Mata Silinder Bisa Sembuh atau Tidak? Apa penyebabnya?

Mata silinder bisa sembuh atau tidak? Apakah faktor penyebab dari mata silinder? Benarkah karena kebiasaan buruk karena menonton Televisi misalnya? Dan pertanyaan lain seputar mata silinder sering kita jumpai, untuk itu mari kita simak berikut ini mulai dari penyebab mata silinder hingga solusi tepat untuk mengatasi mata silinder

Apa Itu Mata Silinder?

Mata silinder atau dalam bahasa kedokteran disebut Astigmatisma disebabkan oleh kelengkungan yang tidak sempurna pada kornea atau lensa mata. Biasanya,  kondisi seperti ini merupakan bawaan sejak lahir. Namun,penyebab lainnya seperti penyakit mata, cedera mata, atau bahkan karena operasi mata juga bisa menjadikan astigmatisma berkembang.

Penyebab Mata Silinder?

Sering kita mendengar bahwa kebiasaan buruk seperti membaca ditempat gelap, menonton televisi atau bermain handphone dan kebiasaan lainnya menjadi penyebab astigmatisma atau mata minus. Ternyata, mata silinder bukan karena kebiasaan buruk diatas. Namun, ada baiknya menghindari kebiasaan buruk diatas.

Umumnya, astigmatisma atau mata silinder terjadi sejak lahir atau faktor bawaan lahir, trauma atau cedera mata, riwayat operasi mata.

Mata silinder atau astigmatisma merupakan sebuah kondisi dimana kelengkungan kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan dengan permukaannya. Jika mata normal memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisma memiliki beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata sebagian tidak atau cenderung dalam. Keadaan inilah yang menyebabkan pembiasan sinar yang masuk ke dalam mata tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat tidak jelas dan berbayang.

Kesalahan bias lainnya juga dapat memicu terjadinya astigmatisma, seperti :

  • Rabun jauh (miopi): kondisi penglihatan yang kabur untuk objek yang jauh. Karena kornea terlalu melengkung atau mata lebih panjang dari umumnya,
  • Rabun dekat (hiperopia): kondisi pandangan yang kabur untuk objek yang dekat. Di mana kornea terlalu sedikit melengkung atau mata lebih pendek dari umumnya

Jadi, Mata Silinder Bisa Sembuh Atau Tidak?

Untuk mengatasi mata silinder biasanya dokter akan memberikan bantuan kacamata. Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak berfungsi untuk merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi menggunakan kacamata dapat membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat menjadi jelas.

Cara mengobati mata silinder ada tiga, yaitu dengan menggunakan kacamata, lensa kontak dan operasi mata atau pembedahan.

1. Memakai Kacamata Atau Lensa Kontak

Penggunaan kacamata merupakan cara paling mudah untuk kasus mata silinder, fungsi penggunaan kacamata sendiri ialah membantu penglihatan agar tidak kabur, hal ini disebabkan oleh desain pada kacamata khusus silinder melengkung untuk menangkal penglihatan yang terlihat kabur. Ada pula lensa kontak khusus mata silinder yang disebut toric. Lensa ini dapat membelokkan cahaya dengan benar ke arah mata.

2. LASIK (Laser-Assisted In Situ Keratomileusis)

LASIK merupakan prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Dalam  prosedur penggunanya, LASIK digunakan dengan menggunakan sebuah laser yang bisa membentuk kornea untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

Bagi penderita rabun jauh, LASIK digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Namun, bagi penderita rabun dekat, LASIK digunakan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. Dan bagi penderita mata silinder atau astigmatisma, LASIK dapat membenarkan kornea yang tidak teratur menjadi normal.

Mata silinder bisa sembuh atau tidak jika melakukan operasi LASIK, itu tergantung dari seberapa parah kondisi dari penderita. Tidak semua penderita bisa dioperasi LASIK, ada beberapa kasus yang tidak membolehkan operasi LASIK dengan berbagai alasan. Seperti usia dibawah 18 tahun, sedang hamil atau menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan lainnya.

Demikian penjelasan atas benar tidaknya mata silinder dapat disembuhkan, untuk lebih jelas mengenai cara pengobatan mata silinder yang diderita silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …