Inilah 7 Manfaat Sayur Sawi Bagi Kesehatan Tubuh

Sayur sawi biasanya dijadikan berupa tumisan dengan berbagai sayuran lain. Berbagai jenis olahan makanan yang dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau ketimbang dengan jenis sayuran yang lainnya. Itu karena sawi mempunyai rasa yang khas jika dicampur dengan berbagai macam makanan yang lain. selain itu, kandungan gizi didalam sawi tersebut banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Adapun manfaat sayur sawi sendiri untuk tubuh antara lain sebagai berikut:

1. Menyehatkan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi yakni dengan resiko patah tulang. Mengonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan bagi tubuh. Karena vitamin K itu sendiri bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang. Serta dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi dapat memberikan 770 mikro gram vitamin K. Yaitu lebih dari 100 % dari kebutuhan harian tubuh yang sudah direkomendasikan.

2. Mencegah Kanker

Sudah sejak 1980-an menjaga asupan tinggi sayuran secara rutin dan konsisten dapat dikaitkan dengan resiko lebih rendah menderita kolorektal serta kanker paru-paru. Sawi yang mempunyai senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates telah banyak dipelajari untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda.

Kanker yang bisa dihambat dengan sayur sawi ini yaitu kanker paru-paru, kolorektal, payudara maupun prostat. Sawi telah terbukti mengandung klorofil dengan jumlah yang sangat tinggi. Serta telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang makanan. Bagus sekali manfaat sayur sawi ini jika dikonsumsi karena dapat mencegah kanker.

3. Baik Untuk Diabetes

Satu cangkir sawi mempunyai sekitar 8 gram serat. Selain itu sawi juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai alpha lipoic acid. Yang mana telah terbukti kadar glukosa yang lebih rendah. Serta meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan oleh perubahan pada pasien yang mempunyai penyakit diabetes. Selain itu sawi juga memiliki kandungan serat dan kadar air yang sangat tinggi. Yang mana dapat membantu mencegah sembelit, mengatur buang air besar dan mempertahankan saluran pencemaran yang sehat.

4. Menyehatkan Kulit Dan Rambut

Sawi sendiri selain sangat bagus untuk kesehatan ternyata juga mempunyai kandungan vitamin A. Nutrisi tersebut sangat diperlukan sekali dalam produksi sebum yang membuat rambut lembab. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut. Selain itu didalam sawi ini sendiri terdapat kandungan vitamin C yang dibutuhkan untuk membangun serta memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

5. Sumber Antioksidan

Sawi yang mempunyai keadaan yang masih segar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain kandungan antioksidannya yang sangat baik, sawi ini juga mengandung mineral lain seperti vitamin A, C, E, karoten, serta mineral lainnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, seng, kalium, selenium, dan juga mangan. Maka sangat jelas sekali bahwa sawi merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

6. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Sawi sendiri mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini membantu proses pertumbuhan serta perkembangan otak janin. Mengkonsumsi sawi saat masa kehamilan sangat dianjurkan sekali karena tingginya nutrisi yang terkandung didalamnya.

7. Mempunyai Kandungan Vitamin C Yang Sangat Tinggi

Didalam sawi sendiri kandungan vitamin C ternyata jauh lebih tinggi daripada vitamin C yang terdapat didalam jeruk. Hal tersebut tentunya sangat berguna sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Serta dapat mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Itulah beberapa manfaat sayur sawi yang dapat kamu ketahui. Setelah mengetahui berbagai macam manfaat sayuran sawi, tentunya sayur sawi ini harus ada didaftar menu makanmu bukan.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …