Manfaat Sayur Oyong Yang Tidak Banyak Diketahui

Oyong (Luffia acutangula) merupakan jenis sayur-sayuran yang dengan mudah kita temui di wilayah Indonesia ini. memiliki bentuk silinder memanjang namun bertekstur kulit kasar, sayuran ini ternyata banyak orang Indonesia yang menyukai. Hal itu dikarenakan sayur oyong ini memiliki cita rasa yang sedikit manis serta segar apabila dimasak menjadi olahan makanan tertentu, seperti sayur asam oyong. Dibalik rasanya yang enak, ternyata manfaat sayur oyong banyak sekali namun masih jarang diketahui orang. Berikut merupakan beberapa manfaat dari sayur oyong:

1. Mencegah Penyakit Mata

Siapa sangka sayur oyong ini mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sendiri berfungsi untuk mencegah degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata. Dan kandungan tersebut terdapat pada sayur oyong. Untuk memperoleh manfaat sayur oyong ini, Anda dapat mengolahnya menjadi jus yang diminum rutin dua hari sekali atau juga dapat memasaknya menjadi olahan makanan.

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat sayur oyong selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa jantung merupakan salah satu organ vital manusia. Maka dari itu, manusia harus selalu menjaga kesehatan jantungnya, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayur oyong.

Hal itu dikarenakan sayur oyong mengandung vitamin B5 yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan trigliserida yang dapat memacu munculnya penyakit jantung. Untuk Anda yang sedang mempunyai penyakit jantung sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter mengenai berapa gram oyong yang harus dikonsumsi untuk mengatasi penyakit jantung Anda.

3. Mencegah Diabetes

Tak banyak yang tahu mengenai manfaat sayur oyong untuk mencegah diabetes. Berdasarkan uji laboratorium, sayur oyong mengandung Mangan yang merupakan salah satu faktor penting untuk memproduksi enzim pencernaan. Adapun fungsi enzim tersebut adalah sangat berguna untuk proses glukoneogenesis yang terjadi di dalam tubuh.

Menurut riset yang telah dilakukan oleh Department of Internal Medicine and Biochemistry telah membuktikan bahwa Mangan dapat memicu sekresi insulin, meningkatkan fungsi kerja mitokondria, serta mengurangi peroksidasi lipid. Dengan mengkonsumsi sayur oyong maka penyakit diabetes yang berbahaya pun akan terhindar.

4. Mengurangi Artritis

Artritis merupakan keadaan dimana terjadinya peradangan pada satu atau lebih persendian yang muncul disertai rasa sakit, kekakuan, pembengkakan, dan gerak menjadi terbatas. Salah satu obat alami untuk mengatasi artritis ini adalah dengan mengkonsumsi sayur oyong secara rutin. Hal itu dikarenakan sayur oyong mengandung tembaga yang berguna sebagai anti-inflamasi.

Senyawa tersebut bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan kekakuan yang disebabkan oleh artritis. Bagi Anda yang menderita artritis, ada baiknya untuk mengkonsumsi sayur oyong secara rutin. Dengan begitu manfaat sayur oyong akan Anda rasakan dan artritis Anda akan mereda. Anda dapat mengolah sayur oyong menjadi sup atau masakan lainnya sesuai selera Anda.

5. Menjaga Fungsi Otak

Selain jantung, otak juga merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Oleh karena itu, kesehatan otak harus senantiasa dijaga agar otak bekerja sesuai dengan fungsinya. Salah satu cara untuk menjaga fungsi otak adalah dengan mengkonsumsi sayur oyong.

Sayur oyong diketahui mengandung unsur zat besi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh kesehatan otak. Karena apabila otak kekurangan zat besi, maka otak akan kekurangan pasokan oksigen sehingga dapat menyebabkan produktivitas otak menurun. Orang yang kekurangan zat besi biasanya tampak gelisah, lalai, dan lebih mudah tersinggung.

Itulah beberapa manfaat sayur oyong yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi sayur oyong secara rutin maka tubuh Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Anda dapat mengkonsumsi sayur oyong menjadi olahan varian masakan tergantung dengan selera Anda.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …