11 Manfaat Sayur Buncis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buncis adalah sayuran yang berbentuk kacang panjang  tapi lebih manis dan lebih banyak mengandung air. Sayuran ini termasuk dari polong-polongan, sehingga manfaat buncis tidak jauh berbeda dengan kacang panjang, kacang kedelai maupun kacang merah. Buncis merupakan makanan sayur yang sudah tidak dapat diragukan kesehatannya. Berikut ini 11 manfaat sayur buncis bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang buncis membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena kandungan buncis yang tinggi akan kadar flavonoid. Flavonoid ini digunakan sebagai antioksidan polifenol yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi buncis dan mendapat asupan flavonoid yang membantu Anda untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

 2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan flavonoid ditambah dengan antioksidan pada buncis dapat mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Vitamin A dalam sayur buncis ini dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti bintik-bintik hitam, keriput dan kulit kering.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buncis adalah salah satu sayur yang mengandung zeaxanthin. Zeaxanthin dapat berperan dalam menjaga kesehatan mata terutama akibat aktivitas antioksidan yang terlalu kuat dan dapat melindungi dari radiasi UV yang merusak mata. Selain itu, Buncis  dapat membantu mencegah degenerasi makula dengan usia.

4. Manfaat Buncis Untuk Ibu Hamil

Buncis juga kaya akan folat. Bila buncis dikonsumsi selama kehamilan dapat mencegah kelainan pada janin. Buncis juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jantung pada bayi. Sehingga, buncis merupakan sayuran yang baik untuk ibu hamil.

5. Manfaat Buncis Untuk Diabetes

Buncis menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Konsumsi buncis terus menerus dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan adanya kandungan serat dalam kacang buncis yang memperlambat metabolisme karbohidrat sehingga mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah pada penderita dengan diabetes

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buncis  mengandung kadar vitamin yang tinggi. Hal tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, buncis dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur buncis yang selanjutnya adalah untuk diet. Buncis mengandung kalori cukup rendah sehingga cocok untuk individu yang akan menjalani program diet. Karena buncis ini dapat menurunkan berat badan atau sekedar menjaga berat badan

8. Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Kandungan seratnya yang tinggi, buncis dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita irritable bowel syndrome (IBS) dan sembelit. Buncis memberikan efek diuretik sedang pada tubuh. Efek tersebut dapat merangsang keluarnya urin secara normal serta menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buncis mengandung mangan yang membantu penyerapan kalsium serta meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Dapat dikatakan pula bahwa buncis dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis, mengurangi asam urat, serta mencegah terjadinya rematik dengan mengurangi peradangan pada persendian.

10. Membantu Dalam Melawan Dan Mencegah Kanker

Buncis memang merupakan makanan yang menyehatkan. Hal terpenting dari manfaat sayur buncis ini adalah mencegah kanker. Telah dilakukan penelitian bahwa buncis memiliki kemampuan dalam mencegah dan menghentikan penyebaran beberapa jenis kanker di seluruh tubuh. Sehingga konsumsi buncis secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya kanker payudara, kanker prostat serta kanket kolon.

11. Dapat Meningkatkan Kesuburan

Buncis adalah salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kemandulan. Hal tersebut terjadi karena buncis rendah akan indeks glikemik dan mengandung kadar folat serta zat besi yang signifikan. Tiga  faktor tersebut bisa memperbaiki kesuburan dan mencegah infertilitas.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …