6 Cara Mengobati Bayi Mencret Secara Alami

Diare atau dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan sebutan mencret adalah masalah klasik yang sering terjadi pada bayi saat pertumbuhannya. Ketika gejala mencret muncul pada bayi maka ibu dapat segara melakukan penanganan pada bayi mencret secara alami sehingga kondisi bayi tidak semakin buruk. Berikut ini 6 cara mengobati bayi mencret secara alami :

1. Segera Berikan ASI

Cara mengobati bayi mencret secara alami yang pertama adalah dengan pemberian ASI. Bayi yang mengalami diare sangat rentan terjadinya dehidrasi. Umumnya bayi lebih mudah kehilangan cairan saat diare dibandingkan anak-anak maupun orang dewasa. Ibu harus segera memberikan ASI.

Jika bayi tidak berminat minum ASI secara langsung, ibu dapat memberikannya lewat botol. Cairan ASI dapat membantu tubuh bayi untuk mengaktifkan kembali sistem imun dan kekebalan tubuh, sehingga diare tidak berujung menjadi parah.

2. Menghentikan Susu Formula

Salah satu penyebab terjadinya mencret pada bayi adalah intoleransi terhadap zat dalam makanan atau minuman. Saat bayi mengalami diare maka ibu  harus berhenti memberikan susu formula. Pemberian susu formula harus dilakukan atas seijin dokter.

Susu formula memiliki kandungan gula yang dapat membuat diare menjadi lebih parah. Selain itu, dalam susu formula yang berasal dari susu sapi juga dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi terhadap protein susu pada bayi. Salah satu tanda alergi ini yaitu diare pada bayi.

3. Memberikan Makanan Padat

Khusus bagi bayi yang telah mendapat makanan padat, ibu dapat tetap memberikan makanan padat dan sehat pada bayi. Makanan dapat membantu tubuh bayi mendapat sumber energi dengan mengatasi dehidrasi pada tubuh yang lemah akibat diare.

Beberapa jenis makanan disarankan secara khusus bagi bayi yang telah menerima makanan pendamping ASI yaitu oatmeal, sup kaldu ayam, roti gandum khusus bayi serta beberapa buah lainnya seperti apel, pisang dan juga nasi. Berbagai jenis makanan pendukung MP ASI dapat membantu menghentikan diare pada bayi.

4. Memberi Yoghurt

Yoghurt adalah sebuah produk khusus yang dapat digunakan bayi untuk mengatasi diare. Kandungan bakteri dalam Yoghurt cukup menguntungkan untuk sistem pencernaan. Bakteri Lactobacillus dalam yoghurt sangat baik untuk mengikat tinja menjadi bentuk yang lebih padat.

Namun bagi orang tua yang menginginkan pemberian yoghurt untuk bayi, dapat dipilih jenis yoghurt yang memang dikhususkan untuk bayi. Hindari pemberian yoghurt yang biasanya dikonsumsi oleh orang dewasa karena yoghurt tersebut mengandung bahan pengawet serta pemanis buatan yang berbahaya bagi sistem pencernaan perut bayi.

5. Memberi Larutan Elektrolit

Larutan  atau cairan dengan kandungan elektrolit juga dapat membantu mengobati bayi mencret. Tetapi pemberian cairan elektrolit ini sebaiknya harus dengan ijin dari dokter.

Anda dapat membuat minuman elektrolit dengan bahan air putih yang dimurnikan serta garam bersih. Larutan ini dapat dibuat dengan perbandingan sesuai dan juga berikan jumlah terbatas untuk bayi. Hentikan dengan segera pemberian larutan elektrolit, jika bayi menunjukkan gejala diare yang semakin parah

6. Memijat Bayi Dengan Bawang Merah

Penyebab bayi diare salah satunya adalah karena bayi terkena masuk angin ataupun kelelahan. Cara mengobati bayi mencret akibat masuk angin dapat dengan memijat daerah perut dan punggung bayi secara lembut dengan menggunakan bawang merah.

Hancurkan beberapa siung bawang merah lalu gunakan bawang merah halus untuk memijat bayi. Lakukan pemijatan dengan perlahan dan benar sehingga tubuh bayi menjadi lebih nyaman dan terasa sehat.

Check Also

cara menjaga kesehatan ginjal

Jenis Penyakit Pada Ginjal Dan 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Manusia memiliki 2 buah ginjal. Berat dari …