperbaiki kerusakan akibat radiasi ponsel maupun layar.

7. Perawatan Kulit

Kandungan seperti vitamin C, tembaga, vitamin K, asam amino, seng dan folat yang ada dalam brokoli mampu menjaga kesehatan kulit. Sehingga kulit dapat lebih bercahaya, sehat dan  terlindungi dari infeksi.

8. Antioksidan Kuat

Brokoli mengandung kadar antioksidan yang sangat kuat seperti zeaxanthin, lutein, beta-karoten dan yang lainnya. Selain itu sayuran ini juga mengandung flavonoid yang dapat mendaur ulang vitamin C secara efisien.

9. Kesehatan Saluran Pencernaan

Tingginya kandungan serat dalam brokoli mampu menjaga lapisan perut agar tetap sehat. Apalagi kandungan sulforapthane yang ada di dalam brokoli dapat menjaga agar bakteri tidak ditumbuhi dan menempel kuat di dinding perut.

10. Anti Penuaan

Vitamin C dan antioksidan dalam sayur brokoli dapat membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan. Pastikan Anda mengkonsumsi sayur brokoli secara teratur sehingga dapat mengurangi garis-garis halus, jerawat, keriput hingga pigmentasi yang merusak kulit.

11. Membantu Mengontrol Diabetes

Kandungan kromium di dalam brokoli dapat mengatur insulin di dalam tubuh. Sehingga sayur brokoli sangat membantu untuk mengontrol diabetes.

12. Mencegah Terjadinya Anemia

Manfaat sayur brokoli yang terakhir adalah dapat mencegah terjadinya anemia. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat besi serta asam folat di dalam brokoli. Sehingga dapat mengurangi resiko kekurangan sel darah merah.

Begitu banyak manfaat sayur brokoli bagi kesehatan. Proses memasak sayur brokoli terbaik adalah dengan cara di kukus dan tidak terlalu lama. Agar nutrisi di dalam brokoli tidak hilang. Namun pastikan agar tidak menghangatkan kembali sayur brokoli yang sudah dingin.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …