7 Cara Untuk Mencegah Mata Minus

Sekarang ini pola hidup manusia dipenuhi dengan teknologi, dimana setiap harinya manusia menggunakan komputer dan gadget untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena sering menggunakan gadget, banyak orang yang menderita mata minus atau rabun jauh. Saat seseorang terkena mata minus maka seseorang tersebut tidak dapat melihat dengan jelas obyek-obyek yang letaknya jauh. Untuk mengatasi mata minus, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara-cara mencegah mata minus yaitu

1. Mengurangi Pola Hidup Buruk

Banyak penelitian yang sudah dilakukan bahwa seseorang yang tinggal di daerah perkotaan mempunyai risiko lebih besar terkena mata minus dibanding dengan seseorang yang tinggal di daerah pedesaan. Hal tersebut dikarenakan masyarakat kota sering kali menghabiskan waktunya di tempat atau pada kegiatan yang mempunyai jarak pandang yang tidak jauh.

Selain itu, masyarakat kota juga sering beraktivitas didepan layar monitor dalam jangka waktu yang tidak sedikit. Kebiasaan tersebut mengakibatkan otot mata terbiasa dengan kondisi melihat dalam jarak dekat. Sehingga saat mata melihat obyek yang jauh, mata tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Mengontrol Waktu Istirahat

Perlu diketahui bahwa penyebab mata rabun atau mata minus adalah kurangnya waktu istirahat. Seperti halnya tubuh manusia, mata juga butuh istirahat. Jadi cara untuk mencegah mata minus adalah jangan terlalu memaksakan mata untuk bekerja terlalu keras. Usahakanlah jangan terlalu lama didepan layar monitor. Selain itu lakukanlah tidur dengan waktu yang cukup.

3. Jangan Menggunakan Kacamata Untuk Aktivitas Yang Kurang Memerlukan Kacamata

Jika dirasa kurang diperlukan saat beraktivitas, maka lepaslah kacamata. Misalnya saja saat berada di ruangan yang sempit atau sedang tidak bekerja. Hal ini dapat dilakukan jika seseorang masih bisa melihat dengan jelas walaupun tanpa kacamata.

4. Melatih Mata

Perlu diketahui bahwa seseorang dapat mencegah mata minus dengan cara melatih mata. Biasakanlah melatih mata untuk melihat suatu benda atau obyek yang jaraknya jauh tanpa menggunakan kacamata. Misalnya saja untuk melatih mata, seseorang dapat pergi ke sawah ataupun bukit. Perlu diketahui bahwa tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh.

Selain itu, untuk melatih mata, seseorang dapat melihat benda-benda yang bergerak. Misalnya saja di jalan raya, disana banyak sekali benda bergerak seperti kendaraan roda dua maupun roda empat. Saat di jalan raya seseorang dapat memperhatikan kendaraan maupun orang-orang yang berlalu lalang.

5. Memberikan Waktu Istirahat Untuk Mata, Saat Bekerja Di Depan Komputer

Untuk para pekerja yang kesehariannya bekerja di depan layar komputer, alangkah baiknya setiap 25 menit sekali luangkanlah waktu untuk beranjak dari tempat duduk. Untuk menghilangkan rasa bosan, setelah beranjak dari tempat duduk cobalah untuk melihat ke luar jendela.

6. Menggunakan Daun Sirih

Cara mencegah mata minus menggunakan daun sirih ini cukup mudah. Cukup dengan 2 lembar daun sirih kemudian dicuci bersih, setelah itu tempelkan daun sirih tersebut pada saat akan tidur malam. Jika menginginkan hasil maksimal, tentu saja cara ini harus dilakukan secara rutin dan teratur. Selain caranya yang mudah, daun sirih sendiri juga sangat mudah didapatkan.

7. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Untuk terhindar dari mata minus, alangkah baiknya untuk selalu mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin A. perlu diketahui bahwa vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A antara lain tomat, wortel, ubi jalar dan buah mangga.

Itu tadi merupakan penjelasan mengenai cara-cara mencegah mata minus. Cara-cara diatas dapat dipraktekkan supaya mata terhindar dari penyakit rabun atau minus. Untuk para pekerja yang setiap harinya berada di depan layar monitor alangkah baiknya untuk selalu melakukan cara-cara di atas, agar mata selalu sehat dan terhindar dari mata minus.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …